Cara Merawat Burung Pleci 2 Ekor di Rumah Agar Bunyi Semua

 CARA MERAWAT PLECI 2 EKOR

Cara Merawat Pleci 2 Ekor - Halo kicau mania! Jumpa lagi dengan saya di blog parid. Seperti biasa saya akan membahas seputar burung kicau dan pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tips cara merawat burung pleci 2 ekor dirumah. Seperti yang anda tahu, saat ini burung kicau telah menjadi kesukaan banyak orang.

Banyak yang menganggap bahwa kesukaan mereka terhadap burung kicau karena hobi tersendiri. Bahkan banyak juga yang menggeluti atau menekuni usaha berternak burung untuk menghasilkan uang. Jenis burung kicau di indonesia memang banyak sekali, seperti burung cendet, kenari, loverbord, murai batu, kacer dan yang tidak kalah populer adalah burung pleci.

Siapa sih yang tidak kenal burung pleci? Saya yakin pasti semua kicau mania mengenal burung kicau yang satu ini. Burung pleci atau yang biasa disebut dengan burung kacamata ini sudah menjadi primadona di kalangan kicau mania. Sampai mereka membuat komunitasnya sendiri dengan nama pleman, yang artinya pleci mania.

Burung pleci memiliki tubuh yang mungil dan kecil, tapi jangan dilihat dari fisiknya. Burung pleci dapat berkicau dengan gacor dan juga memiliki banyak variasi isian. Serta memiliki kicaun khasnya sendiri, pantas saja burung pleci sering menjadi juara di perlombaan burung kicau.

Lalu mengapa dijuluki burung kacamata? Karena burung pleci mempunyai bulatan warna hitam dan putih pada masing-masing kedua matanya. Apabila diperhatikan hampir mirip seperti kacamata, oleh karena itu banyak yang menjulukinya sebagai burung kacamata dan julukan tersebut telah menjadi ciri khasnya sendiri.

Membahas tentang perawatan burung pleci memang tidak ada habisnya, karena perawatan untuk burung kicau memang sangat penting untuk dipahami. Apalagi bagi kicau mania yang masih pemula, harus banyak belajar supaya lebih memahami setiap rangkaian perawatan yang dilakukan. Dibawah ini akan saya jelaskan tentang perawatan pleci 2 ekor dirumah.

Perawatan Pleci 2 Ekor Dirumah Agar Gacor

1. Melakukan pengembunan dipagi hari

Disemua perawatan yang saya bahas pada artikel-artikel sebelumnya, pertama kali perawatan yang dilakukan dipagi hari adalah pengembunan. Pengembunan ini sangat penting dilakukan, apalagi seperti anda yang memiliki burung pleci lebih dari satu. Pengembunan ini bertujuan untuk meningkatkan stamina burung pleci dan dapat menjadikannya segar dan bugar.

Untuk cara pengembunan yaitu gantungkan sangkar burung pleci ditempat yang terbuka dengan jarak yang sedikit berjauhan setiap pagi hari. Usahakan pengembunan harus dilakukan sekitar jam 4 atau jam 5 pagi sebelum matahari terbit. Sehingga pada saat matahari mulai muncul, semua burung akan berkicau satu sama lain secara bersamaan.

Dengan memberikan jarak pada burung pleci, dapat dipastikan burung akan berkicau lebih keras dan juga lantang supaya terdengar oleh temannya. Cara seperti ini sudah sangat efektif untuk melatih kemampuan burung pleci untuk berkicau. Lakukanlah pengembunan dengan cara seperti ini setiap pagi, agar burung pleci memiliki suara yang lantang dan juga nyaring.

2. Rajin memandikan setiap pagi

Cara perawtaan selanjutnya yaitu dengan rutin memandikan burung pleci setiap pagi hari. Biasanya memandikan burung pleci dilakukan setelah pengembunan selesai, dan sebaiknya dilakukan sekitar jam 06.25 hingga 07.30 wib.

Dalam memandikan burung pleci terdapat dua metode yang bisa anda coba. Dan kedua cara ini sering digunakan kicau mania. Metode pertama yaitu memandikan burung pleci menggunakan kandang keramba. Dalam menggunakan keramba bertujuan agar burung pelci mandi dengan puas hingga basah kuyu semua.

Sehingga tubuhnya jauh akan lebih fresh dan segar, sedangkan pada metode kedua yaitu menggunakan metode semprot. Cara penyemprotannya menggunakan sprayer dan disemportkan secara perlahan pada burung pleci supaya tidak merasa sakit.

3. Melakukan penjemuran dengan rutin

Perawatan selanjutnya yang tidak kalah penting yaitu penjemuran. Penjemuran memang memberikan dampak baik untuk burung pleci. Biasanya penjemuran dilakukan setelah burng dimandika, dan pada saat burung pleci dijemur, semua minuman dalam wadah harus dikosongkan beserta makanannya.

Memang banyak sekali manfaat yang didapatkan ketika menjemur burung pleci, salah satunya adalah dapat melatih pernafasannya menjadi lebih panjang. Penjemuran harus dilakukan sekitar pukul 07.00 siang hingga 09.00 siang. Jangan pernah menjemur burung pleci diatas jam 9, karena burung pleci tersebut bisa kepanasan.

4. Proses pemasteran dengan benar

Proses selanjutnya yaitu pemasteran. Pada proses ini baiknya dilakukan saat burung pleci sedang dalam keadaan istirahat. Pemasteran sangat penting untuk burung pleci, karena menambah isian agar kicauannya semakin bervariasi dan tidak monoton.

Memasteri burung pleci tidak boleh sembarangan. Banyak hal yang harus anda persiapkan mulai dari tempat, waktu dan kondisi burung pleci itu sendiri, jadi sebelum memasteri pleci diperhatikan baik-baik ya tentang kondi, waktu dan tempatnya.

5. Menutup sangkar di malam hari

Cara perawatan yang terakhir yaitu dengan menutup sangkar dimalam hari. Hal ini dilakukan supaya burung pleci dapat beristirahat dengan baik dalam sangkarnya. Apalagi jika burung pleci ditempatkan di kawasan yang ramai.

Pastinya sangat terganggu jika tidak dikerodong menggunakan kain. Menuruti sangkar dengan kain kerodong, dapat membatasi pandangan burung pleci, sehingga mereka dapat beristirahat dengan nyaman tanpa gangguan apapun.

Akhir Kata

Itulah perawatan untuk burung pleci 2 ekor dirumah. Perawatan yang saya jelaskan diatas, sebenarnya bisa dilakukan untuk semua burung pleci. Alangkah baiknya jika anda memelihara burung pleci lebih dari satu, pasti peluang gacornya akan lebih cepat dibandingkan memelihara satu burung pleci.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url