Burung Pleci Hanya Bunyi Cit Cit? Begini Cara Bongkar Isiannya

Pleci Hanya Bunyi Cit Cit

Cara Mengatasi Pleci Hanya Bunyi Cit Cit - Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tips cara bongkar isian burung pleci. Memang semua burung kicau memiliki kemampuan berkicau yang bagus dan merdu. Hanya saja ada beberapa kendala yang menyebabkan burung kicau menjadi ngriwik. Sama halnya dengan burung pleci ngriwik.

Pada dasarnya semua burung pleci memiliki potensi untuk mengeluarkan isian atau bongkar isian. Namun, ada beberapa hal yang menyebabkan burung pleci sulit mengeluarkan suara isiannya atau atau bisa jadi lama dalam perawatannya. Merawat burung pleci untuk sampai bisa bongkar isian memang membutuhkan waktu yang lumayan lama.

Tentu saja hal ini tidak bisa dilakukan secara instan seperti sulap. Banyak sekali faktor yang mempengaruhi burung pleci bongkar isian. Faktor utama yang dapat membuat burung pleci bongkar isian adalah karena usianya. Apabila usianya sudah mapan, maka burung pleci akan berpotensi mengeluarkan suara isiannya.

Namun perlu digaris bawahi burung pleci harus diberikan masteran menggunakan suara isian dengan baik dan sudah bisa ngalas. Sedangkan yang kedua adalah faktor perawatan. Pola perawatan dan melatih pleci biar buka paruh itu meliputi pemberian pakan, penjemuran, pengembunan, pemandian dan semuanya.

Faktor yang ketiga yaitu karakter burung pleci itu sendiri, hal ini dikarenakan setiap burung pleci memiliki bakat yang berbeda-beda. Burung pleci yang akan bongkar isian biasanya memerlukan beberapa tahapan. Untuk burung pleci yang berusia muda mungkin akan sedikit sulit mengeluarkan suara isiannya, apalagi burung pleci tersebut belum juga bisa ngeplong atau ngalas.

Tahapan pertama burung pleci muda yaitu belajar ngeriwik, kemudian lanjut ngeplong dan dilanjutkan ngalas atau ngerol serta yang terakhir pengisian suara. Namun cara perawatan pleci dokor, ada juga burung pleci yang diajarkan untuk diberi suara isian secara langsung.

Apabila anda ingin mengisi suara isian pleci tak kunjung ngeriwik, maka anda harus merawatanya sejak masih trotol. Sejak masih trotol burung pleci harus diperdengarkan suara isiannya supaya nanti dapat diingat dan familiar dengan suara isian tersebut.

Namun sebelum itu anda harus mengetahui karakter burung pleci yang anda rawat dan ciri bunyi pleci betina. Apakah bisa cocok dengan cara seperti ini atau dengan cara bertahap, jadi tentukan saja sendiri sesuai karakternya, dibawah ini beberapa tips rawatan agar pleci cepat bongkar isian dan manfaat cermin untuk pleci.

Tips Rawatan Agar Pleci Bongkar Isian

  1. Burung pleci harus rutin melakukan pengembunan setiap pagi yaitu pada 5 pagi hingag 7 pagi. Burung pleci harus diembunkan ditempat yang tinggi, bisa bersama koloni-koloni lain atau sendiri. Dengan melakukan pengembunan secara rutin burung pleci biasanya akan mudah ngalas dan juga mudah bongkar isian sehingga tidak membuat pleci bunyi cer cer.
  2. Meningkatkan birahi burung pleci secara perlahan dan mengatasi pleci malas bunyi dengan menggunakan ekstra fooding. Ekstra fooding yang sebaiknya digunakan adalah ulat hongkong, jangkrik atau kroto sesuaikan dengan kesukaan burung pleci anda.
  3. Untuk menjadikan selingan ekstra fooding, anda bisa menggunakan buah-buahan.
  4. Lakukanlah pemasteran pada burung pleci secara rutin, setiap harinya dengan masteran yang banyak dan isian yang berbeda.
  5. Pemasteran memang membutuhkan waktu yang lama, jadi harus sabar dalam melakukan prosesnya. Untuk membuat burung pleci buka paruh, anda membutuhkan perawatan selama satu tahun agar bisa bongkar isian.
Untuk menciptakan suatu burung kicau yang berkualitas, memang membutuhkan tahapan waktu yang panjang atau bila ingin cepat gunakan ramuan pleci macet bunyi. Jadi anda harus menikmati prosesnya supaya bisa menjadi pengalaman kedepannya. Karena semua proses tersebut, tidak bisa terwujud secara instan.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url