Ramuan Untuk Meningkatkan Volume Burung Pleci

 RAMUAN UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PLECI

Ramuan Untuk Meningkatkan Volume Pleci - Semua pemilik burung kicau pasti menginginkan burung peliharaannya bisa berkicau dengan lantang dan merdu. Berkicau dengan volume yang keras dan lantang, akan membuat penampilan burung pleci berkualitas di perlombaan nanti. Sehingga, banyak pemilik yang rela menghabiskan waktunya untuk mencari setingan atau perawatan yang tepat.

Ketika melakukan perawatan untuk burung pleci agar volumenya meningkat, tentu saja tidak terlepas dari kondisi burung pleci itu sendiri. Karena meskipun diberikan perawatan yang maksimal serta pelatihan yang rutin, tetapi kondisinya tidak baik maka semua itu akan sia-sia.

Oleh karena itu, sobat harus memperhatikan kondisi burung pleci terlebih dahulu dan sekaligus memahami karakter serta tipenya. Apabila sobat telah memahami karakter dan tipe burung pleci, maka sobat akan dengan mudah memberikan perawatan atau pelatihan yang tepat sesuai tipe burung pleci tersebut.

Dengan memahami karakter dan sifatnya, maka sobat akan dengan mudah mengetahui kelebihan dan kekurangan burung pleci tersebut. Namun, selain melakukan perawatan dan pelatihan untuk membuat burung pleci memiliki volume keras. Banyak yang menggunakan ramuan sebagai penyeimbangnya.

Ramuan itu bisa berupa racikan minuman atau makanan dari bahan alami dan tentunya bahan yang digunakan sangat mudah ditemukan. Racikan-racikan tersebut sudah banyak digunakan kicau mania untuk mengatasi burung kicau peliharaannya agar memiliki volume suara yang keras dan panjang.

Oleh karena itu, saya akan membahas beberapa tanaman atau daun yang dipercaya mampu membuat volume suara menjadi panjang. Namun, daun atau tanaman ini tidak diberikan secara langsung melainkan diolah atau dimasak terlebih dahulu. Meskipun bisa diberikan secara langsung, tetapi paruh burung pleci sangat kecil. Jadi, nanti akan kesulitan saat memakannya.

Maka dari itu, daun atau tumbuhan tersebut perlu diracik. Namun, untuk saat ini banyak kicau mania yang memilih doping oplosan. Tetapi, untuk penggunaan jangka panjang masih aman menggunakan bahan alami. Selain itu juga tidak memberikan efek samping untuk burung pleci. Simak pembahasannya dibawah ini.

Ramuan Alami Untuk Meningkatkan Volume Pleci

1. Ramuan Daun Mengkudu

Selain untuk bahan pengobatan herbal pada manusia, ternyata daun mengkudu juga baik digunakan untuk burung pleci. Karena memiliki manfaat yang cukup beragam, sehingga sangat cocok dijadikan pengobatan herbal. Selain itu, daun mengkudu juga banyak yang tumbuh liar sehingga mudah didapatkan.

Manfaat daun mengkudu untuk burung pleci adalah dapat menambah durasi volume suara burung pleci, membuat burung pleci menjadi rajin bunyi, dapat menyembuhkan pleci yang serak, dapat melancarkan system pencernaan, menambah stamina pleci, dan dapat membuat pleci menjadi gacor.

Cara Pemberian :

  • Sebelum digunakan, cuci bersih daun mengkudu lalu taruh diwadah yang sudah dilapisi kertas koran.
  • Biarkan air meresap pada kertas koran hingga sisa airnya benar-benar hilang.
  • Apabila sudah kering, kemudian jemur daun mengkudu dibawah sinar matahari hingga mudah rapuh saat disentuh.
  • Jika daun sudah mengering, langkah selanjutnya blender atau giling daun mengkudu hingga menjadi tepung.
  • Tepung daun mengkudu bisa ditambahkan pada voer burung pleci dan aduk hingga merata.
Namun, apabila ingin diberikan berupa racikan minuman. Daun mengkudu bisa direbus dengan madu dan gula aren asli dan jika sudah mendidih, ambil ampasnya menggunakan saringan lalu biarkan hingga dingin dan siap diberikan untuk pleci.

2. Ramuan dan krokot

Daun krokot banyak ditemukan disekitar rumah. Bagi sobat yang memiliki pekarangan, mungkin disana banyak tumbuhan krokot yang bisa didapatkan karena memang tumbuh secara liar. Meskipun dianggap sebagai rumput, ternyata daun krokot dapat memberikan manfaat untuk burung pleci.

