Burung Kacer Giras Sebaiknya Dikerodong Atau Tidak? Simak Ulasannya

KACER GIRAS SEBAIKNYA DIKERODONG ATAU TIDAK

Kacer Giras Sebaiknya Dikerodong Atau Tidak? - Hai sahabat kacer mania! Pada kesempatan kali ini saya akan membahas seputar pertanyaan tentang burung kacer yaitu kacer giras sebaiknya dikerodong atau tidak? Pertanyaan tersebut banyak ditanyakan oleh kicau mania pemula. Wajar saja mereka bertanya karena  memang baru belajar dan masih awam dengan dunia burung kicau.

Oleh sebab itu, kali ini saya berinisiatif untuk membahasnya. Saya harap dengan adanya pembahasan ini para kicau mania pemula akan mengerti. Merawat burung kacer memang tidak semudah yang dibayangkan. Sebagai pemilik memang harus ekstra sabar ketika merawatnya. Apalagi merawat burung kacer yang giras.

Penyebab burung kacer giras ini sebenarnya ada banyak sekali. Oleh karena itu kalian harus mengerti dan mengetahui penyebabnya dan cara mandi malam untuk kacer giras. Jika suatu saat terjadi pada kalian, maka bisa mengatasinya dengan mudah karena mengetahui penyebab dan cara memberikan tangkringan kacer giras.

Burung kacer giras biasanya terjadi ketika baru saja ditangkap dari hutan. Burung kacer yang didapatkan dari hasil tangkapan liar memang membutuhkan adaptasi yang cukup lama. Sehingga pada saat itu kalian harus ekstra sabar dalam merawatnya hingga burung kacer tersebut bisa semakin jinak dan dekat dengan kalian.

Menjinakkan burung kacer sebenarnya juga cukup mudah jika mengetahui triknya. Jadi, kalian harus pandai mencari informasi pada teman sekomunitas tentang cara menjinakkan burung kacer tersebut. Tapi apa jadinya jika burung kacer yang sebelumnya jinak menjadi giras? Maka kalian perlu mengetahui cara menaikan birahi kacer giras.

Baca Juga: Perawatan Kacer Giras Untuk Lomba

Apabila masalah seperti itu, cara yang harus kalian lakukan adalah mencari tahu penyebab awalnya. Karena dalam kasus tersebut yang menyebabkan burung kacer jinak menjadi giras adalah adanya kesalahan dalam perawatan, sebab hal itu merupakan pantangan burung kacer.

Burung kacer giras tidak boleh dibiarkan begitu saja. Apabila tidak segera di tangani, burung kacer akan semakin galak dan saat kalian dekati cenderung menjauh. Namun ketika burung kacer giras sebaiknya dikerodong atau tidak? Penjelasan lengkapnya, simak dibawah ini.

Kacer Giras Sebaiknya Dikerodong Atau Tidak?

Sebenarnya semua orang mengetahui manfaat kerodong untuk burung kacer. Memberikan kerodong untuk burung kicau akan dapat melindunginya dari gangguan hewan predator lain. Selain dengan melindungi dari gangguan, dengan mengrodong burung kacer dapat memberikan rasa aman dan nyaman saat istirahat.
 
Selain itu ketika malam hari burung kacer akan merasa hangat ketika dikerodongi sangkarnya. Banyak sekali manfaat kerodong untuk burung kacer dan burung kicauan lainnya. Bahkan kerodong ini selalu digunakan dalam setiap acara perlombaan, sebab sebagai salah satu cara mengatasi kacer giras dan macet bunyi.

Dengan begitu pastinya kalian sudah tahu betapa pentingnya kerodong untuk burung kacer. Kain kerodong untuk burung kacer pemula yang belum terbiasa dikerodong, baiknya menggunakan kain yang berwarna cerah. Mengapa harus berwarna cerah? Sebab burung kacer masih bisa melihat keadaan sekitar melalui pori-pori dalam kain kerodong tersebut.

Selain digunakan untuk malam hari, kain kerodong juga bisa sering digunakan untuk penjemuran burung kacer. Metode penjemuran kerodong ini bermanfaat untuk meningkatkan birahinya agar cepat panas dan emosi. Namun kebanyakan metode penjemuran kerodong dilakukan untuk burung kacer tipe dingin.

Jika dilihat dari banyaknya manfaat yang diberikan dari mengkrodong burung kacer dan kacer tidak dikerodong malam hari. Apakah saat burung kacer giras perlu dikerodong? Burung kacer yang giras, sebaiknya pada malam hari jangan dikerodong.

Tempatkanlah di ruangan yang selalu digunakan untuk beraktivitas anggota keluarga kalian. Ruangan yang biasanya digunakan seperti ruang tamu atau ruang keluarga yang biasanya sering digunakan untuk berkumpul dengan keluarga. Hal ini bertujuan untuk membuat burung kacer terbiasa dengan adanya manusia disekitarnya.

Akhir Kata

Itulah ulasan tentang pertanyaan kacer giras sebaiknya dikerodong atau tidak. Jadi, semuanya jelas kan bahwa kerodong memang memiliki manfaat yang banyak dan bagus untuk menjaga keamanan burung kacer dalam sangkar. Tapi tidak semua permasalahan yang dialami burung kacer bisa diperbolehkan menggunakan kain kerodong, oleh karena itu kalian harus memahami karakter burung kacer.




Muchammad Farid

Saya adalah seorang Influencer dan Content Creator di bidang Media Online

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama