Cara Merawat Burung Pleci Untuk Pemula, Mudah dan Terbukti

 CARA MERAWAT BURUNG PLECI UNTUK PEMULA

Cara Merawat Pleci Untuk Pemula - Burung pleci merupakan burung kicau yang saat ini masih sangat tenar dan populer dikalangan kicau mania. Saking populernya, banyak kicau mania yang membentuk komunitas khusus untuk burung pleci. Komunitas tersebut dinamakan pleman yang artinya pleci mania. Burung pleci banyak disukai semua orang karena mempunyai banyak kelebihan menarik pada dirinya.

Salah satu kelebihan yang membuat orang tertarik dengan burung pleci adalah kemampuannya dalam berkicau. Suara kicauan burung pleci dapat diakui sangatlah merdu dan indah. Burung pleci dapat menirukan suara burung kicau lainnya dengan iramanya yang merdu dan unik.

Apalagi burung pleci memiliki banyak isian kicau sehingga kicauannya lebih bervariasi. Karena banyaknya peminat burung pleci, ada salah satu kicau mania yang berinisiatif untuk melakukan penangkaran pada burung pleci tersebut.

Dengan adanya penangkaran tersebut diharapkan dapat memenuhi permintaan pasar yang sangat banyak tentang burung pleci. Semakin lama peminat burung pleci makin banyak juga, bahkan ada yang baru terjun dalam dunia burung dan langsung jatuh hati dengan burung pleci tersebut.

Sehingga memilih untuk menjadikannya burung peliharaan, padahal mereka belum memiliki ilmu apapun tentang perawatan burung kicau. Merawat burung kicau memang tidak mudah, oleh sebab itu dalam merawatnya memerlukan ilmu dan pengetahuan yang cukup agar nanti tidak terjadi masalah yang buruk untuk burung pleci.

Banyak sekali rangkaian perawatan yang harus dijalani. Agar kalian dapat memahaminya, kali ini saya akan membahas cara merawat burung pleci untuk pemula. Semoga saja pembahasan kali ini dapat membantu kalian yang masih pemula dalam dunia burung kicau. Jadi, harus disimak baik-baik agar bisa dipahami dengan benar.

Pola Rawatan Pleci Untuk Pemula

1. Rutin melakukan pengembunan

Perawatan pertama yang harus kalian lakukan setiap pagi hari yaitu melakukan pengembunan untuk burung pleci. Pengembunan ini harus dilakukan secara rutin dan tidak boleh dilewatkan kecuali burung pleci dalam kondisi sakit. Pengembunan mempunyai banyak manfaat untuk burung pelci, salahj satunya dapat memperpanjang pernafasan ketika berkicau.

Hal ini dikarenakan burung pleci sering menghirup udara segar dari udara pagi. Pengembunan pada burung pleci baiknya dilakukan pada jam 04.00 atau jam 05.00. Usahakan saat melakukan pengembunan sebelum matahari terbit, jadi dalam kondisi masih gelap.

Jika kalian mempunyai banyak pleci dirumah, sebaiknya lakukan pengembunan bersamaan dengan koloninya. Namun, saat digantung berikan jarak yang sedikit jauh. Teknik ini perlu dilakukan untuk membuat burung pleci cepat buka paruh.

2. Rutin melakukan pemandian

Setelah melakukan pengembunan pada burung pelci. Langkah selanjutnya adalah melakukan pemandian. Proses pemandian ini harus dilakukan dengan rutin juga setelah pengembunan selesai. Tetapi, jika kondisi burung pleci sedang tidak baik proses pemandian bisa di skip. Memandikan burung pleci bisa menggunakan dua metode.

Metode yang pertama adalah memandikan dengan menggunakan sprayer. Tekniknya yaitu burung pleci nantinya akan disemprot menggunakan sprayer hingga bulunya lumayan basah. Metode kedua yaitu menggunakan kandang keramba.

Pemandian dengan kandang keramba dimaksudkan agar burung pleci merasa puas dengan pemandian tersebut. Manfaat mandi untuk burung pleci adalah dapat meningkatkan kebugaran dan stamina pada tubuhnya.

3. Rutin melakukan penjemuran

Perawatan penjemuran juga sama pentingnya untuk burung pleci. Penjemuran harus dilakukan secara rutin juga agar hasilnya dapat lebih maksimal. Dengan menjemur burung pleci dapat menstabilkan suhu tubuh burung pleci agar merasa hangat. Waktu baiknya penjemuran ini dilakukan pada jam 07.00 hingga jam 09.00 siang.

Dalam menjemur burung pleci, jika cuaca sekitar terlihat panas dan menyengat sebaiknya jangan dikerodong. Hindari penjemuran pada jam 11 hingga jam 3 siang, karena panas matahari yang sangat menyengat membuat burung pleci menjadi dehidrasi. Apalagi saat penjemuran, tempat minum dan makan harus dikosongkan.

4. Berikan pakan bernutrisi

Perawatan selanjutnya adalah pemberian pakan pada burung pleci. Pada tahap ini memang wajib diperhatikan dengan baik, sebab burung pleci membutuhkan nutrisi yang harus dipenuhi. Makanan yang utama diberikan untuk burung pleci sehari-hari adalah voer.

Sedangkan makanan selingannya berupa kacang-kacanga, serangga, buah-buahan dan juga sayuran. Jenis makanan selingan itu bisa digunakan sebagai pakan tamabah yang sering dimaksud sebagai ekstra fooding.

5. Lakukan pemasteran

Melakukan pemasteran pada burung pleci memang sangat penting. Sebab, pemasteran ini dapat menambah variasi kicauan suara burung pleci agar tidak terdengar monoton. Ketika melakukan pemasteran, juga tidak boleh dilakukan sembarangan. Kalian harus memperhatikan apa saja yang harus dilakukan agar pemasteran dapat tercapai sesuai keinginan.

Ketika melakukan pemasteran pada burung pleci, sebaiknya harus mencari waktu yang tepat, memperhatikan kondisi burung pleci, memperhatikan suasana sekitar, mencari tempat yang hening, dan mencari isian yang tepat. Itulah beberapa hal yang harus kalian lakukan dalam melakukan pemasteran pada burung pleci.

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai cara merawat burung pleci untuk pemula. Jika kalian masih pemula memang harus banyak belajar dan mendalami ilmu tentang perawatan dan pelatihan burung pleci. Tidak hanya perawatan saja, tapi nanti juga ada setingan untuk burung pleci agar bisa buka paruh dan gacor.




Muchammad Farid

Saya adalah seorang Influencer dan Content Creator di bidang Media Online

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama