Berikut Ini Adalah Rawatan Burung Kacer Rumahan, Simak Selengkapnya!

Berikut Ini Adalah Rawatan Burung Kacer Rumahan, Simak Selengkapnya! -Hallo sobat kicau mania indonesia! Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang cara merawat kacer rumahan. Dalam merawat burung kacer susah-susuah gampang, namun perawatan burung kacer lebih susah jika masih anakan atau bakalan. Kenapa rawatan kacer bakalan lebih susah? Karena merawat kacer bakalan jika tidak serius kacer akan mati, dibandingkan burung kacer yang sudah mapan. 

Maka dari itu anda wajib mengetahui cara merawat kacer bakalan sampai menjadi kacer siapan. Saat ini lomba kicau burung masih sangat populer, dan banyak digemari semua orang terutama kaum pria. Maka dari itu, para pecinta burung dari berbagai daerah rela datang jauh-jauh untuk mengikuti kompetisi lomba burung kicau tersebut. 

Ada beberapa jenis burung yang digunakan untuk lomba, salah satu jenis dari burung tersebut adalah burung kacer. Bagi anda pecinta burung sejati, dan sudah lama menggeluti dunia burung pastinya sudah tidak asing dengan burung kacer. Burung kacer merupakan burung yang populer dikalangan pecinta burung, dengan memiliki suara kicau yang merdu dan unik.

Burung kacer memiliki nama lain burung poni, burung kacer menjadi salah satu jenis burung yang banyak disukai oleh para pecinta burung. Burung kacer banyak dijadikan sebagai burung peliharaan, dan terkadang juga bisa dijadikan burung aduan atau burung untuk kompetisi lomba. Dengan memiliki  postur tubuh yang gagah, burung kacer menjadi primadona dari berbagai jenis burung lomba. 

Dan selain itu, harga burung kacer tersebut juga bisa mencapai jutaan rupiah. Meskipun begitu, burung kacer juga membutuhkan perawatan yang baik. Berikut ini adalah cara merawat burung kacer rumahan. 


Berikut Ini Cara Merawat Burung Kacer Rumahan 

1. Menjaga Kebersihan Kandang dan Burung

Anda harus konsisten membersihkan kandang burung kacer secara teratur, pastikan selalu kandang tetap bersih setiap hari. Kenapa harus rajin membersihkan kandang? Karena hal itu untuk menghindarkan berbagai kuman yang bisa menyebabkan penyakit pada burung kacer dari kotoran kotoran yang terbuang. Namun, selain itu burung juga akan terhindar dari stress. Jangan lupa untuk memandikan burung kacer setiap pagi dan sore agar burung kacer selalu bersih dan terhindar dari kutu. 

2. Menempatkan Dilokasi yang Nyaman

Sebaiknya tempatkanlah burung kacer pada tempat yang memiliki udara yang segar, dan kaya akan oksigen. Jika burung kacer sudah selesai dimandikan, anda bisa mengangin-anginkan burung kacer di tempat yang terbuka dan sejuk. Cara tersebut dapat memengaruhi psikologis burung dan membuatnya tidak mudah stress.

3. Memberi Makanan yang Tepat

Berikanlah makanan pada burung kacer dengan makanan yang bergizi, makanan yang lezat dan bergizi mengandung banyak protein yaitu voer, kroto dan jangkrik. Contohnya anda bisa memberikan jangkrik 5 di pagi hari dan 3 di sore hari, setiap burung pastinya memiliki cara setting yang berbeda. Sederhananya, bagi anda ingin menemukan settingan yang cocok bagi kondisi saat burung kacer macet bunyi, sangat agresif atau terlalu sehat. 

Jika burung kacer mbedesi, stress dan tidak mau makan, dan birahi tak terkendali, maka lakukanlah penjemuran selama 7-9 jam pagi. Agar burung kacer mendapatkan vitamin D yang cukup, lalu porsi EF nya sedikit dikurangi. Namun, jika burung kacer kurang bunyi dan tidak bersemangat anda bisa menambahkan porsi makanannya.  

Jika dalam 3-5 hari kedepan burung sudah gacor kembali, maka sobalah kembalikan seperti porsi awal.

4. Istirahat dan Masteran yang Cukup

Di malam hari pastikan selalu kandang burung kacer selalu tertutup, dengan begitu kacer akan istirahat secara nyaman. Selain itu, juga bisa memudahkan anda dalam melatih burung kacer agar bisa menjadi master dan juara. Caranya yaitu menggunakan music Mp3 yang berisi rekaman suara kicau burung. Dengarkanlah pada burung setiap malam, dengan volume yang tidak keras. 

Maka, nanti burung kacer akan mulai terbiasa dan akan mulai lancar menirukan suara berbagai jenis kicau burung yang sudah diperdengarkan. 

5. Penjemuran

Waktu yang tepat untuk melakukan penjemuran pada burung kacer yaitu pada pukul 08.00-11.00 pagi. Saat burung kacer dijemur, sebaiknya burung digantang di tempat yang nyaman dan terkena sinar matahari lebih banyak. Pastikan juga tidak ada burung lain yang ada disekitar tempat penjemuran burung. Hal tersebut harus diperhatikan, agar burung tidak mudah stress. 


Penutup

Demikian itulah cara yang bisa anda lakukan dalam merawat burung kacer dirumah, jika anda tertarik boleh share artikel ini sebanyak-banyaknya. Terima kasih.




 

Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url