Manfaat Full Kerodong Untuk Burung Kacer

MANFAAT FULL KERODONG UNTUK KACER

Manfaat Full Kerodong Untuk Kacer - Kerodong adalah sebuah kain yang digunakan untuk menutupi sangkar burung kicau. Kain kerodong memiliki banyak jenis kain, ukuran, corak, dan berbagai macam warna. Ada banyak jenis kain yang digunakan sebagai kain kerodong, ada kain yang tipis dan adapula kain yang tebal.

Masing-masing kain tersebut digunakan sesuain kebutuhan saja. Biasanya kain kerodong tipis, digunakan untuk burung kicau yang masih beradaptasi dengan perawatannya. Sedangkan kain yang tebal digunakan untuk burung kicau yang sudah terbiasa dengan metode pengrodongan.

Membahas manfaat kain kerodong untuk burung kacer memang tidak ada habisnya. Karena kain kerodong banyak memberikan manfaat untuk burung kacer, banyak juga kicau mania senior melakukan perawatan tidak lepas dari kerodong. Kain kerodong tersebut bisa anda beli di pasar burung atau kios perlengkapan burung.

Di sana anda bisa memilih jenis kain kerodong apa yang cocok untuk burung kacer dirumah. Karena banyaknya corak, motof dan warna yang cantik membuat sebagian pemilik bingung dalam memilihnya. Namun, kebanyakan para pemilik lebih memiliki kain kerodong yang berwarna hitam.

Memang tidak ada salahnya mengoleksi banyak kain kerodong. Saat membeli kain kerodong harus disesuaikan dengan ukuran sangkar burung dan usahakan kain kerodong tersebut rapat atau tidak longgar.

Baca Juga: Jangan Dilakukan Pantangan Burung Kacer

Mengapa harus rapat? Jika kain kerodong rapat dapat dipastikan burung tidak bisa mengintip ke arah luar melalui celah bawah yang akan terbuka jika diterpa angin. Karena sangat penting, setiap pemilik pasti memiliki kain kerodong untuk burung kesayangannya.

Selain itu kerodong juga sudah menjadi salah satu bagian dari peralatan memelihara burung kicau. Lalu, apa saja manfaat kacer dikerodong terus? Kapan waktu yang tepat untuk kerodong burung kacer? Simak ulasan selengkapnya dibawah ini ya.

Manfaat Full Kerodong Untuk Burung Kacer Peliharaan

1. Dapat mengoptimalkan suhu dalam sangkar ketika dijemur

Setiap jenis burung kacer pasti memiliki tipenya masing-masing. Pada burung kacer mempunyai dua tipe yaitu tipe panas dan tipe dingin. Untuk burung kacer yang bertipe dingin pasti membutuhkan tingkat panas yang berlebih. Sehingga membutuhkan penjemuran lebih lama agar tubuhnya dapat panas dan tubuhnya tetap ideal.

Untuk mengoptimalkan suhu waktu penjemuran, anda bisa menggunakan kain kerodong. Apabila penjemuran menggunakan kain kerodong dapat mengoptimalkan atau meningkatkan suhu panas dalam sangkar. Sehingga panas yang dihasilkan akan 2 kali lebih panas dari biasanya. Cara seperti ini sangat tepat dilakukan untuk sobat kicau yang tidak memiliki waktu untuk menjemur.

2. Membuat burung semakin tenang

Manfaat selanjutnya yaitu membuat burung kacer semakin tenang. Sehingga kain kerodong ini sangat penting digunakan untuk burung kacer bakalan atau burung yang dalam masa karantina. Karena dapat menjaga burung kacer menjadi lebih nyaman dan aman dari gangguan apapun.

Selain itu manfaat burung dikerodong siang hari, kerodong juga dapat digunakan untuk burung yang sedang mabung. Sebab dengan cara mengkrodong burung yang benar dapat mempercepat pergantian bulunya dan memberikan efek burung sering dikerodong.

3. Menjaga kesehatan burung

Dengan melakukan pengrodongan pada burung kacer dapat menjaga kesehatannya. Karena udara dimalam hari sangat dingin, jika tidak dikerodong burung kacer akan kedinginan dan sakit. Apalagi saat musim pancaroba, kondisi cuaca tidak menentu kadang panas dan kadang hujan.

Apabila burung kacer di kerodong pada siang dan malam hari secara full, maka kesehatannya akan tetap terjaga dan staminanya juga stabil. Selain itu imun tubuh juga dapat bekerja dengan baik. Sedangkan jika tidak dikerodong, imun tubuh akan menurun dan sangat rentan terserang penyakit.

4. Mencegah stres pada kacer

Burung kacer memang rentan sekali mengalami stres. Untuk mengatasinya anda bisa melakukan pengrodongan pada burung kacer. Apabila burung kacer dikerodong, maka mereka tidak akan bisa melihat lingkungan disekitarnya. Selain itu juga akan terhindar dari hewan pengganggu seperti kucing, tikus, dan juga hewan lainnya yang dapat mengancam psikologis burung kacer.

Apabila burung kacer terganggu karena mendengar suaranya. Setidaknya burung tidak melihat secara langsung hewan tersebut, mungkin burung kacer akan merasa sedikit kaget saja. Saat melakukan perjalanan jauh, kain kerodong juga sangat diperlukan.

Karena diperjalanan nanti burung akan merasa nyaman dan tidak stres. Jadi, saat berpapasan dengan kendaraan lain burung akan tetap merasa tenang dan aman. Hal ini dikarenakan burung kacer tidak melihat transportasi tersebut yang dapat membuatnya ketakutan.

5. Membuat kacer lebih fighter

Burung kacer yang setiap hari melakukan full kerodong, maka akan menjadi lebih fighter. Hal ini dikarenakan selama dikerodong burung kacer merasa sangat tenang dan tidak terpancing emosi apapun, sehingga emosinya tetap terjaga dengan baik. Dengan begitu burung akan lebih siap bertempur ketika bertemu burung sejenis.

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan tentang manfaat full kerodong untuk burung kacer. Membahas manfaat dan fungsi burung kacer memang tidak ada habisnya. Banyak sekali manfaat kerodong basah di malam hari secara rutin untuk burung kacer. Lakukanlah kacer full kerodong pagi siang malam, agar hasilnya lebih maksimal.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url