Pengikut

Cara Melatih Burung Pleci Biar Buka Paruh Volume ++

CARA MELATIH PLECI BIAR BUKA PARUH

Cara Melatih Pleci Biar Buka Paruh - Merawat burung pleci memang tidak mudah, apalagi membuatnya bisa buka paruh dengan cepat. Semua itu membutuhkan proses dan juga perawatan yang tepat. Pelatihan yang diberikan juga tidak boleh asal-asalan, setiap rangkaian perawatan yang dilakukan memang harus dipahami sebaik mungkin agar perawatannya dapat diterima oleh burung pleci.

Melatih burung pleci agar buka paruh, membutuhkan waktu yang sangat lama. Seperti penjelasan saya di artikel sebelumnya, bahwa merawat pleci agar bisa buka paruh minimal satu tahun. Satu tahun perawatan itu biasanya jika anda beruntung, burung pleci akan buka paruh dengan sendirinya melalui beberapa tahapan.

Satu tahun bukanlah waktu yang singkat bagi anda yang tidak sabaran atau tidak mau menikmati proses. Namun jika anda merawat dan melatih burung pleci dengan sabar dan konsisten, waktu satu tahun bukanlah menjadi masalah besar. Jadi semua itu tergantung masing-masing pemilik.

Menciptakan burung pleci yang berkualitas dan dapat berkicau dengan gacor serta lantang, pastinya membutuhkan latihan dan latihan ini tidak hanya dilakukan satu atau dua minggu saja tetapi harus dilakukan satu tahun atau bahkan lebih akan semakin bagus. Jika anda tidak memiliki waktu untuk itu, sebaiknya jangan memelihara burung pleci terlebih dahulu.

Apalagi membeli burung pleci yang sudah lama tidak tersentuh setingan atau perawatan, pasti anda akan membutuhkan waktu lebih lama lagi untuk membuatnya buka paruh. Namun bagi anda yang tertarik untuk melakukan pelatihan pada pleci, dibawah ini akan saya jelaskan cara-caranya.

Perawatan Pleci Agar Buka Paruh Dengan Cepat

1. Mengembunkan secara teratur

Melakukan pengembunan untuk burung pleci juga wajib dilakukan oleh kicau mania. Karena pengembunan sudah menjadi salah satu rangkaian perawatan pengembunan yang tidak boleh dilewatkan. Pengembunan ini bisa anda lakukan saat pagi hari sebelum matahari mulai terbit.

Banyak kicau mania yang melakukan pengembunan ini pada jam 5 pagi hingga jam 7 pagi. Dengan melakukan pengembunan secara rutin, burung pleci akan semakin sehat dan bugar. Sehingga dapat memacu semangatnya untuk berkicau dan buka paruh.

Pengembunan ini berfungsi untuk menyehatkan paru-paru burung pleci dan dapat bernafas dengan panjang karena oksigen dapat masuk dalam darah burung pleci sehingga bisa semakin fasih menyokong proses buka paruh pada burung pleci. Selain itu pengembunan dapat menghilangkan stress yang berlebihan.

2. Rutin memandikan pleci

Memandikan burung pleci juga sudah menjadi bagian rangkaian perawatan burung pleci agar tetap fresh. Untuk memandikannya, anda bisa menggunakan dua metode yaitu semprot dan juga keramba. Metode keramba biasanya dilakukan untuk burung pleci yang ingin dimandikan hingga puas.

Namun untuk metode semprot ini biasanya hanya disemprot saja menggunakan sprayer hingga semua tubuhnya basah. Selain dua metode tersebut, pemandikan burung pleci juga bisa dilakukan pada malam hari atau siang hari.

Jika memandikan pada malam hari, sebaiknya lakukan pada pukul 7 hingga jam 9 malam. Jangan melebihi batas waktu tersebut, karena pleci bisa kedinginan. Mandi mala mini cukup menggunakan metode semprot saja.

3. Melakukan penjemuran dengan teratur

Penjemuran ini dilakukan setelah burung pelci dimandikan. Penjemuran juga sangat penting untuk burung pleci, karena sinar matahari pagi memberikan banyak manfaat untuk tubuhnya dan dapat menyehatkan tubuh.

Burung pleci biasanya di jemur pada jam 7 pagi hingga jam 9 siang. Saat penjemuran dilakukan, anda harus sebaiknya kosongkan tempat makan serta minumannya. Hal ini bertujuan untuk melatih pernafasan burung pleci supaya bisa buka paruh dengan panjang.

4. Gantang pleci ditempat yang sejuk dan teduh

Setelah penjemuran dilakukan, burung pleci bisa diangin-anginkan pada tempat yang sejuk dan juga teduh. Sambil diangin-anginkan, burung pleci bisa diberikan ekstra fooding serangga seperti jangkrik, kroto dan ulat kandang. Ekstra fooding sangat penting untuk menstabilkan birahinya setelah menjalani rangkaian perawatan tersebut, jika sudah burung pleci bisa dikerodong dan biarkan istirahat.

5. Berhenti memberikan buah sementara

Apabila anda sering memberikan buah-buahan untuk burung pleci, sebaiknya pemberian buah-buahan tersebut dihentikan terlebih dahulu. Buah-buahan tersebut harus digantikan dengan ulat kandang yang porsinya ½ mangkok kecil.

Perlu diperhatikan, ulat yang diberikan harus ulat kandang jangan ulat hongkong atau bambu. Ulat kandang bisa anda beli di pasar unggas secara mudah. Namun, jika anda ingin berkreasikan dengan ekstra fooding lain juga bisa.

Seperti pemberian ½ sendok kroto serta 2 ulat hongkong yang berwarna putih dan masih muda untuk mencukupi kebutuhan gizinya. Namun pemberian ekstra fooding ini jangan sampai berlebihan karena dapat membuat bulu burung pleci menjadi kusam dan rontok.

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan mengenai cara melatih pleci agar buka paruh. Cara diatas cukup mudah untuk dilakukan, hanya saja anda boleh menambahkan sedikit ramuan agar pleci bersuara keras supaya burung pleci cepat ngalas buka paruh.




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Baca Juga