Cara Merawat Burung Pleci Biar Cepat Buka Paruh

Cara Merawat Burung Pleci Biar Cepat Buka Paruh

Cara Merawat Pleci Biar Cepat Buka Paruh - Hai sobat pleci mania Indonesia! Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara merawat burung pleci agar cepat buka paruh. Membahas tentang perawatan burung kicau memang tidak ada habisnya. Banyak sekali hal yang harus diperhatikan agar perawatan yang diberikan dapat diterima oleh burung kicau peliharaan.

Masalah tentang cara perawatan sering menjadi perbincangan dikalangan kicau mania. Banyak hal yang dipertanyakan tentang berbagai pola perawatan. Padahal setiap pemilik memiliki trik setingan atau setelannya masing-masing. Seringkali pemilik membagikan tips setingannya pada teman-teman sekomunitas.

Jika setingan tersebut digunakan oleh pemilik dan akhirnya berhasil, maka belum tentu berhasil juga jika digunakan oleh pemilik kicau mania lain. Jadi, jangan bandingkan semua itu dengan kicau mania lainnya. Karena setiap burung pleci yang dipelihara oleh pemilik memiliki karakter dan sifatnya masing-masing.

Untuk mendapatkan pola perawatan yang tepat, yang cocok dan dapat diterima burung pleci. Sebagai pemilik harus bisa memahami karakter burung plecinya. Dengan begitu, kalian akan dengan mudah mendapatkan setingan atau setelan yang pas dan sesuai harapan kalian untuk burung pleci.

Memang tidak mudah untuk memahami karakter burung pleci, tapi kalian harus ingat bahwa sebagai kicau mania sejati harus memahami pentingnya proses. Menciptakan burung yang berkualitas memang tidak instan, semua membutuhkan waktu dan kesabaran serta kuncinya adalah konsisten.

Jika kalian sudah berniat dan melakukannya dengan sungguh-sungguh, pasti hasil akan mengikuti dengan sendirinya. Sebenarnya cara membuat burung pleci buka paruh dan ngeplong sangat mudah. Hanya saja tidak semudah yang kalian pikirkan, ada beberapa syarat yang harus kalian ketahui. Memang apa saja syarat burung pleci mau buka paruh?

Cara Perawatan Pleci Agar Buka Paruh

Merawat burung pleci agar cepat buka paruh, sebenarnya tidak begitu sulit. Hanya saja kalian harus bisa melakukan syaratnya yaitu merawat burung pleci selama satu tahun. Mengapa harus satu tahun? Karena dengan perawatan jangka panjang, pasti isian dan berbagai perawatan akan lebih banyak diterima dan berpengaruh terhadap burung pleci.

Sehingga dalam beberapa waktu kedepan, lama kelamaan pleci akan mulai buka paruh. Apalagi jika kalian baru saja membeli burung pleci yang sebelumnya tidak pernah diberi setingan, pasti kalian membutuhkan waktu lebih lama lagi untuk membuatnya buka paruh. Namun jika kalian sudah merawat burung pleci selama satu tahun.


Bukan tidak mungkin pleci akan buka paruh, ngeplong, ngerol serta ngalas. Mungkin, kalian juga bisa membeli burung pleci yang sudah dirawat satu tahun jika memang butuh yang instan. Tapi jika mampu bersabar dan ingin mencoba, membeli burung pleci anakan juga tidak ada salahnya.

Kalian bisa merawatnya sendiri dari mulai trotol hingga dewasa dan bisa buka paruh. Memang benar, burung pleci koloni membutuhkan waktu lama dalam proses buka paruh. Dibawah ini akan saya jelaskan, beberapa tips agar pleci cepat buka paruh.

1. Melakukan metode pengembunan

Seperti biasa bahwa perawatan pleci rumahan yang pertama kali dilakukan adalah pengembunan. Kalian bisa mengembunkan burung pleci setelah sholat shubuh atau sebelum matahari terbit. Burung pleci harus diembunkan agar tubuhnya menjadi fresh dan segar bugar.

Namun apabila burung pleci merasa tubuhnya segar dan bugar mereka akan merasa senang. Jika sudah merasa senang, dapat dipastikan birahi burung pleci akan mulai stabil. Oleh karena itu jangan lupa untuk melakukan pengembunan dengan rutin ya agar burung menjadi segar dan bugar.

2. Melakukan metode pemandian

Jika burung pleci merasa senang, segar dan bugar ketika diembunkan, maka burung pleci juga harus dimandikan supaya bulunya bersih dan dapat mengeluarkan otot-otot pleci. Kalian bisa memandikan burung pleci menggunakan semprotan dengan cara disemprot halus cukup sampai burung pleci basah kuyup.

Proses memandikan ini bisa kalian lakukan pada pagi dan malam hari. Selain itu untuk mandi malam bermanfaat untuk menurunkan birahi burung pleci supaya menjadi stabil kembali dan bisa menjadi tanda-tanda pleci mau buka paruh.

3. Melakukan metode penjemuran yang pas

Sinar matahari pagi sangat bagus untuk tubuh dan memberikan vitamin seperti vitamin D. Oleh sebab itu, setelah melakukan mandi pada burung pleci. Kalian harus menjemurnya pada jam 06.00 hingga 09.00 pagi. Penjemuran sebaiknya jangan dilakukan terlalu siang, karena sudah mulai panas dan bisa menyebabkan burung mati.

Manfaat penjemuran pada burung pleci memang banyak sekali, salah satunya untuk melatih pernafasan supaya dapat berkicau dengan keras dan juga lantang. Tapi usahakan jangan terlalu lama menjemur burung pleci, cukup 2 atau 3 jam saja. Sesuaikan dengan kondisi burung pleci masing-masing, setelah dijemur berikan ramuan agar pleci bersuara keras.

4. Rutin melakukan pengumbaran

Sama halnya seperti manusia yang membutuhkan olahraga, burung pleci juga harus berolaharaga dengan melakukan pengumbaran. Pengumbaran ini bertujuan sebagai cara membuat pleci ngeriwik jadi ngeplong dan bentuk latihan burung pleci sebelum berlaga diperlombaan.

Perlu latihan yang serius untuk membentuk otot-otot sayap dan dada burung pleci. Hal ini bertujuan agar burung pleci dapat mengeluarkan suara lantangnya dengan durasi waktu yang lebih lama. Selain itu, kalian harus menjaga tubuh burung pleci agar tetap proporsional dan tidak obesitas.

5. Bawalah pleci ke gantangan

Meskipun burung pleci tidak mengikuti perlombaan. Kalian masih boleh saja membawanya ke tempat gantangan atau lomba. Hal ini agar burung pleci dapat mengenali medan perlombaan dan dapat melatih mentalnya ketika dilapangan. Selain itu metode seperti ini bisa membuat burung pleci cepat buka paruh, sebab burung pleci sering bertemu dengan lawan dan sesame jenis pleci lainnya.

Penutup

Itulah penjelasan mengenai cara merawat burung pleci biar cepat buka paruh. Perawatan yang diberikan memang hampir semuanya sama, oleh sebab itu sebagai pemilik kalian harus bisa memberikan setingan atau menciptakan setelannya sendiri yang telah disesuaikan serta memberikan buah yang bagus untuk pleci agar buka paruh.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url