Berikut Inilah Penyebab Burung Cendet Macet Bunyi

Berikut Inilah Penyebab Burung Cendet Macet Bunyi - Halo sobat burung! Bagaimana kabar kalian semua? Sehat kan? Selalu jaga kesehatan ya. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas penyebab burung cendet yang macet bunyi. Bagi kalian yang baru saja memelihara burung cendet dan burung yang biasanya gacor tiba-tiba diam pasti membuat kalian khawatir. Karena seperti yang kita ketahui, bahwa burung cendet merupakan burung yang rajin bunyi.

Selain itu cendet juga memiliki suara yang merdu dan juga memiliki variasi suara yang banyak. Hal yang pasling istimewa dari burung cendet yaitu mampu menirukan suara burung kicau lainnya, maka dari itu banyak sekali para pecinta burung yang menyukai jenis burung cendet ini. Burung cendet sering diikutertakan dalam kontes lomba burung berkicau, hal itu karena burung cendet juga tergolong kedalam burung petarung.

Namun janganlah kaget karena beberapa pemilik burung cendet atau pentet pasti akan dihadapkan dengan masalah yaitu macet bunyi. Burung cendet tidak mau bunyi atau macet bunyi pasti ada penyebabnya, ada beberaoa faktor yang membuat burung cendet macet bunyi. Penyakit yang masih dikhawatirkan oleh pecinta burung cendet yaitu ketika burung yang awalnya berkicau menjadi diam dan malas bersuara.


Penyebab Burung Cendet Macet Bunyi

1. Cendet mengalami stres

Burung cendet yang mengalami stres akan mendadak macet bunyi. Biasanya stres yang terjadi pada burung cendet disebabkan karena adanya perubahan lingkungan. Contohnya, burung cendet yang baru saja dipindahkan dari tempatnya, atau yang biasanya di dalam rumah merasa hangat dan nyaman sekarang dipindahkan ke halaman rumah yang dingin karena banyak angin.

Hal itu juga yang menjadi penyebab utama stress yang dialami burung cendet. Namun tidak hanya faktor lingkungan saja, perubahan iklim juga sangat berpengaruh terhadap burung cendet. Apalagi saat ini sudah memasuki musim hujan, cuaca yang dingin akan membuat burung cendet mendadak macet bunyi.

2. Cendet sedang sakit

Jika kalian lihat dalam beberapa hari burung cendet tidak bunyi dan tidak menunjukkan perubahan apapun, bisa dipastikan bahwa burung cendet kalian sedang sakit. Karena jika sedang sakit burung cendet akan lebih banyak diam daripada biasanya yang cerewet, atau biasa disebut mendadak macet bunyi.

Hal tersebut harusnya disadari oleh pemiliknya, karena jika burung cendet sakit, pemilik harus segera memberikan penanganan segera mungkin. Karena jika dibiarkan begitu saja, bukannya malah sembuh justru akan bertambah parah dan bisa mengancam nyawanya.

3. Cendet merasa ketakutan

Tahukah kalian bahwa tidak semua burung cendet penakut, tapi ada juga beberapa yang merasa ketakutan terhadap sesuatu atau benda yang tidak mereka kenali. Biasanya burung cendet yang mudah takut adalah burung cendet yang ditempatkan di pinggir jalan. Karena jalan adalah tempat banyak orang yang lewat, tidak hanya manusia terkadang hewan pun juga melintas.

Sehingga burung cendet menganggap bahwa semua itu merupakan sebuah ancaman bagi dirinya. Selain adanya manusia dan hewan lain, burung cendet juga merasa tidak nyaman dengan suara kebisingan. Maka dari itu, burung cendet mudah merasa ketakutan dan menyebabkan cendet tersebut macet bunyi.

4. Cendet makan makanan beracun

Karena makanan utama burung cendet adalah serangga, namun makanan utama tersebut juga bisa membuat burung cendet macet bunyi loh. Tanpa kalian ketahui, biasanya burung memakan serangga yang beracun. Jika burung cendet memakannya maka akan mengalami gangguan pada pencernaan dan bahkan sampai menginfeksi pada tenggorokan. Hal itu juga bisa menjadi penyebab burung cendet menjadi macet bunyi.

5. Kurangnya perawatan

Kalian harus tahu bahwa burung cendet adalah burung yang sangat sensitif, maka dari itu jika burung cendet kurang perawatan baik nutrisi atau perawatan fisiknya burung akan macet bunyi. Namun hal tersebut wajar terjadi, apalagi pemiliknya kurang memperhatikan dan kurang peka terhadap perawatan dan kondisi burungnya. Nah, jika kalian memelihara burung cendet dirumah harus peka ya terhadap kondisi burung peliharaan kalian.

Penutup

Dengan adanya penjelasan diatas, kalian akan lebih mengerti penyebab burung cendet yang mengalami macet bunyi. Sekian artikel pada hari ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk share ke teman-teman kalian pecinta cendet. Sampai jumpa di artikel berikutnya, Salam Cendet Indonesia!




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url