Pengikut

Burung yang Tidak Boleh Dekat Dengan Burung Pleci

 BURUNG YANG TIDAK BOLEH DEKAT DENGAN PLECI

Burung yang Tidak Boleh Dekat Dengan Pleci - Sekarang ini semakin banyak orang yang menyukai burung kicau. Bahkan karena saking sukanya, mereka sampai mengoleksi banyak burung kicau dirumah dengan berbagai jenis. Mungkin bagi orang yang sudah menjadi penghobi burung, merawat burung kicua yang banyak bukanlah perkara sulit.

Jadi masih bisa ditangani sendiri, tetapi hal ini justru menjadi masalah apabila dibiarkan begitu saja. Sebab, ada beberapa burung yang tidak boleh dekat dengan burung jenis lainnya. Salah satunya adalah burung pleci. Burung pleci dikenal sebagai burung kacamata, karena memiliki guratan putih di kedua matanya. Sehingga saat diperhatikan, burung pleci ini terlihat seperti menggunakan kacamata.

Sangat lucu sekali kan. Memiliki bentuk tubuh yang mungil dan kecil tidak menghalanginya untuk beraktivitas layaknya burung yang lain. Justru burung kacamata ini sangat aktif dan tidak pernah diam selalu bergerak dalam sangkarnya kecuali waktu beristirahat. Karena memiliki kebiasaan aktif, burung pleci ini banyak digunakan sebagai burung gacoan diperlombaan burung kicau.

Sudah banyak juga memenangkan berbagai event perlombaan, bahkan dianggap sebagai jawara. Selain sangat aktif, pleci juga memiliki suara yang tidak kalah merdu dari burung kicau lainnya. Karena memang pada dasarnya burung pleci sudah gacor ditambah pelatihan dan juga pemasteran yang tepat membuatnya semakin berkualitas ketika dilombakan.

Kicauan burung pleci juga tidak membosankan, banyak yang kagum karena berhasil memikat banyak orang untuk mendengarkannya. Banyak suara isian yang dibawakan burung pleci dengan berhasil, bahkan lebih bagus daripada aslinya. Burung pleci sangat pandai memainkan irama saat berkicau, sangat mewah sekali suara kicauan burung pleci.

Oleh sebab itu, ada beberapa burung kicau yang memang tidak bagus untuk burung pleci. Hal ini dikarena burung kicau tersebut dapat mempengaruhi suara kicauan burung pleci. Tetapi perlu di pahami ya, maksud dari tidak bagus ini dalam artian jika dipelihara dalam satu ruangan dan dengan jarak yang dekat.

Jenis Burung Kicau yang Tidak Boleh Dekat Dengan Burung Pleci

1. Burung cendet atau pentet

Jenis burung kicau pertama yang dianggap tidak bagus untuk burung pleci adalah burung cendet. Mengapa burung cendet dianggap tidak bagus untuk burung pleci? Hal ini dikarenakan burung cendet atau pentet termasuk dalam burung predator yang sangat agresif dan galak. Burung cendet mempunyai mental yang bagus, karena sudah terbiasa berburu dialam liar.

Apabila burung pleci bertemu dengan burung cendet yang tentunya lebih kuat dalam segi mental, pasti burung pleci akan down. Apalagi nanti burung cendet akan mengejar burung pleci. Sehingga nanti burung pleci akan menabrakkan tubuhnya ke dalam jeruji sangkar. Jadi, bukan hanya pleci saja yang mengalami down mental tetapi cendet juga dapat rusak bulunya.

2. Burung Kenari

Ternyata burung kenari juga tidak baik untuk berdekatan dengan burung pleci. Meskipun suaranya sering menjadi isian ketiak pemasteran. Kalian pasti kebingungan mengapa kenari tidak baik untuk burung pleci? Karena ternyata alasannya suara burung kenari betina yang berbunyi cit cit hampir sama dengan suara burung pleci itu sendiri.

Jika dipaksakan burung pleci akan menjadi over birahi, tanpa perlu mendengar suaranya tapi melihat wujudnya dari jarak dekat saja bisa membuat pleci over birahi. Oleh sebab itu, alangkah baiknya jangan mendekatkan burung pleci jangan didekatkan dengan burung kenari betina. Jauhkan dan pisahkan ke dalam ruangan berbeda.

3. Burung Lovebird

Jenis burung kicau yang selanjutnya adalah burung lovebird. Mengapa bisa tidak baik untuk burung pleci? Sebentar, sebelumnya akan saya jelaskan dalam hal jumlah pemeliharaan. Jika kalian memelihara pleci 3 atau 6 ekor dan juga memelihara loverbird hanya 1 ekor. Masih tidak masalah. Namun jika kalian memelihara burung pleci 2 dan lovebird 5 itu yang tidak boleh.

Hal ini dikarenakan burung lovebird sering mengeluarkan suara ngekek yang terlalu keras, nembak-nembak serta pendek. Jadi, sangat berpengaruh terhadap burung pleci yang ingin mempunyai durasi panjang. Apabila kalian mempunyai lovebird yang berdurasi panjang 30 detik hingga 1 menit, maka masih diperbolehkan. Tetapi jika pendek, sebaiknya jangan didekatkan.

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang burung yang tidak boleh dekat dengan pleci. Beberapa jenis burung diatas, sebaiknya dihindari terlebih dahulu. Jika dipaksakan, akan dapat menyebabkan hal yang buruk untuk burung pleci kalian. Alangkah baiknya dipisahkan dari ruangan tersebut. Sekian pembahasan kali ini, semoga dapat dipahami.




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Baca Juga