Tips Mengatasi Burung Kacer yang Stress Agar Mau Bunyi Lagi

 


Tips Mengatasi Burung Kacer yang Stress Agar Mau Bunyi Lagi - Halo sobat kicau mania Indonesia! Pada artikel kali ini saya akan membahas seputar bagaimana cara mengatasi burung kacer yang stress agar bisa berkicau kembali. Perlu kalian ketahui bahwa tidak burung kacer saja loh yang bisa stress, namun semua jenis burung juga bisa mengalami stress.

Burung mungkin perlu waktu beradaptasi dengan lingkungan baru, karena tempat baru juga berpengaruh untuk mental si burung. Terutama burung kacer, burung ini selalu menjadi unggulan dan primadona bagi pecinta burung. Dikarenakan burung tersebut memiliki suara khas yang merdu dan skill berkicau yang memikat.

Ada beberapa akibat yang perlu diketahui penyebab burung kacer stress di antaranya yaitu terjadi kekalahan dalam perlombaan, banyak pecinta burung yang tidak bisa mengontrol emosinya sehinga kekerasan pun terjadi. Hal itulah yang menyebabkan burung menjadi stress dan tidak mau menurut.

Tindakan itulah yang sangat tidak dibenarkan karena bisa membuat burung kacer mengalami stress. Lalu, bagaimana caranya agar burung kacer stress bisa gacor kembali? Berikut kami telah menyiapkan beberapa tips untuk mengatasi burung kacer yang stress agar mau berkicau kembali, sebagai berikut.


Cara Mengatasi Burung Kacer yang Stress agar Berkicau Kembali

1. Kurangnya perawatan

Perawatan burung kacer harus diutamakan, dengan menambahkan vitamin dan multi mineral adalah bentuk perawatan tambahan yang bisa kalian lakukan untuk burung kacer. Semua itu perlu diperhatikan dengan kondisi karakter burung kacer yang kalian miliki.

2. Gangguan dari hewan lain

Jika burung kacer sering diganggu hewan lain, seperti cicak, nyamuk, dan serangga lainnya. Alangkah baiknya kalian memindahkan burung kacer tersebut  lalu ditempatkan di tempat yang aman dan terbebas dari gangguan hewan lain.

3. Pemberian tangkringan

Apabila kalian berniat untuk memberikan tangkringan, kalian juga harus memperhatikan posisi tangkringan tersebut. Carilah posisi yang baik agar burung merasa nyaman, sehingga burung tidak akan mengalami stress lagi.

4. Perhatikan pakannya

Stress karena pakan adalah salah satu masalah yang dialami burung kacer. Pemberian voer yang berlebihan juga tidak baik untuk si burung, jika sampai terlalu berlebihan akan membuat burung kacer over borahi dan stressnya bisa semakin parah.

5. Rutin dalam pemandian

Burung kacer harus rutin dimandikan agar tidak stress, mandi juga untuk menjaga kesehatan burung. Jika burung kacer rutin dimandikan, itu akan menyehatkan pikiran burung kacer. Dengan begitu tingkat stress si kacer menurun. Jam terbaik untuk memandikan si kacer adalah jam 07.00 pagi.


Penutup

Demikian, itulah cara mengatasi burung kacer stress agar mau bunyi lagi. Jika kalian tertarik dengan artikel ini silahkan share artikel ini sebanyak-banyaknya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk kalian semua, terimakasih.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url