Rawatan Burung Kacer Dorong Ekor Agar Cepat Tuntas dan Gacor

Rawatan Burung Kacer Dorong Ekor Agar Cepat Tuntas dan Gacor - Kacer merupakan salah satu burung kicauan yang sangat populer akhir-akhir ini. Hal itu terbukti karena banyak sekali para kicau mania yang merawat burung ini, entah itu dijadikan gacoran teras maupun untuk dilombakan. Alasan para kicau mania memelihara burung kacer, karena burung ini memiliki suara yang merdu dan bervariasi. Selain itu burung kacer juga memiliki gaya tarung yang unik dengan gaya ngobra dan membuka ekornya.

Meskipun demikian, tentunya setiap burung pastinya memiliki permasalahan. Permasalahan terbesar yang dialami setiap burung yaitu pada masa mabungnya, dari sampai rontok bulu hingga tumbuh bulu baru. Jika pada masa ini anda tidak merawat burung kacer dengan maksimal, hal terburuk adalah burung kacer gagal mabung yang awalnya gacor akan menjadi ngeriwik bahkan sampai macet bunyi.

Oleh karena itu perawatan burung kacer mabung harus benar-benar diperhatikan, terutama pada saat burung kacer mengalami dorong ekor. Ada rawatan khusus yang perlu dilakukan untuk mengatasi burung kacer dorong ekor agar cepat tuntas dan gacor kembali. Bagi anda yang masih pemula dan belum tahu bagaimana caranya, berikut saya telah menyiapkan beberapa cara untuk merawat burung kacer dokor.


Cara Cepat Burung Kacer Dorong Ekor

1. Isolasi burung kacer

Pada saat burung kacer dorong ekor, tentunya bulu yang lain juga masih ada yang baru tumbuh. Agar hal tersebut cepat tuntas, anda bisa menempatkan burung kacer di tempat yang sunyi dan aman. Anda juga harus menjauhkan burung kacer dengan burung fighter lainnya agar burung tidak drop mental.

2. Pemberian pakan & ekstra fooding

Untuk pakan hariannya berikan pakan voer yang mengandung madu dan telur pada komposisi bahannya. Tidak lupa juga untuk pemberian EF atau ekstra fooding berupa jangkrik, namun anda perlu memperhatikan dalam pemberian jangkrik.

Jika biasanya anda memberikan jangkrik dengan takaran 5/5 ekor di setiap harinya. Pada saat burung kacer mengalami dorong ekor atau tumbuh bulu, anda harus menambahkan pemberian jangkrik menjadi 7/7 ekor setiap harinya. Untuk mempercepat proses tumbuh bulu dan dorong ekor, anda bisa memberikan kroto setiap 3x dalam seminggu.

3. Jangan dijemur

Pada saat burung kacer dorong ekor atau tumbuh bulu, saya tidak menyarankan untuk menjemur burung kacer tersebut. Hal itu dikarenakan bulu burung kacer yang baru tumbuh sangat sensitif pada sinar matahari, jika bulu tunas tersebut terkena panas sinar matahari terlalu lama akan menghambat pertumbuhan bulunya.

4. Mandikan dengan rutin

Untuk mempercepat pertumbuhan bulu pada burung kacer, anda bisa memberikan pemandian secara rutin pada burung kacer anda. Bebas bagaimana cara memandikan burung kacer anda, bisa dengan cara dimasukkan keramba atau dengan cara disemprot. Namun saya sarankan jika anda memandikan dengan cara disemprot, jangan memandikan burung tersebut hingga basah kuyup agar burung tidak kedinginan.

5. Full kerodong

Agar burung kacer bisa beristirahat dengan tenang dan melanjutkan pertumbuhan bulunya, anda bisa melakukan cara full kerodong. Maksud dari cara ini yaitu, ketika anda sudah memandikan, memberikan EF, dan lain sebagainya. Anda bisa menkerodong kembali burung kacer tersebut hingga sore hari untuk memberikan ekstra foodingnya kembali.

Akhir Kata

Demikian tips rawatan burung kacer yang mengalami tumbuh bulu dan dorong ekor. Saya ingatkan lagi, untuk hasil yang maksimal anda harus melakukan cara tersebut dengan konsisten agar burung kacer anda bisa lebih gacor lagi setelah mabung.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url