Inilah Cara Ampuh Untuk Mengatasi Burung Kacer yang Pilek

Inilah Cara Ampuh Untuk Mengatasi Burung Kacer yang Pilek -Hallo sobat kicau mania indonesia! Pada artikel kali saya akan membahas tentang cara mengatasi burung kacer yang pilek. Bukan hanya manusia, tapi burung kacer juga bisa pilek. Jika burung kacer anda pilek pasti ada beberapa faktor penyebab nya, namun hal itu juga bisa disembuhkan dengan memberinya obat alami kacer pilek. Faktor yang paling utama yaitu perubahan cuaca, pergantian cuaca panas menjadi hujan. Musim tersebut biasa disebut musim pancaroba. 

Karena pada saat musim pancaroba akan terjadi cuaca yang ekstrem, dan hal tersebut dapat menganggu kesehatan tubuh. Jika kekebalan tubuh berkurang, maka virus akan menyerang dan jadilah penyakit. Maka, dari itu semua orang harus menjaga kesehatan. Selain anda yang harus menjaga kesehatan, anda juga harus memperhatikan burung kondisi kesehatan burung kesayangan anda dirumah. 

Karena burung juga sama seperti manusia, ketika terjadi perubahan cuaca pasti akan berpengaruh bagi kesehatan burung peliharaan. Jika saat ini kondisi burung kacer kesayangan anda sedang tidak sehat, maka burung kacer akan sakit dan gejala awalnya yaitu pilek. Namun, jangan sepekan pilek pada burung kacer, jika pilek tidak kunjung diatasi maka burung kesayangan anda kana mati. 

Pastinya anda tidak ingin burung kacer kesayangan mati, maka saat musim hujan seperti ini burung kacer perlu membutuhkan perawatan yang ekstra. Sebelum itu anda harus mengetahui apa saja gejala pilek pada burung kacer. Contohnya seperti berikut ini:

1. Nafas burung kacer menjadi tidak lancar

2. Burung kacer sering bersin dan batuk 

3. Mengeluarkan cairan lendir pada ujung lubang hidung

4. Mata burung kacer terlihat sayu

5. Burung kacer akan lemas, lesu dan kedinginan

6. Nafsu makan burung kacer berkurang

7. Ketika hujan turun burung kacer akan mengembangkan bulunya

Nah, jika saat ini burung kacer anda sedang mengalami gejala-gejala yang ada diatas berarti akan harus segera mengatasinya. Berikut ini cara mengatasi burung kacer yang pilek. 

 

Berikut Cara Mengatasi Pilek Pada Burung Kacer

1. Penempatan Kandang Burung Kacer  

Cara yang bisa anda lakukan yaitu memindahkan tempat burung kacer, kandang haruslah ditempatkan di ruangan yang hangat. Hal tersebut untuk menyegerakan agar burung kacer bisa segera sembuh, karena sakit kacer akan menjadi diam dan murung. Tempatkanlah burung kacer di ruangan yang memiliki suhu hangat dan nyaman.
 

2. Mengeluarkan Lendir Dari Tenggorokan

Jika lendir telah menghambat saluran tenggorokannya, dan membuat burung kacer menjadi sesak nafas. Maka, segerakanlah untuk menggeluarkan lendir dari tenggorokannya. Anda bisa mengeluarkan lendir dari tenggorokan burung dengan menggunakan cutton bud. Anda harus melakukannya dengan hati-hati, agar burung kacer tidak tersedak. Namun, jika anda tidak mengetahui lendir pada tenggorokan kacer. Anda harus mengetahui hal ini. 
 - Burung kacer membuka mulutnya dan mengeluarkan cairan sedikit
 - Burung kacer akan terlihat ngantuk dan murung
 - Nafasnya burung kacer menjadi tersengal-sengal
 - Berkurangnya nafsu makan kacer. 
 

3. Memberikan Vitamin

Cara mengatasi burung kacer pilek yang bisa anda lakukan yaitu memberinya vitamin. Vitamin berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh serta kekebalan tubuh pada bruung kacer ketika musim hujan. Sehingga, gejala flubbisa segera reda. Jangan lupa juga berikanlah kain untuk menutupi kandangnya agar semakin hangat.
 

4. Pemberian Makanan yang Tepat

Jika burung sedang mengalami gejala flu, anda harus bisa memilihkan makanan yang tepat untuknya. Jika anda menambahkan makanan yang cukup kasar berikanlah sedikit air untuk melunakkan makanannya. Dan jika anda memberinya ekstra fooding seperti jangkrik, berikanlah jangkrik yang sudah di potong-potong kecil. 
 

5. Pemandian

Jika burung kacer sedang mengalami gejala flu, maka tidak disarankan bagi anda untuk memandikannya terlebih dahulu. Karena hal itu akan memperburuk kondisi kesehatan pada burung kacer. Anda cukup menyiapkan wadah yang berisi air, biarkan burung kacer mandi sendiri satu kali dalam seminggu.  


Penutup

Demikian itulah beberapa cara dalam mengatasi burung kacer yang pilek, jika anda menyukai artikel ini boleh bantu share sebanyak-banyaknya. Terima kasih.




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url