Inilah Cara Yang Benar Dalam Merawat Burung Prenjak Hasil Pikatan Agar Tidak Mati




Inilah Cara Yang Benar Dalam Merawat Burung Prenjak Hasil Pikatan Agar Tidak Mati - Halo sobat kicau mania dimanapun anda berada! Dalam artikel kali ini saya akan membahas seputar cara-cara dalam merawat burung prenjak yang baru diperoleh dari pikatan, supaya tidak mati saat diperlihara nantinya.

Pada umumnya jenis burung prenjak ini memang banyak diminati oleh para kicau mania di seluruh Indonesia. Burung yang satu ini biasanya dipelihara untuk dijadikan sebagai guru vokal ataupun masteran untuk burung yang lain.

Selain dijadikan burung masteran, juga terdapat kelas lomba untuk burung prenjak. Untuk kelas lomba burung prenjak, saat ini sudah banyak dibuka pada setiap ajang latber, latpres, maupun cup. Namun untuk mengikuti lomba tersebut, tentunya sobat semua perlu mempunyai burung prenjak yang siap untuk dilombakan.

Nah oleh karena itu pada artikel kali ini kami akan membahas tentang bagimana caranya dalam merawat burung prenjak bakalan atau hasil pikatan dengan baik dan benar. Langsung saja, sobat semua bisa menyimak ulasan dibawah ini.


Cara Merawat Burung Prenjak Hasil Pikatan

1. Pakan dan Minum Tidak Boleh Telat

Sobat semua perlu memastikan bahwa pakan dan minum di dalam sangkar burung prenjak harus selalu tersedia dan tidak boleh sampai telat. Hal ini dikarenakan supaya burung prenjak yang sobat miliki selalu dalam keaadaan kenyang meskipun di dalam sangkar.

Untuk burung prenjak hasil pikatan, harus diberikan makanan serangga, seperti ulat kandang, ulat hongkong, kroto, dan serangga-serangga kecil lainnya.

2. Gantunglah Sangkar di Tempat Yang Sepi

Jika sobat baru mendapatkan burung prenjak dari hasil pikatan, alangkah baiknya gantunglah sangkar burung prenjak tersebut pada tempat yang sepi. Cara ini bertujuan supaya burung prenjak merasa nyaman serta cepat beradaptasi dengan sangkar dan juga lingkungannya.

3. Krodong Sangkar Burung Prenjak

Cara yang berikutnya yakni sobat semua perlu menkrodong sangkar burung prenjak tersebut. Saya sarankan sobat melakukan full krodong pada sangkar selama 4-5 hari pertama setelah didapat. Cara ini bertujuan agar burung prenjak lebih merasa nyaman dan juga untuk mengurangi stres pada burung.

4. Jangan Dimandikan

Burung prenjak yang baru diperoleh dari hasil pikatan, tidak perlu untuk dimandikan.Hal ini dikarenakan, burung prenjak yang baru diperoleh pasti akan mengalami stres. Sobat semua hanya perlu memberikan pakan dam minum saja, namun untuk minumnya gunnakan wadah yang agak besar supaya burung prenjak bisa mandi dengan sendirinya.

5. Konsisten Dalam Perawatan

Yang terakhir yaitu sobat semua harus konsisten dalam perawatan burung yang satu ini, sobat harus selalu mengecek pakan dan minum pada sangkar, membersihkan kotoran pada sangkar, hingga mengajari burung supaya makan voer.

Penutup

Seperti itulah caara untuk merawat burung prenjak hasil pikatan dengan baik dan benar. Apabila sobat baru membeli ataupun mendapatkan burung prenjak dari hasil pikatan, maka sobat semua perlu menerapkan cara-cara tersebut untuk merawatnya. Demikian penjelasan kali ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk sobat kicau semuannya.


Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url