Cara Jitu Mengatasi Burung Cendet Tidak Nafsu Makan

 

Cara Mengatasi Cendet Tidak Nafsu Makan - Hai pecinta kicau mania dimanapun kalian berada! Berjumpa lagi dengan saya di blog Bang Parid. Seperti biasa saya akan membahas seputar burung cendet, dimana pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara mengatasi burung cendet mau makan. Penasaran dengan caranya? Yuk, simak terus ulasan dibawah ini.

Jika burung cendet memiliki nafsu makan yang baik, maka aktivitas burung cendet pun juga akan baik dan berjalan lancar sekaligus kualitas suara kicauannya. Tapi, bagaimana jadinya jika nafsu makan burung cendet menurun? Jika burung cendet tidak mau makan dan dibiarkan terlalu lama burung cendet akan sakit dan bahkan bisa mengalami kematian. Kehilangan nafsu makan pada burung cendet bukan terjadi begitu saja, pasti ada faktor penyebabnya.

Sebagai pemilik burung cendet, kalian harus mengetahui faktor penyebab cendet tidak mau makan tersebut. Baiklah, sebelum membahas cara mengatasi burung cendet yang tidak nafsu makan. Sebaiknya kalian mengetahui terlebih dahulu penyebab burung cendet tidak nafsu makan, berikut penjelasannya.


Penyebab Cendet Tidak Nafsu Makan

Penyebab burung cendet tidak nafsu makan mungkin bisa saja berbeda dari burung cendet lainnya. Burung cendet tidak nafsu makan mungkin saja disebabkan karena kesalahan dalam perawatan, sehingga burung cendet yang awalnya sehat mendadak malas makan.

Ketika burung cendet tidak nafsu makan, maka kualitas burung cendet tersebut juga bisa menurun. Karena burung cendet mudah lemas, tidak aktif dan malas berkicau. Berikut ini penyebab burung cendet menjadi tidak nafsu makan, antara lain:
  1. Memberikan voer yang memiliki bau menyengat dan memiliki warna yang terlalu cerah, karena hal tersebut tidak biasa dilihat burung cendet.
  2. Burung cendet sedang ngedrop mental, mungkin saja mentalnya ngedrop karena kalah lomba atau diserang hewan lain seperti kucing, tikus, anjing dan hewan lainnya.
  3. Bisa juga burung cendet kelebihan makanan yang mengandung protein, sebab jika mengkonsumsi makanan yang mengandung protein terlalu banyak  dapat menganggu pencernaan dan membuat tidak selera makan.
  4. Biasanya burung cendet terkena bakteri atau parasite karena sangkar yang tidak pernah dibersihkan dan sangat kotor.
  5. Pakan burung cendet dan air minum yang sudah terkontaminasi jamur.
  6. Burung cendet telah mengkonsumsi makanan yang sudah basi dan juga berbau menyengat.
  7. Burung cendet juga mengkonsumsi serangga yang mengandung racun.
  8. Burung cendet kehilangan nafsu makan mungkin karena sedang sakit.
  9. Jika burung baru saja dibeli atau hasil tangkapan, mungkin sedang beradaptasi dengan lingkungan barunya.
  10. Burung cendet sedang beradaptasi dengan pakan barunya.
Jika burung cendet kalian tidak nafsu makan karena disebabkan oleh beberapa faktor tersebut, maka kalian harus segera mengatasinya. Untuk cara mengatasi burung cendet tidak mau makan jangkrik, bisa kalian simak dibawah ini.

Cara Mengatasi Cendet Tidak Nafsu Makan

  1. Memberikan tambahan multivitamin yang dicampurkan dengan air minum burung cendet.
  2. Memberikan buah-buahan yang sangat disukai burung cendet, seperti buah papaya yang manis.
  3. Jangan lupa memberikan ekstra fooding seperti jangkrik.
  4. Memberikan pakan voer yang berkualitas, dan jangan lupa untuk selalu memperhatikan kebersihannya dan gantilah voer yang tidak dihabiskan. Jangan membiarkan voer terlalu lama berada dalam mangkuk pakan.
  5. Setiap hari lakukan terapi pada burung cendet di tempat yang nyaman, sejuk, hangat dan tenang.
Demikianlah beberapa cara untuk mengatasi burung cendet yang tidak nafsu makan. Jangan lupa untuk memahami dengan benar beberapa penyebab burung cendet tidak nafsu makan diatas. Sekian artikel kali ini, terima kasih sudah berkunjung. Salam Cendet Mania!




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url