Terbukti! Cara Jitu Membedakan Jenis Kelamin Burung Kacer Jantan dan Betina yang Masih Trotol


Terbukti! Cara Jitu Membedakan Jenis Kelamin Burung Kacer Jantan dan Betina yang Masih Trotol - Halo sobat kicau mania Indonesia! Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang tips membedakan jenis kelamin burung kacer dengan mudah. Kebanyakan orang di masa pandemi saat ini mencari kesibukan di rumah salah satunya memelihara burung. 

Banyak orang saat ini mengoleksi burung yang cantik dan unik, selain memiliki bulu yang indah burung juga memiliki suara yang merdu saat berkicau. Contohnya burung kacer, burung kacer jantan memiliki suara yang nyaring dan kicauannya bervariasi. Saat berkicau memiliki volume yang keras sehingga menarik jika burung ini dijadikan peliharaan di rumah.

Burung kacer merupakan salah satu burung terpopuler di Indonesia saat ini, burung kacer yang berkualitas kontes memiliki harga yang mahal. Jadi, banyak orang lebih tertarik memelihara kacer trotolan dengan harga yang lebih murah. Selain itu cara menjinakkannya pun lebih mudah.

Jika anda tertarik untuk merawat burung kacer yang masih trotol, disini saya akan memberikan cara membedakan jenis kelamin burung kacer dengan mudah. Dalam membedakan kacer jantan dan betina jika masih trotol sedikit sulit karena memiliki ciri yang hampir sama.

Tapi jika diperhatikan dengan teliti burung kacer trotol memiliki beberapa ciri yang berbeda antara jantan dan betina. Jika anda penasaran bagaimana cara membedakannya simak ulasan dibawah ini:


Perbedaan Jenis Kelamin Burung Kacer Trotolan

1. Ciri-ciri burung kacer jantan trotol

  • Burung kacer jantan trotolan memiliki kepala yang papak atau ceper, biasanya terlihat berbentuk persegi. Dengan bulu kepala yang berwarna metalik dan mengkilap seperti burung kacer dewasa.
  • Biasanya burung kacer trotolan jantan memiliki bulu yang sangat pekat.
  • Memiliki bentuk paruh lebih pendek, bagian paruh bagian atas dan bawah berwarna hitam.
  • Memiliki postur tubuh yang tegak saat burung kacer berdiri, dengan dada yang rata dan tubuh yang ramping.
  • Sifatnya lebih agresif daripada kacer betina.
  • Pangkal lidah burung kacer jantan berbentuk huruf “V’ dengan tanda titik berwarna hitam.


2. Ciri-ciri burung kacer betina trotol

  • Burung kacer betina cenderung memiliki warna bulu yang kusam dan tidak memiliki bulu yang mengkilap.
  • Memiliki bentuk kepala yang bulat dan tubuh yang berisi.
  • Sifatnya lebih kalem dan tidak aktif.
  • Tidak terdapat titik hitam di bagian lidahnya.
  • Warna paruh bawah berwarna hitam sedikit pudar agak keputihan.
Bagaimana sobat sangat mudah bukan cara membedakannya, sedangkan untuk memastikan jenis kelamin burung kacer tersebut jantan atau betina, anda bisa melihatnya lebih jelas saat burung kacer mulai berganti bulu trotol dengan bulu kacer dewasa.

Akhir Kata

Demikian, itulah ciri-ciri burung kacer trotol jantan dan betina. anda bisa mengingatnya untuk dijadikan acuan dalam membedakan kacer jantan dan betinaya. Jika artikel ini bermanfaat silahkan share sebanyak-banyaknya. Salam Kicau Mania!




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url