Inilah Tips Cara Memilih Bahan Kacer yang Prospek, Simak Selengkapnya!

Inilah Tips Cara Memilih Bahan Kacer yang Prospek, Simak Selengkapny! -Hallo sobat kicau mania indonesia! Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang cara memilih bahan kacer yang prospek. Saat ini semakin banyak sekali komunitas pecinta burung, sehingga banyak juga perlombaan seputar burung yang diadakan. Kegiatan perlombaan burung pastinya sangat menyenangkan, karena bisa dijadikan tempat untuk menghilangkan penat pada pikiran. 

Selain itu, dengan adanya perlombaan dapat membuat hubungan anatara sesama pecinta burung bisa terjalin dengan baik, hobi tersalurkan,  Jika anda salah satu pecinta burung berarti sudah tidak asing lagi kan dengan burung kacer. Burung kacer sudah menjadi primadona di dunia perburungan sejak lama. Karena suaranya yang merdu dan khas bisa menarik perhatian semua orang.

Burung kacer memiliki nama latin Copsychus saularis, burung kacer sangat sering mengikuti berbagai ajang perlombaan. Dan sudah pasti menang jika burung kacer tersebut bermental kuat, saking populernya banyak sekali pecinta burung yang memeliharanya. 

Nah, karena itulah komunitas-komunitas pecinta burung mulai bermunculan. Mereka membentuk sebuah komunitas tentang burung yang mereka pelihara dan mengadakan jadwal untuk setiap perlombaan. Burung kacer bisa mengikuti lomba karena suaranya yang merdu dan menarik, pemilik burung kacer juga banyak. Jadi, pastinya banyak yang senang jika ada perlombaan tersebut. 

Sebelum anda mengikutsertakan kacer anda dalam sebuah ajang perlombaan, sebaiknya perhatikan baik-baik hal berikut ini. Syarat yang utama yaitu pastikan burung kacer anda berkualitas, pastinya anda pernah meelihat gambar kacer prospek kan Nah, kali ini saya akan membagikan tips memilih bahan kacer yang prospek, namun sebelum itu apakah anda tahu burung kacer yang bagus dari daerah mana?

Berikut ini adalah kacer yang bagus dari beberapa jenis yang berasal dari berbagai daerah sebagai perlombaan :

1. Kacer medan

2. Kacer jawa timur

3. Kacer blorok

4. Kacer madagaskar

5. Kacer jawa barat

6. Kacer kalimantan

7. Kacer sumatra

8. Dan lain-lain. 


Berikut Ini Tips Dalam Memilih Bahan Kacer yang Propsek Untuk Pelombaan

Jika anda benar-benar ingin memenangkan perlombaan, maka anda harus benar-benar memperhatikan  tips berikut ini:

1. Berjenis Kelamin Jantan

Kebanyakan setiap burung kicau yang dipilih pasti yang berjenis kelamin jantan, sama haln ya dengan burung kacer. Apakah anda tahu kenapa suara burung kacer jantan lebih prospek daripada burung kacer betina? Hal itu dikarenakan, saat buurng kacer jantan berada di alam bebas atau alam liar mereka menggunakan suara kicaunya untuk menarik perhatian burung kacer betina. 

Maka, wajar saja jika burung kacer jantan memiliki suara lebih bagus untuk diikutkan lomba dariapada kacer betina. Terus, bagaimana caranya membedakan jenis kelamin burung kacer? Anda bisa melihat di artikel-artikel sebelumnya, disana sudah lengkap tentang penjelasan cara membedakan burung kacer jantan dan betina. 

2. Memiliki Bentuk Kepala yang Papak

Selanjutnya, perhatikanlah bentuk kepala burung kacer, ciri burung kacer yang prospek salah satunya yaitu memiliki kepala yang papak. Jika diperhatikan lebih serius bentuknya seperti " Kotak", kemudian saat membeli burung kacer anda bisa memilih kacer yang memiliki mata bulat dan besar. Itu juga termasuk ciri-ciri burung kacer yang prospek.

3. Pangkal Paruhnya Lebar

Anda juga bisa melihat ciri lain nya yaitu dari paruh, meskipun kacer jantan dan betina memiliki bentuk paruh yang sama yaitu " V ". Namun, meskipun terlihat sama keduanya juga pasti memiliki perbedaan jika diperhatikan lebih jauh. Untuk kacer jantan memiliki ciri paruh yang pada pangkal paruhnya lebar dan tebal. Kacer jantan yang sudah prospek pasti memiliki paruh yang besar dan panjang. 

4. Memiliki Leher Panjang

Leher pada burung kacer sangat memengaruhi kualitas suara pada burung kacer, kenapa demikian? Karena suara berasal dari leher, maka salah satu cara yang bisa anda lakukan dalam memilih burung kacer hutan yaitu dengan memperhatikan lehernya . Pilihlah burung kacer jantang yang memiliki leher panjang dan tebal, nanti jika sudah dimaster burung kacer bisa mengeluarkan suara yang kuat. 

5. Kondisi Burung Kacer Sehat

Meskipun burung kacer memiliki suara kicau yang bagus, jika mental buyrung kacer jelek kualitas pun juga akan menurun. Karena burung kacer harus memiliki mental yang kuat jika ingin adukan dengan burung kacer lain. Dengan memastikan burung kacer selalu dalam keadaan sehat, maka kacar juga akan memiliki mental yang kuat. Salah satu ciri kacer siap lomba yaitu burung kacer fdalam kondisi sehat.

Inilah beberapa ciri burung kacer memiliki mental yang kuat, Berikut ini ciri-cirinya:

  • Aktif bergerak
  • Cengkramannya kuat
  • Sering berkicau
  • Mata melotot dan tidak sayu
  • Tidak ada cacat fiik
  • Nafsu makan dan minum tinggi
  • Sayapnya tidak kendor


Penutup

Demikian itulah beberapa tips cara memilih bahan kacer yang prospek, sangan mudah bukan? Jika anda benar-benar menerapkan tips berikut saya yakin anda adalah pemenang dari perlombaan tersebut. Jika anda memiliki saran bisa tulis dikolom komentar, Terima kasih.




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url