Tips Cara Merawat Burung Kacer Mabung Dengan Baik dan Benar agar Hasil Maksimal


Tips Cara Merawat Burung Kacer Mabung Dengan Baik dan Benar agar Hasil Maksimal - Halo Sobat Kacer Mania Indonesia! Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tips tentang cara merawat burung kacer yang sedang mabung dengan baik dan benar. Dengan penerapan perawatan burung kacer yang benar, pastinya setelah proses mabung burung kacer akan lebih gacor dan tampil dengan maksimal.

Pada dasarnya mabung adalah fenomena alamia yang dialami oleh setiap jenis unggas. Mabung merupakan fase pergantian bulu dari bulu lama berganti ke bulu baru.Umumnya proses mabung pada burung ini memakan waktu yang cukup lama, sekitar satu bulan bahkan lebih. Oleh karena itu bagi kalian yang memiliki burung dalam proses mabung, harus lebih sabar dan tlaten dalam merawatnya.

Proses mabung tersebut ditandakan dengan rontoknya bulu-bulu burung kacer secara bertahap, lalu mulai ditumbuhi dengan bulu yang baru. Nah bagi kalian yang memiliki burung kacer dalam proses mabung, alangkah baiknya kalian mengetahui cara perawatan burung kacer mabung dengan tepat. Sebab burung kacer yang dalam proses mabung, berbeda perawatan hariannya.


Berikut Perawatan Burung Kacer Mabung yang Tepat

1. Asingkan burung kacer di tempat yang sunyi

Dalam hal ini saya menyarankan kepada kalian semua untuk menempatkan burung kacer di tempat yang sunyi dan jarang dilewati oleh manusia. Biarkan burung kacer tersebut merasa tenang tanpa adanya gangguan sedikitpun, kalian juga bisa memberikan krodong pada sangkarnya agar burung benar-benar lebih tenang pada masa mabungnya.

2. Jaga kebersihan sangkar burung

Mungkin sebagian orang beranggapan bahwa burung kacer yang sedang mabung tidak perlu dibersihkan kotorannya agar tidak mengganggu proses mabung, tetapi berbeda halnya dengan perawatan yang saya lakukan.

Kebersihan sangkar pada burung kacer sangatlah penting untuk menghindari burung kacer kalian terkena penyakit yang disebabkan oleh kotoran yang menumpuk. Oleh karena itu bersihkan sangkar burung kacer kalian minimal 1 sampai 2 kali dalam seminggu.

3. Kurangi atau hentikan pemberian EF

Untuk burung kacer yang sedang mabung, kurangi pemberian EF atau bisa juga tidak perlu memberikannya EF. Karena EF mengandung protein yang tinggi, apabila diberi EF yang berlebihan akan meningkatkan birahi burung kacer tersebut.

Sedangkan apabila birahi burung kacer tersebut naik hingga over birahi, malah akan membuat burung kacer berkicau lebih keras. Jika burung kacer berkicau secara terus menerus, maka akan memperhambat proses bergantinya bulu.

4. Jangan memandikan burung

Apabila kacer kalian sedang dalam proses mabung, alangkah baiknya kalian tidak memandikan burung tersebut terlebih dahulu. Sebab, jika burung kacer dimandikan pada saat proses mabung akan memperhambat rontoknya bulu.

Kalian bisa mulai memandikan burung kacer apabila bulu burung tersebut sudah muncul bulu jarum. Pemandian itupun juga tidak perlu terlalu sering, cukup lakukan sekali dalam seminggu saja.

5. Hentikan penjemuran

Burung kacer yang sedang mabung, saya sarankan tidak perlu dijemur. Karena proses penjemuran akan mengganggu proses mabung pada burung. Tempatkan burung kacer ditempat yang sejuk dan hindarkan dari paparan sinar matahari secara langsung.

Akhir Kata

Baiklah mungkin itu saja beberapa tips yang bisa saya sampaikan, mengenai cara perawatan burung kacer yang sedan dalam proses mabung. Kalian bisa menerapkan perawatan tersebut pada burung kacer kalian yang sedang dalam proses mabung. Demikian artikel kali ini, semoga tips tersebut bisa membantu dan bermanfaat bagi kalian semua.




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url