Cara Jitu Merawat Burung Cendet Macet Bunyi Pasca Mabung

CARA MERAWAT CENDET MACET BUNYI PASCA MABUNG

Cara Merawat Cendet Macet Bunyi Pasca Mabung - Halo sobat kicau mania! Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara merawat cendet macet bunyi pasca mabung. Merawat burung cendet memang tidak mudah, namun menurut penghobi burung kicau memelihara burung harus dilakukan dengan sepenuh hati.

Dengan begitu setiap proses yang sobat lalui tidak akan terasa berat. Selain merawat dengan sepenuh hati, sobat juga harus belajar menyayangi burung cendet peliharaan. Buatlah mereka jinak saat bertemu dengan sobat, sehingga kalau sudah jinak memberikan perawatan dapat dengan mudah dilakukan.

Mungkin bagi pemula atau orang yang baru pertama kali memelihara burung cendet, belum begitu paham dengan perawatan dan keperluan lainnya. Sehingga terkadang, jika burung cendet terkena masalah mereka merasa kebingungan sendiri.

Tidak dapat dipungkiri bahwa merawat burung kicau selalu ada saja kendalanya, salah satu kendala yang sering menyerang burung cendet adalah macet bunyi pasca mabung. Hal tersebut sering kali terjadi pada burung cendet setelah melewati masa mabung. Kasus seperti ini sudah banyak dialami oleh kicau mania senior.

Baca Juga: Ramuan Untuk Cendet Macet Bunyi

Burung cendet mendadak macet bunyi setelah mabung. Tetapi sobat tidak perlu khawatir sebab setiap masalah yang menyerang burung cendet atau burung kicau lainnya pasti ada saja cara untuk mengatasinya. Kali ini saya akan membagikan informasi tentang cara merawat cendet macet bunyi pasca mabung. Jika sobat penasaran dengan cara-caranya, simak pembahasannya dibawah ini.

Cara Mengatasi Cendet Macet Bunyi dan Salto

1. Lakukan terapi mandi malam

Untuk mengatasi burung cendet macet bunyi sebenarnya sangat mudah, solusi pertama yaitu dengan melakukan metode terapi mandi malam. Terapi mandi malam sering dilakukan para senior kicau mania untuk cendet yang macet bunyi, stres dan lain sebagainya. Selain itu perawatan ini juga sudah terbukti ampuh untuk mengatasi berbagai masalah yang dialami cendet.

Memandikan burung cendet di malam hari cukup mudah, hanya dengan menyemprotkan air pada tubuhnya hingga bulunya terlihat basah itu sudah cukup. Memandikannya harus dilakukan pada jam 7 sampai jam 9 malam, usahakan jangan lebih dari itu sebab udara semakin dingin.

Setelah dimandikan jangan lupa untuk diangin-anginkan terlebih dahulu. Kemudian lanjut diberikan ekstra fooding berupa jangkrik, lalu dikerodong kembali sampai beberapa hari kedepan dan dibuka saat memberi makan saja. Terapi cendet macet bunyi pasca mabung ini bisa sobat lakukan hingga burung cendet normal kembali.

2. Rutin melakukan pengembunan pada cendet

Cara cara merawat cendet liar agar cepat bunyi selanjutnya yaitu melakukan perawatan pengembunan pada burung cendet. Pengembunan memang penting untuk dilakukan, sebab sudah menjadi salah satu rangkaian perawatan harian yang harus dijalani burung cendet. Melakukan pengembunan sangat bagus untuk cendet, banyak manfaat yang bisa sobat dapatkan ketika mengembunkan burung cendet.

Udara pagi masih sangat sejuk dan segar, sehingga dapat meningkatkan semangat burung cendet untuk gacor dan berkicau. Pengembunan ini baiknya dilakukan sebelum matahari terbit, agar burung cendet dapat merasakan kesegarannya lebih baik gantung burung dibawah pohon. Tetapi jika tidak ada pohon di dekat rumah, gantung saja di teras rumah.

3. Gantang cendet di tempat sepi

Mengatasi burung cendet macet bunyi selanjutnya yaitu dengan membawa burung ke tempat yang lebih sepi. Usahakan pada tempat tersebut burung cendet tidak mendengar suara kicauan burung lain. Terutama suara burung cendet sejenis, apabila sampai terjadi hal tersebut maka cendet sobat akan menjadi stres dan macet bunyi semakin parah.

4. Memberikan ekstra fooding yang cukup

Memberikan makanan untuk cendet macet bunyi berupa ekstra fooding seperti jangkrik, kroto atau bahkan ulat hongkong juga dapat mengatasi burung cendet macet bunyi. Cara ini dilakukan untuk membuat burung cendet merasa senang dan puas karena diberi makanan kesukaannya.

Pemberian ekstra fooding ini tanpa batas, berikanlah hingga burung cendet merasa puas dan kenyang. Cendet sangat menyukai serangga jadi mereka akan menghabiskannya, selain itu EF juga dapat mengatasi cendet macet bunyi dan miyik.

5. Lakukan pemasteran pada cendet

Cara terakhir yaitu melakukan pemasteran, dengan melakukan pemasteran pada burung cendet bisa menjadi solusi mengatasi macet bunyi. Pemasteran sebaiknya dilakukan saat burung cendet sedang istirahat, supaya lebih fokus dan bisa mengingat suara masteran tersebut.

Usahakan saat memulai masteran burung cendet dikerodong terlebih dahulu. Saat memutar masteran volume sedang saja, jangan terlalu keras agar burung dapat mendengarkannya dengan jelas.

Akhir Kata

Demikianlah cara mengatasi cendet macet bunyi pasca mabung. Cara diatas bisa sobat lakukan selama beberapa hari hingga kembali normal. Memang agak lama untuk mengatasi cendet bisu total, tetapi jika dilakukan secara konsisten pasti akan memberikan hasil yang maksimal.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url