Dijamin Gemuk! Berikut Cara Mengatasi Burung Kacer yang Nyilet atau Kurus


Dijamin Gemuk! Berikut Cara Mengatasi Burung Kacer yang Nyilet atau Kurus - Hallo sobat hitam putih! Pada artikel kali ini saya akan membahas artikel sekaligus membagikan tips tentang cara mengatasi dan merawat burung kacer yang nyilet dan kurus. Kacer adalah burung yang sangat indah, namun burung kacer yang kurang dalam perawatan akan mengalami penyakit nyilet atau kurus.

Saat burung terkena penyakit nyilet atau kurus penampilan burung akan berubah. Hal itu sangatlah disayangkan karena burung kacer adalah jenis burung yang tangguh dan tidak mudah terserang penyakit. Burung kacer yang sakit biasanya kurang asupan pakan.

Memberikan campuran pakan dengan EF akan membantu memenuhi kebutuhan nutrisi si kacer, dengan begitu burung akan lebih birahi. Birahi yang meningkat pada burung akan membuat kualitas suara kicauan lebih dinamis dan merdu. Lalu, apakah yang menyebabkan burung kacer terkena penyakit nyilet atau kurus?


Penyebab Burung Kacer Nyilet atau Kurus

Dalam hal ini burung kacer yang nyilet disebabkan oleh beberapa hal, berikut adalah penyebab kacer yang mengalami nyilet.
  • Kacer mengalami gangguan pencernaan
  • Kacer kekurangan gizi
  • Kacer mengalami cacingan
Itulah penyebab burung kacer yang mengalami nyilet atau kurus. Nah, selanjutnya apa saja ciri-ciri kacer nyilet atau kurus ?

Ciri-ciri Burung Kacer Nyilet atau Kurus

Dalam hal ini anda juga bisa memperhatikan burung kacer yang sedang mengalami nyilet berdasarkan ciri-cirinya, berikut adalah ciri-ciri burung kacer nyilet atau kurus.
  • Kotoran berair
  • Mata burung layu
  • Anus burung selalu basah dan kotoran menempel
  • Mencabuti bulunya sendiri
  • Kotoran burung berwarna hitam
  • Burung Mengembangkan bulunya
  • Burung terlihat kurus dan nyilet
Jika anda sudah mengetahui penyebab dan ciri-ciri burung kacer yang nyilet dan kurus. Selanjutnya simaklah cara mengatasi burung kacer yang sedang mengalami nyilet atau kurus berikut ini.

Cara Ampuh Mengatasi Burung Kacer yang Nyilet atau Kurus

1. Tempatkan pada lokasi yang aman dan nyaman

Kacer adalah tipe burung yang akan terus beradaptasi dengan lingkungan barunya, oleh karena itu tempat yang salah akan membuat burung merasa stres dan mogok makan. Burung kacer tidak menyukai lingkungan yang ada hewan lainnya, terlebih lagi lingkungan yang sangat bising. Tempat seperti itu akan membuat kacer kekurangan waktu dalam istirahat. Maka, cara mengatasinya carikanlah tempat yang strategis dan nyaman

2. Berikan ekstra fooding yang cukup

Burung kacer yang kekurangan nutrisi akan lebih rentan mengalami nyilet dan kurus, dengan memberikan tambahakan eksta fooding akan membantu burung memperoleh asupan nutrisi. Setidaknya berikanlah 10 ekor jangkrik dalam satu hari. Namun, jika burung sudah terlanjur nyilet, berikanlah tambahan eksta fooding yang cukup banyak agar hasil maksimal.

Jika burung mengalami over birahi, pastikan anda bisa mengontrolnya dengan memandikan burung tersebut secara rutin. Namun, jika anda tidak mampu mengendalikan birahi pada burung kacer, sebaiknya berikanlah secukupnya saja.

3. Berikan buah pisang

Banyak sekali jenis pisang yang bisa anda berikan pada burung kacer, salah satunya adalah pisang kepok. Pisang tersebut sangat baik untuk burung kacer karena di dalamnya terdapat kandungan nutrisi yang tinggi dan terbukti dapat mencukupi gizi serta dapat menunjang burung tetap sehat dan terhindar dari penyakit.

Namun pada umumnya tidak semua burung kacer menyukai buah pisang. Oleh karena itu untuk memberikan pisang pada burung, anda harus melatihnya terlebih dahulu agar terbiasa.

4. Berikan penjemuran secukupnya

Saat burung kacer nyilet atau kurus, tetaplah untuk memandikannya dan menjemurnya. Hal itu agar tubuhnya tetap fresh dan menjadi semangat dan aktif, sehingga burung akan memiliki nafsu makan yang tinggi apabila setelah dimandikan.

5. Berikan pakan tambahan

Banyak sekali makanan tambahan yang bisa anda berikan pada burung kacer, yaitu seperti kroto, jangkrik, dan ulat hongkong. Namun yang perlu anda perhatikan dalam memberikan makanan tambahan yaitu harus seimbang dan sesuai dengan dosis, jangan sampai sembarangan ataupun berlebihan.

Akhir Kata

Seperti itulah beberapa tips tentang cara mengatasi burung kacer yang mengalami nyilet atau kurus. Bagi anda yang memiliki burung kacer dan sedang mengalami penyakit tersebut, tetap sabar dan rawatlah burung kacer anda dengan rutin supaya burung bisa segera sembuh dan pulih. Semoga berhasil dan terima kasih.




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url