Berikut Penyebab dan Cara Jitu Untuk Mengatasi Burung Kacer yang Mbagong atau Mbalon


Berikut Penyebab dan Cara Jitu Untuk Mengatasi Burung Kacer yang Mbagong atau Mbalon - Hallo sobat kicau mania Indonesia! Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang penyebab burung kacer yang sering mengalami mbagong atau mbalon beserta cara mengatasinya. Pernahkah anda tahu istilah mbagong pada burung kacer? Mungkin untuk para pecinta burung kacer sudah mengerti dan tahu istilah mbagong atau balon

Mbagong adalah kondisi dimana burung menggembungkan tubuhnya dan berbunyi dengan suara yang tidak enak, sedangkan istilah lain dari mbagong adalah mbalon. Mbagong adalah kata yang sudah tidak asing lagi didengar oleh pecinta burung kacer. Burung kacer yang mbagong adalah masalah umum yang sering dialami oleh para pecinta burung kacer ini. Dalam hal ini burung kacer yang mbagong jangan diikutsertakan di perlombaan karena akan membuat anda rugi.

Karena pada dasarnya, burung kacer yang sedang mbagong akan mengeluarkan suara tidak enak. Mbagong juga merupakan sifat alami pada burung kacer, di setiap daerah memiliki sebutan yang berbeda-beda. Ada juga yang menyebutnya mbalon atau mbedesi dan lain-lain, anda tidak perlu khawatir karena mbagong bukanlah suatu penyakit pada burung kacer.


Penyebab Burung Kacer Mbagong

Mbagong dapat disembuhkan dengan cara memberikan perawatan terbaik. Burung kacer yang mbagong biasanya memiliki ciri-ciri seperti berikut, kepala burung kacer menghadap ke atas seperti kuda laut dan ekornya menekuk ke bawah. Lalu, apakah penyebab burung kacer yang mengalami mbagong? Yuk simak ulasan dibawah ini.

1. Burung Tidak Fit

Penyebab dari burung kacer yang mengalami mbagong, umumnya yaitu karena burung sedang dalam sakit atau stress. Jika burung kacer sakit mereka akan rentan mengalami mbagong, sehingga menyebabkan burung kacer tidak bisa berkicau dengan maksimal.

2. Berlebihan Dalam Pemberian Ekstra Fooding

Burung kacer yang sering mengalami mbagong juga memiliki beberapa penyebab, salah satunya adalah pemberian eksta fooding berlebihan. Eksta fooding berlebihan terletak pada pemberian jangkrik dengan porsi yang tidak wajar.

3. Penempatan Tangkringan Berubah

Dalam hal ini perubahan pada tempat tangkringan yang salah dan tidak nyaman bagi burung juga akan menyebabkan burung kacer mbagong. Hal itu dikarenakan dapat membuat burung kacer mudah stres dan sering mengalami mbagong.

4. Memaksakan Menaikkan Birahi

Burung kacer yang mbagong juga bisa disebabkan karena dipaksakan untuk menaikkan birahi, oleh karena itu jangan pernah anda memaksakan untuk menaikkan birahi kacer. Karena hal itu akan membuat burung kacer mbalon atau mbagong. Jika anda memaksa burung kacer untuk birahi, kacer yang seharusnya belum birahi akan mengalami over birahi.

5. Burung Kalah Mental

Mbagong juga bisa terjadi akibat burung kacer mendapatkan lawan yang lebih tangguh, usianya lebih tua, serta dengan suara yang tinggi sehingga membuat mental burung kacer menjadi drop dan akhirnya burung kacer menjadi balon.

Cara Mengatasi Burung Kacer yang Mbedes

1. Jaga Kesehatan Burung Kacer

Burung kacer yang mengalami mbagong juga bisa disebabkan karena burung kurang fit. Untuk mengetahui hal itu anda bisa melihat fases atau kotorannya, bergelembung atau mencret. Jika terjadi hal tersebut segera berikan vitamin untuk burung.

Bisa jadi burung kacer anda terkena cacingan, berikanlah obat ccaing untuk menyembuhkannya dan selalu jaga kebersihan kandangnya. Anda juga perlu mengganti minumnya setiap hari dan berikan pakan yang bersih untuk menghindari penyakit yang dapat menyerang burung kacer anda.

2. Atur Pemberian Ekstra Fooding

Jika burung kacer sering mbagong pada saat dilombakan, sebaiknya kurangi pemberian eksta fooding yaitu pemberian kroto dan jangkrik. Misalnya anda memberinya jangkrik 3 pada pagi dan sore hari, sebaiknya turunkan porsinya menjadi 2 jangkrik untuk pagi dan sore. Tujuannya agar birahi burung kacer menjadi terkontrol dan stabil.

3. Memandikan Burung Dengan Teratur

Dengan memandikan burung kacer secara teratur, hal itu dapat menjaga kesehatan pada burung kacer anda. Lalu, bagaimana cara memandikan burung kacer secara ideal dan teratur? Yaitu dengan cara anda memberikan cepuk khusus untuk mandi, lihatlah kapan burung memasukkan diri ke dalam cepuk. Jika burung masuk pada jam 9, berarti waktu idealnya adalah jam 9.

4. Terapi Untulan

Anda bisa memberinya satu untulan dalam satu kandang burung kacer, dengan begitu birahi pada burung kacer akan terkontrol dan kacer tidak akan mbagong. Selain itu anda juga memberinya burung betina untuk menyalurkan birahinya, hal itu bertujuan agar birahi burung bisa stabil.

Namun jika tidak ada kacer betina bisa anda ganti dengan burung untulan lain. Cara tersebut bertujuan untuk mengembalikan sifat fighter pada burung kacer dan membuat mentalnya kembali kuat.

5. Merawatnya Secara Konsisten

Anda juga perlu merawat burung kacer dengan konsisten agar burung kacer anda tidak mbagong, yaitu dengan selalu membersihkan sangkar, tempat pakan dan minum, serta rutin dalam melakukan penjemuran.

Penutup

Demikian itulah penyebab dan cara mengatasi burung kacer yang sering mengalami mbagong atau mbalon. Yang paling terpenting yaitu rawatlah burung kacer anda dengan baik dan konsisten dalam perawatannya. Sekian paembahasan kali ini, semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi anda semua. Salam Kicau Mania!




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url