Berikut Adalah Cara Menjodohkan Burung Kacer Dengan Mudah Bagi Pemula

Berikut Adalah Cara Menjodohkan Burung Kacer Dengan Mudah -Hallo sobat kicau mania indonesia! Pada artikel kali ini saya akan membahas bagaimana cara menjodohkan burung kacer. Burung kacer adalah sejenis burung yang namanya sangat populer di indonesia, terlebih di telinga para pecinta burung. Karena memiliki keunikkan suara kicau yang khas, burung kacer ini sangat diminati banyak orang. Pada waktu awal-awal gencar nya burung kacer, harga di pasaran sangat tinggi. 

Tetapi saat ini harganya sudah cukup stabil, dikarenakan sekarang ini banyak para pecinta kacer mulai menangkar burung kacer untuk dijual. Meskipun begitu, dalam menternak kacer pastinya juga memiliki kendala tersendiri yaitu dalam menjodohkan burung kacer. Maka dari itu saya akan memberikan tips bagaimana cara menjodohkan burung kacer. 

Sebenarnya, langkah dalam menjodohkan burung kacer tidaklah sulit. Tapi, bagi anda yang pemula wajar saja jika kesulitan karena baru pertama kali menjodohkan burung kacer. Meskipun kelihatannya mudah dalam menjodohkan burung kacer pasti memiliki kendala juga, dengan begitu upaya perjodohan tidak bisa berjalan lancar. 

Lalu, berapa lama proses perjodohan burung kacer? Untuk prosesnya, tidak bisa di pastikan karena semua itu tergantung cara anda dalam menjodohkan burung kacer. Biasanya ada juga proses perjodohan yang gagal dan mengulangi dari awal Sebelum anda memulai perjodohan, pastika dulu ciri-ciri burung kacer betina siap kawin. Supaya perkawinan burung kacer bisa berjalan dengan lancar dan berhasil. 

Dalam proses perkawinan burung kacer, janganlah sembarangan. Jika menggunakan cara yang salah, bisa dipastikan bahwa burung kacer akan berkelahi, bukannya kawin malah saling melukai satu sama lain. Lalu, apa yang harus dilakukan agar perjodohan burung kacer bisa berhasil? Inilah tipsnya, yuk simak selengkapnya.


Cara Menjodohkan Burung Kacer Dengan Mudah Bagi Pemula

Dengan memulai menjodohkan burung kacer betina dan jantan berarti anda sedang berupaya untuk memulai usaha ternak kacer. Simak cara menjodohkan kacer berikut ini: 

1. Siapkanlah Kacer Indukan yang Unggul

Jika anda berharap bahwa proses perkawinan kacer agar cepat berhasil, pastikanlah anda sudah mempersiapkan dan memilih kacer yang berkualitas tinggi. Bagaimana cara memilih indukan kacer yang berkualitas? Yaitu anda bisa melihat dari umurnya, bagi kacer jantan umur harus berumur 2 tahun sedangkan bagi kacer betina harus berusia 1 tahun. 

Selain itu anda juga bisa melihat dari segi karakteristiknya, yang sudah mulai muncul pada tubuhnya. Kacer yang bisa anda pilih yaitu kacer yang sehat tanpa cacat, bulunya halus, dan juga memiliki sisik pada bagian kakinya. Kemudian anda juag bisa melihat dari sikap dan perilakunya, biasanya burung kacer yang sudah siap kawin akan berkicau lebih nyaring daripada sebelumnya. 

Yang paling utama yaitu kacer betina, mereka akan bereaksi ketika mendengar kicauan kacer jantan. Dengan melihat dari perilakunya, anda bisa dengan mudah mengetahui kacer mana yang siap untuk dijodohkan. 

2. Kandangnya Harus Terpisah

Setelah memilih indukan kacer yang unggul, anda bisa memasukkan kacer ke dalam kandang. Dalam menjodohkan burung kacer, anda tidak bisa langsung memasukkan keduanya dalam satu kandang karena bisa saja mereka akan berkelahi. 

Caranya anda harus pisahkan mereka, dengan memasukkan ke dalam kandang masing-masing. Lalu taruhlah kandang agak jauh tapi pastikan kacer betina tetap bisa mendengar kicauan kacer jantan. Nah, jika sudah tugas anda selanjutnya yaitu memantau kacer. Dengan memantaunya, anda bisa mengetahui apakah kacer betina dan jantan saling membalas kicuan atau tidak. 

Namun, jika burung kacer jantan belum juga membalas kicuan kacer betina sebaiknya berikanlah jangkrik. Jangkrik berguna untuk meningkatkan birahi kacer. Dengan begitu usaha anda untuk menjodohkan kacer sangatlah efektif, jika keduanya sudah saling membalas berarti kacer memiliki tingkat kecocokan yang tinggi. 

3. Dekatkanlah Kandang Kacer Jantan dan Betina

Ketika kacer jantan dan betina sudah saling membalas kicauan, berarti langkah selanjutnya adalah mendekatkan kandang. Jika kedua kandang sudah disatukan, langkah selanjutnya yaitu melakukan pantauan lagi. Selanjutnya, jika kacer betina sudah mulai membuat sarang di dalam kandang, maka bisa dipastikan bahwa kacer betina sudah siap dikawinkan dengan kacer jantan yang berada didekatnya.

4. Menyatukan Dalam Satu Kandang

Kesalahan yang biasa dilakukan oleh pecinta burung kacer, saat awal mengawinkan kacer langsung dimasukkan dalam satu kandang sebelum dilakukan perangsangan terelebih dahulu. Akibatnya, keduanya jadi berkelahi dan melukai satu sama lain. 

Ketika anda sudah memasukkan keduanya dalam satu kandang, anda harus tetap memantaunya. Pemantauan pada tahap ini harus dilakukan lebih intens, jika anda lalai dalam pengawasan bisa jadi kacer menjadi gagal dikawinkan. 

5. Pantaulah Keberhasilan Perkawinan Burung Kacer

Untuk melihat keberhasilan perkawinan pada burung kacer, yaitu dengan melihat tingkah kacer menjadi lebih tenang ketika sudah disatukan dalam satu kandang. Burung kacer akan terlihat lebih nayaman bersama pasangannya dan tidak melakukan penyerangan satu sama lain. 

Tidak selalu berjalan mulus dalam menjodohkan burung kacer, biasanya kacer jantan dan betina belum bisa akur. Meskipun keduanya bisa berjodoh satu sama lain, karena itulah perjodohan yang dilakukan menjadi sangat sulit. 


Penutup

Demikian itulah tips menjodohkan kacer dengan mudah bagi pemula, jika anda memiliki saran bisa tulis dikolom komentar ya. Terima kasih.




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url