Manfaat daun krokot untuk burung pleci yaitu dapat mendongkrak staminanya, dapat membuat suara pleci menjadi keras dan ngerol panjang. Daun krokot bisa diberikan secara langsung, namun untuk burung pleci sebaiknya diolah menjadi tepung atau voer.

Cara Pemberian :

  • Ambil daun krokot, lalu cuci hingga bersih.
  • Apabila sudah dicuci, petik daun krokot dan masukkan dalam wadah yang dilapisi kertas koran.
  • Diamkan sebentar hingga airnya meresap dan hilang.
  • Jika airnya sudah habis, lanjut daun krokot dikeringkan dengan dijemur dibawah sinar matahari.
  • Penjemuran harus dilakukan hingga daun benar-benar kering.
  • Jika sudah mengering, blender daun krokot hingga halus dan menjadi tepung.
  • Cara pemberiannya, campurkan tepung daun krokot sebanyak setengah sendok teh dan voer satu cepuk pakan.
  • Kemudian aduk hingga merata.

3. Ramuan daun binahong

Daun binahong sering dijadikan tanaman hias didepan rumah. Meskipun hanya dijadikan tanaman hias, ternyata daun binahong dapat bermanfaat untuk burung pleci sobat. Daun binahong dapat mengatasi beberapa masalah yang dialami burung pleci.

Manfaat daun binahong adalah mengatasi pleci yang tidak bergairah, mengatasi pleci meriang, mengatasi suara serak pada pleci, dapat mengatasi bulu pleci kering, dan dapat menyembuhkan penyakit panas dalam.

Cara Pemberian :

  • Cuci bersih beberapa lembar daun binahong, dan tambahkan 2 gelas air lalu direbus.
  • Jika sudah mendidih, air rebusan daun binahong disaring lalu dinginkan.
  • Untuk pembuatan ramuan ini sebaiknya dilakukan waktu malam hari. Sehingga besok paginya bisa sobat berikan pada pleci.
  • Agar rasanya manis, tambahkan madu dan gula aren asli.

4. Ramuan daun sawi

Sawi termasuk dalam jenis sayuran, daun sawi sering digunakan untuk jus sebagai asupan diet. Namun, manfaat daun sawi akan lebih teras ajika dicampurkan dengan buah. Daun sawi banyak dijual disupermarket, tapi bisa sobat dapatkan juga di tukang sayur.

Manfaat yang diberikan daun sawi untuk pleci adalah dapat menyehatkan bulu pleci, dapat menjaga stamina pleci, mengatasi masalah pencernaan, membuat bulu pleci berkilau.

Cara Pemberian :

  • Siapkan satu lembar daun sawi, satu buah apel, satu butir wortel dan satu buah tomat.
  • Untuk buah apel dikupas kulitnya terlebih dahulu, kemudian semua buah dipotong kecil-kecil.
  • Jika sudah, lanjut masukkan ke dalam blender dan di jus hingga halus.
  • Jus siap diberikan untuk burung pleci.

5. Ramuan daun saga

Ternyata daun saga juga dapat memberikan manfaat untuk burung pleci. Daun saga telah menjadi bagian dari tanaman herbal dan mampu mengatasi permasalahan pada burung pleci juga. Manfaat yang diberikan adalah dapat mengatasi infeksi tenggorokan, dapat mengatasi infeksi tenggorokan, dapat mengatasi radang tenggorokan dan macet bunyi.

Cara Pemberian :

  • Beberapa lembar daun saga dicuci hingga bersih dan tambahkan potongan kayu manis.
  • Kayu manis dan daun saga bisa direbus dengan menambahkan 2 gelas air, untuk gula batu opsional.
  • Rebus daun saga dan kayu manis hingga airnya mendidih.
  • Jika sudah mendidih lanjut dinginkan sebentar air rebusannya.
  • Selanjutnya bisa disaring, dan diberikan pada burung pleci.

Penutup

Demikianlah beberapa ramuan dari bahan alami untuk meningkatkan volume pleci. Mungkin burung pleci tidak menyukai daun-daunan, namun daun herbal tersebut bisa diracik dan diberikan tambahan vitamin agar semakin maksimal. Ramuan dari bahan alami ini bisa disebut sebagai doping alami. Selain ramah lingkungan, bahannya juga gratis.




Muchammad Farid

Saya adalah seorang Influencer dan Content Creator di bidang Media Online

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama