Cara Agar Suara Burung Pleci Kristal Bersih & Keras

CARA AGAR SUARA PLECI KRISTAL

Cara Agar Suara Pleci Kristal - Banyak sekali teknik yang dilakukan dalam perawatan burung pleci. Untuk menjadikannya sebagai jawara diperlombaan memang tidak mudah yang dibayangkan. Apalagi memiliki saingan yang cukup berat, tentunya harus banyak berlatih secara rutin. Menyenangkan sekali apabila burung kicau peliharaan sangat gacor dan suaranya tembus (kristal).

Seiring berjalannya waktu, perawatan sehari-hari burung kicau semakin berkembang. Banyak sekali trik yang digunakan pleci mania untuk membuat burung gacoannya menjadi ngalas dan bongkar isian. Oleh sebab itu, betapa pentingnya untuk selalu belajar dan memahami perawatan burung pleci dengan baik.

Hal ini dikarenakan agar tidak ketinggalan oleh rekan pleci mania yang lain. Untuk memperluas dan memperbanyak ilmu, cobalah untuk bergabung dengan komunitas pleci mania didaerah anda. Dengan bergabung dikomunitas tersebut otomastis akan banyak rekan yang membagikan tips perawatannya.

Sangat menarik bukan, bahkan tidak hanya itu saja anda juga bisa mengutarakan beberapa pertanyaan tentang perawatan yang belum dipahami. Selain untuk menambah ilmu, bergabung dengan komunitas burung juga dapat menambah relasi. Jangkauan anda akan semakin luas dan semakin mendapatkan banyak teman.

Selain itu, anda juga akan lebih bersemangat untuk merawat dan melatih burung pleci agar menjadi gacoan yang berkualitas sehingga layak disebut sebagai jawara. Banyak sekali orang yang bertanya tentang perawatan burung pleci juara yang mempunyai suara tembus (kristal). Setelah melakukan beberapa kali pengamatan dan juga bertanya kesana-kemari, akhirnya mendapatkan jawaban juga.

Ternyata untuk membuat suara tembus pada burung pleci perlu melakukan banyak cara. Bahkan hampir semua pleci mania memiliki caranya masing-masing dalam merawat burung plecinya. Karena itulah para pemain baru masih merasa bingung dengan dan merasa kesusahan untuk mempraktekan cara-caranya.

Perawatan Untuk Burung Pleci Agar Suara Pleci Menjadi Kristal

1. Pengembunan serta perawatan yang konsisten

Hal pertama yang harus anda perhatikan dalam merawat burung adalah pastikan kondisinya selalu dalam keadaan baik. Menjaga kondisi burung agar tetap baik perlu konsisten dalam perawatannya. Namun, dalam hal ini tidak perlu memberikan perawatan yang berlebihan. Hanya perawatan yang sesuai dengan kemampuan, agar tidak menyita waktu serta tenaga anda.

Langkah pertama anda bisa melakukan pengembunan untuk burung pleci. Pengembunan ini dipercaya dapat memperpanjang durasi pernafasan karena burung pleci lebih banyak menghirup udara segar dipagi hari.

Selain itu pengembunan juga dapat membuat burung pleci menjadi lebih tenang dan dapat mengeluarkan suara terbaiknya. Pengembunan bisa anda lakukan bersama dengan koloninya, namun jaraknya harus berjauhan. Dengan begitu burung pleci akan berkicau dengan lantang untuk mencari koloninya.

2. Memberikan racikan minuman pleci

Selanjutnya adalah pemberian racikan minuman burung pleci, pastikan anda memberikan minuman yang lebih banyak dari porsi biasanya. Burung pleci sangat menyukai minuman manis yang banyak tersedia di pasaran atau mungkin bisa dengan membuat racikannya sendiri.

Namun, jika anda tidak memiliki waktu dirumah karena sibuk bekerja sebaiknya menggunakan minuman instan yang dijual dipasaran dengan begitu akan lebih praktis. Tujuannya agar burung pleci dapat minum air lebih banyak dan makan lebih sedikit.

Selain itu juga sangat berguna untuk menjaga bentuk tubuh burung pleci menjadi lebih proporsional. Burung pleci akan terlihat lebh ramping dan nafasnya bisa lebih panjang, badannya tegak serta kaki yang jenjang.

3. Proses pemasteran

Pemasteran ini harus dilakukan secara teratur dan baiknya menggunakan suara masteran burung sejenis. Namun, jika tidak ada burung asli boleh juga menggunakan mp3 atau mencari suara masteran dari youtube.

Suara isian yang cocok untuk burung pleci agar cepat tembus adalah burung kolibri, kenari, gereja tarung, kuniran, ciblek, rembetan, gelatik dan lain sebagainya. Ketika melakukan pemasteran pada burung pelci, usahakan memilih suara yang keras seperti suara aslinya.

4. Memberikan pakan berprotein

Makanan yang diberikan untuk burung pleci harusnya lebih diperhatikan lagi. Sebaiknya pilihlah makanan yang mengandung protein tinggi, karena hal ini berfungsi untuk meningkatkan birahi burung pleci. Saat burung mulai birahi, mereka akan mengeluarkan suara kerasnya untuk menarik dan mencari perhatian pleci betina.

5. Latih di kandang umbaran

Burung pleci memang harus lebih sering melakukan latihan fisik supaya tubuhnya semakin sehat dan kuat. Dengan melakukan latihan fisik juga dapat melatih suara serta nafasnya supaya lebih kencang dan juga kristal. Namun latihan seperti ini tidak boleh dilakukan sembarangan.

Lakukanlah pelatihan ini hanya satu kali saja dalam seminggu. Jika dilakukan terlalu sering, nantinya burung pleci akan menganggap bahwa itu adalah latihan fisik saja bukan latihan suara. Maka dari itu, buatlah jadwal khusus untuk latihan burung pleci nantinya.

Akhir Kata

Itulah penjelasan tentang cara agar suara pleci menjadi kristal. Ternyata memang benar, setiap perawatan memiliki aturannya masing-masing. Dan sebagai pemilik harus benar-benat memahami setiap perawatannya dengan baik. Pemberian perawatan dan pelatihan dengan benar, maka akan berdampak baik untuk burung pleci.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url