Bingung Cara Memilih Indukan Kacer? Inilah Tips memilih Indukan Burung Kacer yang Bisa Anda Terapkan

Bingung Cara Memilih Indukan Kacer? Inilah Tips memilih Indukan Burung Kacer yang Bisa Anda Terapkan -Hallo sobat kicau mania indonesia! Pada artikel kali ini saya akan membagikan tips cara memilih indukan burung kacer dengan mudah. Saat ini banyak sekali para pecinta burung sedang menggeluti cara ternak kacer. Memelihara burung kacer adalah kegiatan yang sangan menyenangkan sekaligus juga bisa menghasilkan uang. Jika, anda sudah ahli dalam memelihara berbagai jenis burung alangkah baiknya jika anda mencoba menangkar burung kacer karena pasti sudah jelas prospeknya.

Burung kacer adalah jenis burung yang banyak digemari oleh banyak orang, harga burung kacer dipasaran juga sangat lumayan. Untuk harga burung kacer bakalan atau anakan bisa mencapai 400-500 ribu rupiah, padahal itu baru anakan kacer. Apalagi jika bibit burung kacer yangf dihasilkan dari burung kacer yang juara lomba, pasti harga nya lebih mahal karena kualitasnya bagus.

Jika anda berniat ingin menternak kacer, pastikan anda sudah bisa memilih indukan kacer. Kenapa demikian? Karena burung kacer bakalan pasti menirukan induknya yaitu kacer jantan dan kacer betina. Nah, jika si induk adalah jawara dalam perlombaan, maka kemampuannya akan menurun ke kacer bakalan atau anakan.  

Saat memilih indukan kacer harus membutuhkan kejelian yang tinggi, karena burung kacer bukanlah tipe burung yang mudah dikawinkan. Apalagi jika keduanya didapatkan dari tempat yang terpisah, pastinya akan membutuhkan waktu lama untuk menjodohkannya. Lebih baik, anda meilih burung kacer yang sepasang atau sudah berjodoh. 


Tips Memilih Indukan Burung Kacer Dengan Mudah

1. Pilihlah Burung Kacer yang Sudah Sepasang Atau Sejodoh

Dengan memilih indukan kacer yang sudah sepasang, akan memudahkan anda dalam melakukan ternak. Apalagi jika burung kacer tersebut memiliki karakter yang berkualitas dan jawara dalam perlombaan. Nantinya, kacer anakan yang anda dapatkan akan memiliki karakter yang sama seperti induknya. 

Maka, saat memilih burung kacer indukan anda harus benar-benar jeli dalam melakukannya. Agar indukan yang anda dapatkan adalah indukan yang berkualitas. 

2. Indukan Dalam Keadaan Sehat

Dalam memilih indukan burung kacer yang berkualitas, anda bisa memastikan bahwa burung dalam keadaan sehat. Jangan sampai anda memilih burung yang cacat atau penyakitan, jika burung kacer sakit-sakitan mereka biasanya akan sangat sulit dijodohkan. 

Maka dari itu sebelum memilih anda harus benar-benar memperhatikan dengan serius dari atas sampai bawah tubuh burung kacer, untuk memastikannya bahwa burung tidak dalam keadaan cacat.

3. Indukan Berusia 1-2 Tahun

Ketika memilih indukan yang berkualitas anda juga harus memperhatikan umurnya. Untuk burung kacer jantan biasanya harus berumur 2 tahun sedangkan bagai burung kacer betina harus berusia 1 tahun. Atau indukan yang menurut anda sudah siap untuk memproduksi telut. 
 

4. Memiliki Bulu yang Bagus

Pastikan burung kacer yang anda pilih memiliki bulu yang bagus dan mengkilap. Jika burung kacer memiliki bulu yang bagus maka burung kacer jantan akan mudah terpikat dengan lawan jenisnya.

5. Indukan Kacer yang Rajin Berkicau

 Ketika memilih indukan burung kacer sebaiknya pilih yang rajin berkicau, karena jika indukan kacer sudah rajin berkicau maka nantinya akan menurun ke kacer anakannya. 


Penutup

Demikian itulah tips memilih burung kacer indukan yang bisa anda terapkan dirumah, jika anda mmeiliki saran bisa tulis dikolom komentar. Terima kasih.




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url