Cara Menjinakkan Burung Kacer Dengan Cepat dan Mudah


Cara Menjinakkan Burung Kacer Dengan Cepat dan Mudah - Halo Kacer Mania Indonesia! Pada artikel kali ini saya akan membahas seputar cara menjinakkan burung kacer yang giras dengan mudah dan cepat. Burung kacer adalah salah satu burung yang sangat popular akhir-akhir ini, burung kacer terkenal karena kicauannya yang khas dan merdu. Banyak orang yang terpikat dengan kicauannya.

Namun, kenapa burung kacer saat didekati masih giras dan kerabakkan? Itu dikarenakan burung masih dalam kondisi liar. Burung kacer yang berkicau merdu biasanya adalah burung yang sudah jinak, jadi itulah perbedaan antara burung kacer yang jinak dan belum jinak.Tapi perlu anda ketahui sobat, burung kacer liar biasanya akan berkicau di tempat sepi. Jadi bukan berarti burung kacer liar tidak bisa berkicau ya.

Hampir semua pecinta burung memelihara burung kacer, tapi bagaimana jika burung kacer belum jinak? Tidak semua kacer memiliki mental yang bagus, namun dengan memiliki mental yang bagus adalah hal utama untuk membangun kacer yang berkualitas. Berbeda halnya dengan kacer yang jinak, memiliki kacer jinak adalah keinginan banyak pecinta burung.


Berikut Cara Menjunakkan Burung Kacer yang Giras

Pasalnya burung kacer yang tidak merasa terganggu dengan adanya manusia berarti burung memiliki mental yang kuat, dan bisa untuk diikutkan lomba. Baiklah saya tidak akan basa-basi lagi, agar anda bisa dengan mudah menjinakkan kacer berikut ini beberapa cara yang bisa anda terapkan.

1. Memandikan burung

Burung kacer harus dimandikan sampai basah kuyub, memandikan dengan menggunakan tangan anda secara langsung akan sangat baik untuk membangun hubungan batin. Meskipun cara ini sangat kuno, tapi begitulah cara untuk menjinakkan kacer. Jika anda melakukan cara ini secara terus-menerus, burung akan merasa bahwa kehadiran manusia tidak menggangu keberadaanya.

2. Terapi lapar

Kacer yang belum jinak biasanya terbiasa dengan menahan lapar karena sering hidup di alam bebas, menjinakkan kacer liar sangatlah sulit. Anda harus membutuhkan kesabaran dan ketlatenan jika anda ingin mencobanya.

Berikanlah makanan dengan terlambat yang biasanya diberikan jam 7 pagi, mulailah memberinya makan pada jam 12 siang. Perlu di ingat, anda jangan sampai abai. Apabila anda terlalu telat dalam memberikan pakan atau bahkan tidak diberikan sama sekali akan membuat kacer lemas dan mati.

3. Penjemuran

Lakukanla hpenjemuran pada burung kacer anda setidakknya 2 jam. Sembari menunggu proses penjemuran, berikan pakan jangkrik dan kroto pada burung dengan takaran 1 sendok teh.

4. Tempatkan di keramaian

Dengan membawa burung di keramaian akan membuat burung kacer terbiasa melihat banyak orang, ini adalah sebuah cara yang banyak dilakukan para kacer mania untuk mengenalkan kacer dengan lingkungan barunya. Burung kacer hanya perlu dibawa ke tempat yang ramai, misalnya seperti pasar atau sebuah tempat yang terdapat keramaian.

5. Berikan sankar yang agak sempit

Kacer yang giras seringkali berpindah tempat, oleh karena itu siapkanlah sangkar yang sempit untuk mempersulit gerakkannya. Dengan tempat yang sempit dan terbatas akan membuat kacer menjadi mudah jinak. Lakukanlah cara tersebut namun jangan terlalu lama, karena akan membuat kacer terlalu jinak dan tidak giras. Jika dirasa sudah jinak, segera pindahkan kesangkar yang lebih besar.

Penutup

Demikian itulah tips tentang cara menjinakkan burung kacer dengan mudah. Semua cara tersebut bisa anda terapkan dirumah untuk menjinakkan burung kacer anda. Apabila anda menyukai artikel ini, bisa anda share sebanyak-banyaknya dan semoga bermanfaat bagi anda semua. Salam Kicau Mania!




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url