Burung yang Cocok Buat Teman Burung Kacer di Rumah

BURUNG YANG COCOK BUAT TEMAN KACER

Burung yang Cocok Buat Teman Kacer - Halo sahabat kicau mania! Pernahkah kalian mendengar pertanyaan jenis burung apa yang cocok menjadi teman burung kacer? Mungkin sebagian orang bertanya, jenis burung apakah yang cocok dipelihara satu rumah dengan burung kacer. Hal ini dikarenakan terkadang pemilik memiliki peliharaan burung kicau lebih dari satu jenis yang berbeda.

Karena itulah mereka bertanya untuk memastikan bahwa burung kacer dapat dipelihara bersama jenis burung kicau lainnya. Pertanyaan seperti ini sebenarnya belum mendapatkan jawaban yang pasti. Karena suara kacer yang bagus adalah burung kicau tipe fighter yang cenderung menyerang bila bertemu burung kicau lain.

Jadi untuk dipelihara dalam satu rumah kemungkinan masih menuai pro dan kontra dari kicau mania. Merawat burung kicau memang tidak mudah, apalagi berbagai jenis dikumpulkan dalam satu rumah. Karena setiap jenis burung kicau mempunyai karakter dan sifatnya masing-masing. Oleh sebab itu segala perawatan tidak dapat disamakan.

Apalagi yang dipelihara adalah burung kicau berjenis kelamin jantan semua. Tentunya sangat sulit sekali untuk menyatukan mereka hidup berdampingan satu sama lain. Untuk itu jika kalian sekarang ini memiliki burung kicauan jenis lain dirumah dan berencana untuk merawat burung kacer, sebaiknya pikirkan matang-matang.

Agar suatu saat tidak terjadi hal yang tidak diinginkan pada burung kacer peliharaan. Saya pernah membaca beberapa postingan di salah satu akun facebook komunitas kacer mania. Jika kalian memelihara burung kicau dalam satu rumah, sebaiknya pisahkan jangan dijadikan dalam satu ruangan. Sebab hal itu dapat memengaruhi kualitas kicauan burung kacer kalian.

Apalagi burung kacer yang kalian jadikan bahan lomba. Tentunya saat didekatkan, bukan hanya emosinya naik namun juga dapat menirukan suara kicauannya. Maka dari itu, untuk mengetahui boleh tidaknya merawat burung fighter dalam satu rumah. Simak penjelasan lengkapnya dibawah ini, karena ada beberapa tips juga yang mungkin bermanfaat untuk kalian.

Apa Burung yang Cocok Untuk Teman Kacer?

Perlu kalian ketahui, bahwa burung fighter adalah yang berjenis kelamin jantan. Sudah sejak lama burung kicau fighter menjadi kebanggan kicau mania. Mengapa memilih burung fighter berjenis kelamin laki-laki? Karena menurut kicau mania, burung fighter haruslah yang berjenis kelamin jantan.

Sebab dapat membawa wibawa dan mampu bertarung secara profesional. Selain itu burung kacer fighter jantan akan terlihat lebih garang dan galak serta dengan gaya tarungnya yang menawan dan indah dipandang. Lalu, burung yang tidak boleh dekat dengan kacer?


Jenis burung kicau fighter menurut kicau mania adalah burung kacer, burung murai batu, burung cendet, burung ciblek dan burung tledekan. Lalu, apakah mistik burung kacer benar burung-burung fighter tersebut tidak bisa tinggal serumah?

Menurut beberapa pernyataan dari kicau mania senior, mereka sangat pantang sekali menempatkan burung kicau fighter yang sejenis maupun beda jenis dalam satu rumah atau satu ruangan yang sama. Hal ini dikarenakan, burung fighter tersebut dapat merusak mental burung kicau lainnya. Sehingga burung kicau tersebut menjadi macet bunyi dan tidak mau berkicau seperti biasanya.

Namun pernyataan burung kacer tanpa kerodong tidaklah mutlak, sebab ada juga kicau mania yang memelihara burung fighter dalam satu rumah bahkan sejenis. Mungkin hal ini dikarenakan setiap burung memiliki pola perawatan yang tidak sama dan masteran kacer terbaik.

Jadi kalau perawatannya disamakan semua maka akan menjadi efek yang tidak baik untuk kedepannya. Namun pada burung buat gesekan kacer, ada beberapa tips yang bisa kalian lakukan agar bisa memelihara burung fighter dalam satu rumah. Berikut ini adalah beberapa tips memelihara burung kacer lebih dari satu:
  • Ketika kalian memiliki burung figter sejenis atau tidak sejenis lebih dari 2, jangan digantung terlalu dekat. Usahakan burung kacer dikerodong saat dalam satu ruangan dan tidak saling menatap.
  • Jika bisa tempatkan burung kacer diruangan yang berbeda, misalnya burung satunya ditempatkan di ruangan depan dan lainnya ditaruh belakang.
  • Apabila ruangan tersebut terbatas, usahakan jangan dijadikan satu ruangan. Atau bisa juga ruangan tersebut diberikan skat.
  • Lakukan tips tersebut selama beberapa minggu kedepan. Apabila terdapat salah satu burung yang drop dan bahkan macet, dapat dipastikan burung kicau tersebut mentalnya sudah benar-benar down.
Dengan ulasan tersebut dapat disimpulkan bahwa tidak semua jenis burung fighter memiliki karakter yang sama. Namun jika semua jenis burung tersebut ditempatkan dalam satu ruangan yang sama dan tidak menimbulkan masalah apapun, maka aman-aman saja.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url