Cara Mencabut Ekor Burung Cendet Dengan Benar

CARA MENCABUT EKOR CENDET

Cara Mencabut Ekor Cendet - Menjaga bulu ekor burung cendet agar tetap utuh memanglah tidak mudah. Apalagi burung cendet yang dipelihara adalah burung cendet hasil dari tangkapan hutan yang pastinya masih sering nglabrak atau giras, menabrak jeruji sangkar, dan bahkan salto.

Tidak hanya burung cendet hasil tangkapan saja, tetapi burung cendet yang sudah jinak terkadang juga masih melakukan hal yang sama sampai ekornya juga sering rusak. Burung cendet yang awalnya jinak menjadi giras biasanya disebabkan karena burung cendet sedang mengalami over birahi. Selain itu, burung cendet yang sering mengalami macet mabung ekorya juga sering rusak dan patah-patah.

Dalam hal ini mungkin saja bulu ekor burung cendet tidak dapat rontok dengan sempurna karena tidak tahu berapa lama ekor cendet tumbuh setelah dicabut. Maka dari itulah kalian harus segera memberikan penanganan untuk cendet dengan mencabuti bulu ekornya. Dalam hal ini yang diharapkan semoag ekor burung cendet dapat kembali utuh seperti semula.

Baca Juga: Rekomendasi Voer Burung Cendet yang Bagus

Mungkin memang benar, bulu ekor burung cendet memanglah masalah utama dari semua bulu burung karena paling susah tercabut. Sehingga membutuhkan penanganan khusus dengan melakukan pencabutan paksa oleh pemilik burung. Pada umumnya burung cendet akan cabut bulu sekali dalam setahun yaitu pada saat cendet ngurak.

Cara Mencabut Bulu Ekor Burung Cendet

Pada saat waktu mabung, burung cendet tidak berganti bulu ekor. Permasalahan yang paling ditakuti kicau mania adalah saat cendet tidak tumbuh ekor atau dalam pertumbuhan ekor, cendet tidak dapat bertanding dengan maksimal. Sehingga prestasi yang didapatkan akan semakin menurun karena tidak tahu cara menumbuhkan ekor cendet yang patah.

Pada saat itulah banyak yang menanyakan bagaimana cara mencabut bulu ekor burung yang benar? Apakah aman cabut ekor cendet trotol secara paksa? Simak penjelasannya dibawah ini, agar kalian mengetahui bagimana cara mencabut bulu ekor burung cendet dengan benar serta tips, trik, dan manfaat mencabut bulu ekor burung.
  1. Sediakanlah jangkrik sekitar 15 ekor yang sudah dilepas kakinya.
  2. Kalian pameri burung cendet dengan ekor jangkrik supaya burung nguber dan pada saat ekornya mengeluarkan ruji segera kalian cabut. Pencabutan yang kalian lakukan harus bertahap, jangan semuanya. Karena bisa saja terbanting dan menimbulkan masalah baru. Pencabutan harus dilakukan secara cepat untuk mengurangi rasa sakit.
  3. Jika bulu ekor burung cendet sudah berhasil tercabut, sembunyikanlah bulunya jangan sampai cendet mengetahui bahwa bulu ekornya tercabut. Agar burung cendet tidak menyadari perbuatan majikannya.
  4. Selanjutnya berikanlah cendet jangkrik satu buah saja sebagai hadiah. Hal ini sangat penting dilakukan untuk mengurangi stres pada burung cendet. Lakukanlah cara tersebut sampai bulu ekornya habis. Bulu ekornya burung cendet sekitar 12 helai, oleh sebab itu kalian menyediakan 15 jangkrik dan sisa 3 jangkrik sebagai hadiah.
  5. Usahakan jangan menghabiskan bulu ekornya pada saat itu juga. Jadi, tunda pencabutan lalu ulangi di hari berikutnya.
  6. Apabila burung cendet mengetahui hal ini dan terbiasa lalu menjauhi ruji, maka lepaskan semua pangkringan yang membuatnya bergantung pada ruji.

Tips dan Trik Mencabut Bulu Ekor Burung Cendet

Mencabut bulu ekor cendet saat ngurak

Mencabut bulu ekor burung cendet sebaiknya dilakukan pada saat ngurak. Dan juga pada saat bulu burung cendet jatuh serta rontok. Hal ini bertujuan supaya bulu ekor burung cendet dapat bertumbuh kembali dan hingga selesai full. Saat masa nguraknya sudah selesai dapat dipastikan bulunya tidak akan rusak. Mencabut bulu ekor burung cendet bertujuan untuk mempercepat rontoknya bulu dan masa ngurak.

Ketahui masa ngurak burung cendet

Sebagai pemilik kalian harus hafal masa ngurak burung cendet. Pada saat burung cendet ngurak sebaiknya perlu dicatat. Karena masa ini biasanya rutin terjadi setiap setahun sekali. Jika burung cendet tidak mengalami pergantian atau perubahan yang besar dari lingkungannya maka ngurak akan terjadi setiap tahun di bulan yang sama. Inilah pentingnya mengetahui masa ngurak burung cendet.

Penutup

Demikianlah tips dan trik tentang cara mencabut ekor cendet. Cara diatas bisa kalian lakukan dirumah dengan sabar. Jangan dilakukan sekaligus pada hari itu juga, jadi kalian harus benar-benar memahami masa ngurak cendet dan memang membutuhkan kesabaran. Hal tersebut supaya bulu ekor burung cendet dapat tercabut semuanya tidak ada efek mencabut ekor cendet dan bisa tumbuh dengan cepat.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url