Pantangan Burung Pleci Yang Tidak Boleh Dilakukan

 PANTANGAN BURUNG PLECI

Pantangan Burung Pleci - Halo sobat Pleci Mania Indonesia! Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang pantangan burung pleci. Pantangan untuk burung pleci ini memang harus dihindari oleh semua pleci manial. Sebab, hal yang namanya pantangan akan memberikan dampak yang burung untuk burung pleci itu sendiri.

Pantangan burung pleci memang mutlak diketahui oleh pemiliknya, dan pantangan yang akan saya bahas kali ini adalah pantangan makanan untuk burung pleci. Makanan menjadi sumber pertama untuk memenuhi kebutuhan nutrisi burung pleci. Apabila makanan tersebut tidak cocok dikonsumsi oleh burung pleci, maka akan memberikan dampak yang burung untuk mereka.

Dampak tersebut membuat burung pleci menjadi sakit dan tidak mau berkicau. Mungkin bagi sebagian orang hal ini dianggap remeh dan tidak perlu diketahui, padahal makanan voer dan juga ekstra fooding saja belum tentu cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi burung pleci.

Jangan terus membandingkan perkembangan burung pleci anda dengan milik teman atau tetangga, tapi berintropeksi dengan perawatan yang diberikan salah satunya adalah pemberian makanan. Banyak sekali pertanyaan seputar permasalahan burung pleci yang tidak kunjung juara di perlombaan padahal sudah melalui perawatan maksimal.

Ada juga yang bertanya mengapa postur burung pleci tidak menarik dan berbagai pertanyaan lainnya. Untuk menyelesaikan masalah ini sebaiknya anda mulai memperhatikan pemberian makanan untuk burung pleci. Dibawah ini akan saya jelaskan makanan yang pantang diberikan untuk burung pleci.

Makanan yang Pantang Untuk Burung Pleci

1. Kacang-kacangan

Mungkin burung pleci sangat menyukai kacang, tetapi sebaiknya jangan memberikan kacang pada burung pleci. Apalagi yang anda berikan adalah kacang tanah. Kacang tanah mengandung zat beracun yang mengandung aflatoksin dan racun tersebut diklaim dapat menyebabkan kanker.

Tetapi jika anda terpaksa harus memberikannya pada burung pleci pastikan sudah dikupas kulit cangkangnya. Hal ini untuk menghindari adanya jamur atau bakteri yang ikut masuk.

2. Kafein

Jangan pernah coba-coba untuk memberikan kafein pada burung pleci. Apabila burung pleci sampai mengonsumsi kafein maka akan menyebabkan gangguan pada jantung dan hiperaktivitas. Hal ini akan menyebabkan burung pleci menjadi giras dan tidak mau dikontrol hampir mirip seperti kesurupan.

3. Alpukat

Selanjutnya adalah buah alpukat. Buah alpukat jangan diberikan pada burung pleci, sebab alpukat memiliki kandungan yang cukup berbahaya untuk burung pleci. Zat tersebut dapat menyebabkan burung pleci lambat laun mengalami kematian.

Apabila dikonsumsi terlalu sering, burung pleci akan kehilangan nafsu makan, nafas tersenggal-senggal, jantung berdetak kencang. Jadi, jangan berikan buah alpukat pada pleci apapun alasannya.

4. Asparagus

Asparagus termasuk dalam kategori sayuran yang tidak boleh dikonsumsi oleh burung pleci. Sayuran asparagus ini dapat menganggu saluran pencernaan burung pleci tersebut. Apabila diberikan pada burung pleci, maka akan menyebabkan mual-mual serta gangguan pada perut. Jika tetap diteruskan akan menyebabkan diare pada burung pleci.

5. Biji buah

Meskipun anda mengetahui bahwa buah-buahan dapat memberikan manfaat yang banyak untuk burung pleci. Tetapi untuk buahnya menjadi pantangan untuk dikonsumsi. Pemberian biji buah untuk burung pleci dapat menimbulkan kematian apabila biji buahnya sangat sulit dicerna, selain itu juga dapat menimbulkan cegukan.

Akhir Kata

Itulah ulasan mengenai pantangan burung pleci. Sudah mengerti kan sekarang makanan apa saja yang harus dihindari dari burung pleci. Makanan pantangan itu tidak baik untuk kesehatan burung pleci kedepannya, jadi sebagai pemilik harus bijak memberikan makanan yang berkualitas dan bergizi untuk burung pleci.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url