Tips Merawat Burung Kacer di Musim Hujan Supaya Tetap Gacor dan Stabil

Tips Merawat Burung Kacer di Musim Hujan Supaya Tetap Gacor dan Stabil - Hallo sobat kacer mania Indonesia! Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang cara merawat burung kacer agar tetap stabil meskipun di musim hujan. Seperti yang anda ketahui saat ini sudah memasukki musim hujan, perubahan cuaca dari kemarau ke musim hujan disebut pancaroba. Biasanya pada musim tersebut, banyak sekali orang yang rentan terkena penyakit yang paling umum yaitu flu.

Nah, apabila tidak mnemiliki daya tahan tubuh yang kuat, pasti tubuh akan lebih mudah sakit. Yang paling sering terjadi yaitu pilek, memang pada saat musim pancaroba kita harus benar-benar memperhatikan kondisi kesehatan tubuh. Tetapi semua itu tidak berefek pada manusia saja, namun juga bisa berdampak pada burung seperti kacer.

Dilansir dari jendelapet.com, jika anda tidak memperhatikan kondisi burung ketika musim hujan biasanya burung seperti kacer akan mengalami pilek. Pilek pada burung kacer harus segera di tangani, jika tidak bisa menyebabkan kacer akan mati. Burung kacer membutuhkan sinar matahari untuk menjaga suhu tubuhnya tetap stabil, dan juga untuk membantu system metabolisme tubuhnya.


Penting Untuk Diketahui

Bahwa di negara Indonesia memiliki 2 iklim yaitu musim hujan dan kemarau, dan yang pasti sinar matahari tidak selalu ada setiap tahunnya dikarenakan sudah memasuki musim hujan. Jadi jarang sekali matahari memancarkan sinarnya. Dengan begitu, perawatan kacer belum maksimal karena tidak ada penjemuran.

Padahal untuk menciptakan kacer yang bagus, burung kacer harus sehat dan tentunya memiliki performa yang maksimal. Suhu tubuh burung kacer harus tetap normal dan stabil, namun semua itu bisa anda dapatkan ketika burung kacer di jemur dibawah sinar matahari. Tentunya hal itu sangatlah sulit, karena pada musim hujan matahari tidak bisa bersinar setiap harinya.

Nah, oleh karena itu untuk menjaga burung kacer tetap fit dan kesehatannya stabil saat musim pancaroba. Berikut ini beberapa tips dalam perawatan burung kacer ketika memasuki musim penghujan.

Berikut Ini Cara Merawat Burung Kacer Agar Tetap Fit dan Stabil Selama Musim Hujan

1. Selalu Perhatikan Pakan Burung Kacer

Cara merawat burung kacer di musim hujan yang pertama, yakni anda bisa memperhatikan pakan burung kacer anda. Berikanlah voer yang dalam komposisinya terdapat kandungan madu dan telur, karena hal tersebut bertujuan agar membantu menghangatkan tubuh kacer. Selain itu pastikan anda selalu mengganti voer setiap dua hari sekali agar tidak berjamur.

Karena ketika musim hujan, pastinya akan lebih mempercepat tumbuhnya jamur pada voer. Tidak hanya pakannya saja, anda juga jangan lupa mengganti air minum setiap hari secara terartur dan konsisten. Pada sore harinya anda bisa memberikan seduhan jahe dan madu, untuk membantu menghangatkan tubuh burung kacer.

2. Pemberian Ekstra Fooding

Kemudian yang selanjutnya anda bisa memberikannya ekstra fooding berupa jangkrik dengan jumlah 5 ekor setiap pagi dan sore hari. Namun sebelum anda memberikan jangkrik pada burung kacer, berikanlah pakan jahe untuk jangkrik tersebut. Hal itu memiliki tujuan yang sama yaitu agar saat kacer memakan jangkrik ada sensasi hangat pada tubuhnya karena adanya sari-sari jahe.

Selain itu anda juga bisa menambahkan ulat hongkong dengan jumlah 10-20 ekor setiap pagi dan sore hari. Sebelum anda memberikan ulat hongkong pada burung kacer, sebaiknya berikanlah pakan ulat hongkong tersebut dengan voer ayam atau voer babi terlebih dahulu. Agar memberikan efek lebih hangat dan tentunya berprotein bagi burung kacer anda.

3. Kurangi Pemandian

Apabila sedang musim hujan dan jarang sekali ada panas dari teriknya sinar matahari, sebaiknya janganlah terlalu sering memandikan burung kacer. Karena hal tersebut bisa menyebabkan kondisi burung menjadi ngedrop sebab tidak adanya penjemuran yang dapat menghangatkan tubuh si kacer.

4. Kerodong Sangkarnya

Tips rawatan burung kacer saat musim hujan yang berikutnya yaitu kerodong sangkar burung kacer, hal itu bertujuan agar burung kacer tidak kedinginan. Anda bisa membukanya setiap pagi dan sore saja untuk memberinya makanan dan minuman, serta untuk membersihkan kandangnya.

5. Jaga Kebersihan Sangkar

Selain itu anda juga perlu mencuci kerodong setiap seminggu sekali agar tetap bersih dan steril. Jaga kebersihan sangkar burung kacer agar tetap bersih supaya terhindar dari kuman dan penyakit. Sebab apabila memasuki musim hujan, perkembangan parasit dan jamur akan lebih cepat.

6. Usahakan Melakukan Penjemuran

Anda harus benar-benar mengusahakan untuk tetap menjemur burung kacer meskipun hanya sebentar. Hal itu supaya suhu tubuh burung kacer tetap stabil dan tidak ngedrop. Anda bisa menggantang burung kacer dibawah asbas/kanopi/seng pada saat sinar matahari mulai muncul.

Penutup

Demikian itulah cara merawat burung kacer ketika memasuki musim penghujan, sangat mudah bukan? Bagi anda yang sedang menerapkan rawatan burung kacer rumahan, anda juga bisa menerapkan rawatan pada ulasan diatas supaya burung kacer anda benar-benar sehat dan stabil.




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url