Cara Lengkap Merawat Burung Prenjak Untuk Lomba Agar Burung Tampil Bagus

 



Cara Lengkap Merawat Burung Prenjak Untuk Lomba Agar Burung Tampil Bagus - Halo sobat Kicau Mania! Pada artikel kali ini saya akan membahas tuntas tentang cara merawat burung prenjak agar burung tersebut siap dan tampil dengan bagus saat dilombakan. Nah untuk itu jangan sampai kelewatan ya cara-caranya, simak terus ulasan berikut ini.

Pada dasarnya burung prenjak merupakan burung fighter atau burung petarung. Hal ini bisa kalian buktikan dengan burung prenjak jantan yang sudah gacor, apabila diperlihatkan dengan burung prenjak yang lain pasti burung prenjak tersebut langsung bereaksi dengan suara kicau yang bersahut-sahutan. Hal itulah yang membuat burung prenjak disebut burung petarung.

Soal harga burung prenjak yang gacor dengan burung prenjak yang ikut  lomba tentunya berbeda, burung prenjak yang pernah mengikuti lomba dan mendapatkan juara tentunya memiliki harga yang lebih mahal dengan burung prenjak gacor lainnya. Harga tersebut dibedakan dengan karakter si burung dan mental fighternya

Hal terpenting apabila kalian ingin melombakan burung prenjak yang kalian miliki, alangkah baiknya burung tersebut harus memiliki mental fighter yang tinggi. Dalam artian burung prenjak yang dilombakan harus memiliki mental petarung yang kuat agar tidak kalah mental saat dilombakan dengan beberapa burung prenjak lainnya.


Cara Merawat dan Menyiapkan Burung Prenjak Sebelum Dilombakan

Sebenarnya untuk merawat dan menyiapkan burung prenjak sebelum lomba tidaklah sulit, tapi itu semua tergantung pada karakter si burung dan juga ketelitian pada pemilik burung tersebut. Burung prenjak yang akan dilombakan harus dirawat dengan benar dan selalu mendapatkan nutrisi yang cukup, hal ini agar burung prenjak yang akan dilombakan memang betul-betul siap dan bisa tampil dengan bagus.

Nah untuk cara perawatan dan menyiapkan burung prenjak agar dapat tampil bagus saat dilombakan, tentunya dari segi perawatan akan jelas berbeda dengan rawatan harian. Untuk perawatan burung prenjak yang akan dilombakan dari H-7 lomba, yakni sebagai berikut: 

  1. Hal yang perlu kalian lakukan untuk merawat burung prenjak saat sebelum dilombakan, yaitu lakukan pengembunan secara rutin di pagi hari.
  2. Cara selanjutnya apabila kalian memiliki burung prenjak jantan yang lain, jauhkan terlebih dahulu selama 5 hari.
  3. Burung prenjak yang akan dilombakan harus dices dengan pasangannya atau dengan kata lain digandeng dengan untulannya.
  4. Apabila burung prenjak tersebut mau memakan jangkrik, berikan jangkrik 4 kali sehari ( 2 pagi 2 sore) dan dipotong secara kecil-kecil.
  5. Apabila burung kalian tidak suka dengan jangkrik, berikan kroto setiap harinya. Tidak perlu banyak-banyak hanya 1 cepuk kecil saja.
  6. Untuk tahap pemandian, lakukan 1 kali sehari saja. Pemandian yang bagus di pagi hari, namun apabila kalian tidak bisa memandikan di pagi hari bisa diganti di sore harinya.
  7. Setelah 5 hari pisahkan burung prenjak kalian dengan pasangannya, biarkan burung prenjak tersebut merasa gelisah sehingga bersahut-sahutan dengan pasangannya.
  8. Pada hari ke-7, tarungkan burung prenjak kalian dengan cara menyandingkan dengan burung prenjak gacor lainnya. Hal ini agar burung prenjak tersebut tidak kehilangan mental fighternya, lakukan selama 10 menit saja.
  9. Setelah ditarungkan, sandingkan lagi burung prenjak tersebut dengan pasangannya. Hal ini supaya dapat menurunkan emosi pada burung prenjak kalian.
Nah seperti itulah rawatan dan persiapan untuk burung prenjak sebelum akan dilombakan. Lalu bagaimana perawatan dan persiapan disaat hari H, langsung saja simak cara berikut ini:

  1. Saat hari H tetap embunkan burung prenjak di pagi hari bersama pasangannya.
  2. Jangan berikan kroto saat hari H, cukup berikan 3 ulat hongkong yang berwarna putih.
  3. Nah saat tiba di lapangan, jauhkan burung prenjak kalian dengan burung prenjak yang lain agar tidak bersahut-sahutan secara terus-menerus. Sebab apabila burung prenjak kalian terus bersahut-sahutan dengan burung prenjak lainnya, akan menyebabkan burung tersebut lelah saat digantang.
  4. Apabila mendekati satu sesi sebelum sesi burung prenjak, pisah burung prenjak kalian dengan pasangannya.
  5. Setelah itu berikan 2 ulat hongkong yang berwarna putih, hal ini agar burung prenjak merasa kenyang saat digantang.
  6. Sebelum sesi burung prenjak dimulai, tarungkan burung prenjak kalian dengan burung prenjak yang lain. Hal ini agar emosinya bisa meningkat, jangan lama-lama agar burung prenjak tersebut tidak terlalu emosi.
  7. Apabila lagu yang dibawakan dari burung prenjak tersebut masih kurang pas, kalian bisa menjauhkannya dari burung prenjak yang lain hingga lagu yang dibawakan pas.
  8. Ketikan sesi burung prenjak dimulai, semprot air burung kalian dengan semprotan embun. Semprot sedikit saja jangan sampai basah kuyup.
  9. Setelah itu sandingkan burung prenjak kalian dengan burung prenjak lainnya sembari dibawa ke tempat gantangan, hal ini agar lagu yang dibawakan burung tersebut tetap ngunci.
  10. Gantang burun prenjak kalian dan nikmati hasil dari burung prenjak tersebut.
  11. Selamat Mencoba.

Akhir Kata

Demikian artikel tentang cara merawat dan menyiapkan burung prenjak ketika akan dilombakan agar tampil maksimal. Cara perawatan tersebut tidak berlaku untuk semua karakter burung prenjak, tetapi umumnya yang dialami para pemilik prenjak memang seperti itu. Semua perawatan tergantung pada pemilik burung, karena yang mengetahui keinginan burung hanyalah sang pemilik.



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url