Macam, Ciri-ciri, dan Jenis Burung Cendet yang Populer di Indonesia

Macam, Ciri-ciri, dan Jenis Burung Cendet yang Populer di Indonesia - Hai sobat cendet mania Indonesia! Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga sobat semua selalu diberikan kesehatan ya. Kali ini saya akan membahas beberapa macam dan jenis burung cendet yang sangat populer di Indonesia. Nah, sobat kicau mania tentu sudah tidak asing dengan burung yang satu ini. Cendet adalah jenis burung kicau dari jenis lanius, di Indonesia burung tersebut dikenal sebagai jenis burung petarung yang memiliki suara merdu dan bisa menirukan suara burung lain.

Tahukah sobat, bahwasannya burung cendet ini juga dikenal dengan nama burung pentet. Selain itu juga ada lagi yang menyebut burung bentet atau burung toet, hal itu disebabkan karena bunyi yang dihasilkan dari kicauannya sering bersuara toet-toet. Namun perlu diketahui bahwa burung cendet bukan hanya memiliki suara yang merdu saja, tapi burung ini memiliki suara kicauan yang bervariasi dan cocok untuk dijadikan burung masteran.

Burung cendet adalah jenis burung yang tergolong karnivora dan burung cendet juga dikenal sebagai burung pemotong daging. Spesies burung cendet banyak tersebar di daerah afrika dan eurasia, tetapi burung cendet juga banyak tersebar di Indonesia. Habitat asli burung cendet berada di alam liar, yakni seperti di sabana atau area stepa.

Namun, beberapa spesies burung cendet hidup di alam terbuka, dan saat musim kawin beberapa diantaranya hidup di daerah utara saat musim panas. Dan ketika musim dingin tiba mereka akan bermigasi atau berpindah ke tempat yang lebih hangat.


Ciri-ciri Burung Cendet

Perlu sobat ketahui, burung cendet memiliki postur tubuh yang panjang dan ramping. Selain itu burung cendet memiliki bulu yang berwarna abu-abu di bagian punggung, coklat di bagian pinggang, warna putih di bagian dada hingga leher, dan warna hitam di bagian kepala dan ekor. Untuk bagian paruh, burung ini  merupakan tipe paruh pencabik dengan bentuk seperti pengait dan runcing. Burung ini gemar memangsa serangga kecil, cacing, dan ulat.

Di Indonesia penyebaran burung candet sangatlah luas meliputi, wilayah pulau Jawa, Kalimantan, Bali, Sumatra, Maluku, dan Sulawesi. Maka tidak heran jika muncul spesifikasi baru dan menjadi burung cendet yang beraneka ragam. Untuk membedakan jenis burung cendet tersebut, berikut beberapa jenis burung cendet yang populer di Indonesia.

Jenis Burung Cendet yang Tersebar di Indonesia

1. Cendet Blangkon

Cendet blangkon merupakan jenis burung cendet yang populer di Indonesia, khususnya di Madura. Hal ini dikarenakan burung cendet jenis ini dianggap jenis cendet yang terbaik diantara burung jenis cendet lainnya. Memang penyebaran burung cendet jenis ini sangat banyak di Madura, namun saat ini penyebarannya tidak hanya sebatas di Madura saja. Tetapi juga di beberapa wilayah lainnya, seperti Bondowoso, Lumajang, Banyuwangi, Jember, dan sekitarnya.

Burung cendet blangkong memiliki ciri-ciri yang sangat menonjol di bagian kepalanya. Sesuai namanya blangkon, burung ini memang memiliki kepala yang berwarna hitam gelap seperti memakai blangkon. Sedangkan untuk warna bulunya, tubuh burung cendet didominasi dengan perpaduan warna hitam dan putih. Apabila dilihat secara penampakannya, burung cendet jenis blangkon lebih gagah dan garang.

2. Cendet Pilis

Jenis burung cender selanjutnya yaitu cendet pilis, cendet pilis juga populer di Indonesia karena banyak yang memelihara cendet jenis ini. Burung cendet ini biasa disebut para kicau mania sebagai cendet lokal atau cendet jawa, hal itu dikarenakan populasi cendet pilis sangat banyak di pulau jawa. Untuk ciri-ciri cendet pilis yaitu hampir sama dengan cendet blangkon, namun warna hitam pada cendet pilis hanya sampai atas mata saja.

3. Cendet Macan

Jenis burung cendet yang satu ini tergolong dalam jenis cendet yang unik, sebab cendet macan memiliki warna yang berbeda dengan cendet pada umumnya. Seperti namanya, cendet macan memiliki motif bulu seperti macan walupun terlihat samar-samar. Habitat cendet macan umumnya ada di pepohonan yang rindang, pinggiran hutan, dan daerah dataran rendah.

4. Cendet Kembang

Bagi sobat cendet mania, tentu tidak asing lagi dengan jenis burung cendet yang satu ini. Burung cendet kembang merupakan salah satu jenis dari burung cendet yang paling mudah untuk dipelihara. Ciri-ciri dari burung cendet kembang yaitu memiliki warna motif garis pada bagian punggungnya, sayap berwarna coklat, dan iris mata berwarna merah terang.

5. Cendet Abu

Burung cendet ini tergolong dalam burung cendet dengan ukuran yang cukup besar apabila dibandingkan dengan jenis burung cendet lainnya. Saking besarnya, burung cendet abu yang sudah dewasa bisa memiliki panjang sampai 25 cm. Seperti namanya, burung cendet abu identik dengan warna abu-abu.

Akhir Kata

Itulah beberapa jenis burung cendet yang paling populer di Indonesia. Sebenarnya masih banyak jenis burung cendet lainnya, namun saya hanya mengambil kategori cendet yang paling populer dan banyak dipelihara oleh para kicau mania semua.




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url