Cara Cepat Mengatasi Burung Cendet Sesak Nafas

cara mengatasi burung cendet sesak nafas

Cara Mengatasi Burung Cendet Sesak Nafas - Jumpa lagi dengan saya di blog bang parid. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara mengatasi burung cendet sesak nafas. Penjelasan yang termuat dari buku (Aneka permasalahan burung dan ayam hias) hasil terbitan penebar swadaya, dokter hewan senior pernah mengatakan bahwa beliau tidak dapat menentukan penyebab burung sesak nafas karena untuk mengetahui hal tersebut perlu dilakukan pengujian-pengujian seperti feses, ingus dan autopsy.

Namun berdasarkan tanda yang dijelaskan oleh pemilik burung, menurut dokter kemungkinan burung cendet sedang terkena penyakit psittacosis atau bronchitis infeksiosa (radang saluran pernafasan) dan juga bisa asma paru-paru. Kedua penyakit tersebut bisa menular, tapi penyakit terakhir tidak karena itu hanyalah alergi yang menyebabkan anak burung sesak nafas.

Jika ciri-ciri diatas sama dengan gejala burung cendet milik teman-teman, mulai sekarang coba perhatikan lingkungan sekitar burung. Karena akhir-akhir ini banyak pembangunan rumah, hujan deras, dan angin kencang yang membawa banyak debu berterbangan. Biasanya juga terjadi karena setelah mandi burung tidak segera dikeringkan, ditambah keadaan udara yang panas dan pengap, sangkar digantung dekat dengan atap semua masalah tersebut menyebabkan stres yang diperlihatkan sebagai asma.

Dalam masalah seperti itu, ada baiknya jika teman-teman memberikan madu. Karena madu dapat memberikan energi pada burung cendet untuk menjaga kekebalan tubuhnya. Selain itu, vitamin dan mineral yang terdapat pada madu dapat dicerna dengan baik. Berikanlah penanganan yang cepat dan tepat, jika sampai memberikan penanganan yang salah bisa-bisa burung cendet akan mati. Sering terjadi kesalahan dalam penanganan cendet sesak nafas.

Salah satunya dari cara memegang, terkadang saat sesak nafas pemilik masih memegang burung dibagian dadanya. Hal ini malah membuat burung kesulitan bernafas yang semakin parah, karena terdapat lendir dalam mulutnya yang menghambat pernafasan cendet.

Selain itu perhatikan juga waktu pemberian madunya, madu yang kental ditambah lendir yang kental pula malah akan menambah hambatan dan jalan pernafasan burung obat alami burung sakit. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Jangan khawatir, dibawah ini ada beberapa cara mengatasi burung cendet sesak nafas. 

Cara Mengobati Cendet Sesak Nafas

  1. Pertama yang harus teman-teman lakukan adalah melihat kondisi lingkungan sekitar. Jika sekiranya ada tanda-tanda cuaca buruk yang menjadi penyebab adanya angin kencang, cuaca buruk dan bahkan lingkungan sekitar yang sedang merenovasi bangunan akan membawa banyak debu. Apalagi suhu sekitar yang semakin panas dan pengap, selain itu memandikan burung cendet terlalu lama juga dapat menyebabkan sesak nafas. Jika bisa jangan menaruh kurungan atau sangkar dengan atap rumah karena burung cendet bisa mengalami stres dan sesak.
  2. Selama burung cendet mengalami sesak nafas, teman-teman harus melakukan pengrodongan pada burung cendet. Boleh juga memberikan koran yang fungsinya untuk dijadikan selimut atau alas ketika angin kencang. Teman-teman juga bisa memberikan penghangat dengan memasang lampu pada sangkar burung cendet.
  3. Selanjutnya ambil lah air hangat lalu bisa teman-teman letakkan pada sudut kurungan yang tidak tertutup. Teman-teman boleh juga menambahkan minyak angina tau telon ke dalam cawan supaya dapat terhirup oleh burung dan melegakan tenggorkannya ciri ciri burung sakit.
  4. Jika gejala sesak nafas pada burung sudah menghilang. Bersihkan lendir pada mulut hingga palatumnya menggunakan kapas yang steril dan juga di sector lubang hidung. Kemudian teman-teman boleh meneteskan madu dan air oralit agar burung mendapatkan energi.
  5. Pemberian madu berfungsi untuk memberikan energi pada burung cendet. Karena madu memiliki kandungan vitamin dan mineral yang mudah dicerna oleh tubuh obat alami burung megap-megap. Namun jangan gegabah tetap dilakukan dengan benar, jika salah dalam penanganan burung bisa saja mati.
Demikian itulah beberapa cara mengatasi burung cendet yang sesak nafas. Jangan lupa untuk memberikan penanganan yang baik dan tepat supaya burung cendet tidak mati. Sekian artikel kali ini, untuk pertanyaan dan request boleh tulis dikolom komentar. Terima kasih sudah berkunjung, sampai jumpa di artikel selanjutnya!




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url