Tanda Burung Pleci Mau Buka Paruh, Simak Penjelasannya!

TANDA PLECI MAU BUKA PARUH

Tanda Pleci Mau Buka Paruh - Setiap pemilik pastinya menginginkan burung gacoannya mnejadi gacor dan bersuara ngeplong. Memang benar, semua itu membutuhkan waktu dan proses. Namun bukan berarti tidak mungkin untuk mewujudkannya, banyak yang harus diperhatikan ketika ingin menciptakan burung pleci yang berkualitas.

Dalam merawat burung pleci agar bisa menjadi burung kicau yang gacor dan ngeplong memang membutuhkan kesabaran ekstra. Tidak hanya kesabaran juga, anda harus konsisten dalam setiap perawatan dan juga setingan yang diberikan. Jangan pernah takut untuk mencoba dan jangan pernah takut gagal.

Anda harus bisa menciptakan suatu setingan yang cocok untuk burung pleci, supaya semua perawatan yang anda berikan dapat diterima dengan baik. Hal penting yang harus anda lakukan yaitu dengan memahami karakter burung pleci itu sendiri. Melakukan riset hingga menemukan setingan yang pas dan cara membuat pleci ngeriwik jadi ngeplong.

Jika anda bisa menemukan metode perawatan yang tepat sesuai dengan cara anda sendiri, pasti akan merasa bangga apabila suatu saat pleci menunjukkan kemampuannya dalam berkicau. Selain memberikan pola perawatan yang pas dan tepat, anda juga harus memperhatikan makanan yang harus diberikan. Usahakan jangan asal pilih pakan untuk burung pleci.

Sebisa mungkin berikan pakan yang mengandung protein tinggi, kaya akan gizi supaya asupan nutrisi burung pleci dapat terpenuhi. Pilih produk pakan yang berkualitas serta ramuan agar pleci bersuara keras, sebab itu menjadi makanan utama sehari-hari untuk burung pleci nantinya.

Di alam bebasnya, burung pleci jantan dan betina suka memakan buah-buahan segar. Oleh sebab itu cara perawatan pleci agar buka paruh dengan hal tersebut para penangkar juga memberinya buah-buahan seperti papaya, jeruk purut, apel dan pisang kepok.

Bukan hanya buah-buahan saja, tapi anda juga harus memberikan ekstra fooding berupa jangkrik, kroto, ulat hongkong, ulat bambu atau cacing. Serangga juga menjadi makanan kesukaan burung kicau, banyak sekali manfaatnya. Nah dibawah ini akan saya jelaskan cara agar burung pleci buka paruh dan ngeplong.

Tanda-Tanda Burung Pleci Akan Buka Paruh

Untuk menciptakan burung pleci yang berkualitas yaitu bisa buka paruh dan ngeplong, hal yang harus anda lakukan yaitu memberikan perawatan pada burung pleci minimal satu tahum. Apalagi jika anda membeli burung pleci yang sebelumnya tidak mendapatkan perawatan atau setingan sama sekali, pasti membutuhkan waktu yang lama untuk membuatnya gacor dan ngeplong.

Apabila anda nanti sudah memelihara burung cendet selama 1 tahun lebih secara intensif, maka burung pleci bisa cepat buka paruh, ngeplong, ngerol dan juga ngalas. Namun, jika menurut anda hal ini sangat lama cara lain yang bisa anda lakukan yaitu dengan membeli burung pleci yang sudah dirawat selama satu tahun.

Tapi jika anda menyukai tantangan dan sabar membeli burung pleci bakalan juga merupakan cara yang tepat. Anda bisa merawat burung pleci bakalan sesuai dengan setingan yang anda miliki hingga burung pleci menjadi ngerol dan buka paruh. Memang benar bahwa pleci koloni cukup lama dalam proses buka paruh. Inilah beberapa tahapan tanda pleci mau buka paruh, sebagai berikut:
  1. Burung pleci yang akan buka paruh biasanya mengalami proses ngriwik. Dan saat pleci ngriwik biasanya disertai dengan gaya teler atau menggunakan suara pelan.
  2. Selanjutnya pleci ngriwik glagu adalah pleci mengeluarkan suara irama yang dapat terdengar jelas dan lebih keras dibandingkan ngriwik tahap awal.
  3. Kemudian dilanjut pleci ngriwik glagu keras adalah suara ngriwik yang diakhir ngerolnya dalam satu lagu akan mulai diikuti dengan buka paruh ngalas pendek.
  4. Burung pleci ngalas dan buka paruh dengan mengulang suara beberapa kali.
  5. Burung pleci ngalas dan buka paruh full serta diulang beberapa kali.
  6. Pleci ngalas buka paruh full dan bersamaan dengan suara isian panjang serta pleci buka paruh.
  7. Pleci ngalas buka paruh full dan isian lagu full tanpa ngatup dengan disertai suara keras dan panjang.
Itulah proses atau tanda burung pleci buka paruh bersamaan dengan suara keras dan isian full. Tahapan atau proses burung pleci buka paruh memang sangat lama yaitu satu tahun. Dengan menerapkan c    ara merawat pleci agar cepat nembak satu tahun dapat dipastikan burung pleci dapat buka paruh dengan isian full.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan tentang cara membuat pleci buka paruh dalam waktu singkat. Sekarang sudah percaya kan bahwa untuk membuat burung pleci buka paruh membutuhkan waktu perawatan yang cukup lama. Jika anda tipe orang yang tidak sabaran bisa menerapkan cara merawat burung pleci agar cepat gacor, atau membeli burung pleci yang sudah jadi dan siap dilombakan.




Muchammad Farid

Saya adalah seorang Influencer dan Content Creator di bidang Media Online

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama