Cara Mengatasi Burung Cendet Macet Bunyi Setelah Mabung

 CARA MENGATASI CENDET MACET BUNYI SETELAH MABUNG

Cara Mengatasi Cendet Macet Bunyi Setelah Mabung - Halo sahabat kicau mania! Jumpa lagi dengan saya di blog yang paling fenomenal yaitu blog Bangparid. Di blog ini banyak mengulas seputar burung kicau ya, jadi buat anda yang lagi cari informasi mengenai burung kicau kunjungi aja website Bangparid. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara mengatasi cendet macet bunyi setelah mabung.

Bagi orang yang baru pertama kali memelihara burung cendet, pastinya akan merasa kebingungan jika burung cendet peliharaannya mengalami macet bunyi. Apalagi burung cendet tersebut baru saja dibeli dengan harga yang lumayan mahal. Namun, jika burung cendet dipelihara sejak masih trotolan harusnya dilatih dengan suara masteran agar saat dewasa nanti bisa mempunyai kicauan yang lebjh bervariasi.

Tapi, sayangnya saat ini juga banyak burung cendet dewasa yang mengalami macet bunyi. Dan masalah ini selalu tejadi setelah masa mabung. Burung cendet memang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Sehingga mereka akan lebih tertarik dengan suara-suara yang ada di sekitarnya. Dan karena itulah mengapa burung cendet membutuhkan suara masteran, agar nanti mempunyai suara kicauan yang lantang, unik dan bisa mengatasi cendet stres akibat sangkar jatuh.

Baca Juga: Harga Burung Cendet 2022 Terbaru

Suara masteran tersebut bisa anda dapatkan di youtube, mp3 atau menggunakan suara burung kicau asli. Jika burung cendet sudah dimaster sejak dini, maka burung cendet akan keluar suara ngriwiknya dan sesekali ngeplong. Tapi, biasanya setelah berganti dengan bulu dewasa burung cendet akan mulai jarang berbunyi dan dan bahkan bisa saja mendadak macet bunyi.

Namun, anda tidak perlu khawatir semua bisa diatasi dengan cara yang tepat. Di bawah ini ada beberapa cara mengatasi cendet stres karena pindah sangkar. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan pentet malas bunyi selengkapnya.

Terapi Cendet Macet Bunyi Pasca Mabung

  • Perawatan pengembunan pada burung kicau salah satunya burung cendet memang sangat perlu dilakukan. Pengembunan itu pasti ada disetiap tips dan trik perawatan burung cendet. Untuk burung cendet yang macet bunyi setelah mabung, pengembunan cendet mabung harus dilakukan secara rutin setiap hari sebelum matahari terbit.
  • Jika pengembunan sudah selesai dilakukan dan matahari sudah mulai terbit dan bersinar, berikanlah 2 sampau 3 ekor jangkrik untuk burung cendet agar cara mengatasi cendet nyekukruk.
  • Setelah itu, mandikan burung cendet di bak keramba dengan cara di semprot menggunakan sprayer.
  • Pada saat burung cendet diangin-anginkan atau dikeringkan bulunya, jangan lupa berikanlah voer halus yang berkualitas. Lalu campurkan dengan satu sendok makan kroto yang bersih dan segar. Jika semua sudah tercampurkan, lalu aduk-aduk semuanya hingga merata.
  • Bisa juga anda berikan multivitamin seperti Bridvit ke dalam cepuk air minumnya. Bridvit tersebut mengandung zat yang dapat membantu menenangkan burung cendet yang stress dan kurang kondisi. Sehingga nantinya burung cendet akan cepat pulih dan rajin berbunyi.
  • Kemudian lakukan lagi penjemuran sekitar 2 jam, namun jangan sampai melebihi jam 10.00 siang.
  • Jika penjemuran sudah selesai, langkah selanjutnya adalah mengganti cepuk yang sudah dicampurkan dengan multivitamin dengan air putih biasa. Hal ini bertujuan untuk menjaga multivitamin agar tidak rusak ketiak terkena sinar matahari.
  • Pada siang hingga sore harinya, burung cendet harus di letakkan di tempat yang teduh. Dan jangan lupa berikan pakan tambahan berupa 3 sampai 4 ekor jangkrik dan 5 ulat hongkong, jangan sampai burung sakit tidak mau makan.
  • Jangan lupa masukkan lagi air minum yang sudah dicampuri multivitamin tadi.
  • Sore harinya, burung cendet harus dipancing dengan bunyi suara terapi.
  • Jika dibutuhkan, malam harinya burung cendet bisa melakukan terapi mandi malam agar tidak terjadi cendet bunyi hanya pagi hari saja.
Itulah beberapa cara mengatasi burung cendet macet bunyi setelah mabung. Pada dasarnya proses pemasteran memang sangat mudah dilakukan. Apalagi bagi sahabat kicau yang sudah lama menggeluti dunia burung, hal ini pasti dianggap sangat gampang. Tetapi, perlu diketahui sekali lagi bahwa menerapkan pemasteran harus sesuai dan dengan kondisi yang tepat. Oleh karena itu, anda harus memahami dan mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melakukan pemasteran.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url