Manfaat Kerodong Untuk Burung Cendet

 

Manfaat Kerodong Untuk Burung Cendet

Manfaat Kerodong Untuk Burung Cendet - Pada kesempatan kali ini saya akan membahas manfaat kerodong untuk burung cendet. Sebagai pecinta burung atau bisa disebut dengan kicau mania, pastinya anda sudah tahu bahwa kerodong sudah menjadi salah satu bagian perlengkapan yang tidak bisa dipisahkan dari burung cendet atau burung kicau lainnya. Karena ketika anda memiliki burung kicauan, kain kerodong sangatlah diperlukan untuk properti perawatan burung berkicau. 

Jika anda adalah kicau mania yang sudah lama menggeluti dunia burung kicau, pastinya sudah tidak asing lagi degan kerodong. Kerodong adalah sebuah kain yang fungsinya untuk menutupi seluruh bagian luar sangkar burung. Tujuan menutupi sangkar burung menggunakan kerodong adalah untuk melindungi burung cendet dari gangguan lingkungan luar yang bisa menyebabkan stres pada burung cendet. 

Kain kerodong atau penutup sangkar sudah banyak terjual di kios-kios burung. Dan saat ini banyak sekali berbagai macam warna dan corak kerodong. Berbagai macam warna yang bervariasi terlihat sangat menarik, sehingga tidak terlihat monoton dengan warna hitam saja. Kerodong ini sangat banyak digunakan oleh pecinta burung.

Kerodong wajib dimiliki oleh sobat kicau, sebenarnya apa saja sih manfaat kerodong untuk burung cendet? Mengapa kerodong dianggap penting oleh pecinta kicau mania? Jika anda penasaran dengan manfaat kerodong untuk burung cendet, simak penjelasan berikut ini.


Berikut Manfaat Kerodong Untuk Burung Cendet

1. Menjaga burung cendet dari gangguan hewan predator

Hewan predator itu bukan berarti hewan yang lebih besar dan lebih kuat dari burung cendet peliharaan anda. Ada beberapa hewan kecil jika mereka masuk dalam sangkar dapat dipastikan membunuh burung kesayangan anda, contohnya seperti kepik. 

Burung cendet yang makan kepik, bisa saja mengalami kematian. Karena kepik mengandung banyak racun dalam tubuhnya. Untuk mencegahnya gunakanlah kain kerodong sebagai penutup agar hewan-hewan tersebut tidak bisa masuk ke dalam sangkar. Sehingga anda tidak perlu khawatir dan burung pun juga akan merasa nyaman.

2. Dapat menghangatkan suhu dalam sangkar burung

Dengan menjemur burung dalam sangkar adalah suatu perawatan yang baik untuk membuat burung menjadi sehat dan segar setiap waktu. Namun di kala suhu mulai dingin, anda perlu menghangatkan suhu sangkar agar burung tidak merasa kedinginan. Anda bisa menjemur burung cendet dalam sangkar menggunakan tambahan kerodong untuk mempercepat proses pemanasan dan juga penghangatan suhu dalam sangkar.

3. Menjadi hiasan dan dekorasi sangkar

Kerodong adalah kain yang berfungsi untuk menutupi sangkar. Kerodong tidak semua berwarna hitam, saat ini banyak sekali berbagai macam warna dan corak yang menarik. Hal utama yang menjadi patokan manfaat dari penggunaan kerodong adalah dengan menjadikan hiasan atau dekorasi sangkar. Dengan begitu menambah nilai estetika dan keindahan yang dimilki sangkar tersebut.

4. Menjaga burung supaya tidak stres

Manfaat kerodong burung yang utama yaitu dapat mencegah burung mengalami stres. Terkadang burung memiliki kebiasaan seperti manusia yaitu mudah stres. Burung bisa saja menjadi stres apabila mereka merasa tertekan berada di lingkungan barunya. 

Maka dengan menggunakan kerodong dapat membantu burung cendet terhindar dari gangguan lingkungan sekitarnya yang menyebabkan stres. Oleh karena itu burung cendet akan semakin nyaman dalam sangkarnya dan merasa bebas.

5. Dapat mencegah burung kepanasan dan merasa tidak nyaman saat di bawa kemanapun

Manfaat yang banyak dirasakan saat menggunakan kerodong adalah dapat menjadi penutup sangkar saat burung cendet dibawa keluar rumah menggunakan sepeda motor. Hal ini bisa mencegah burung cendet merasakan kepanasan dan terganggu oleh kendaran yang berlalu-lalang saat keliling kota. Selain itu, dengan adanya kerodong suhu dalam sangkar pun akan menjadi stabil. Dengan begitu burung cendet akan semakin lebih nyaman saat dibawa keliling kota. 

Penutup

Jadi, itulah manfaat kerodong untuk burung cendet. Sebenarnya masih banyak manfaat lainnya yang bisa anda ketahui. Dengan menggunakan kerodong pastinya burung akan merasa nyaman, aman berada dalam rumah atau berada di lingkungan baru dan dapat terhindar dari hewan predator lain. Sekian artikel kali ini semoga penjelasan diatas dapat dipahami dan berguna untuk anda semuanya, sampai jumpa di artikel selanjutnya!




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url