Waktu yang Tepat Untuk Memandikan Burung Pleci

 WAKTU YANG TEPAT UNTUK MEMANDIKAN BURUNG PLECI

Waktu yang Tepat Untuk Memandikan Pleci - Proses pemandian burung pleci sudah menjadi salah satu rangkaian perawatan burung sehari-hari. Sehingga, perawatan yang satu ini tidak mungkin dilewatkan begitu saja. Memandikan burung pleci membutuhkan kesabaran, sebab burung pleci ini tidak suka air dihabitat aslinya.

Perawatan burung pleci memang harus dilakukan dengan rutin. Melakukan perawatan untuk burung pleci jangan setengah-setengah, kita sebagai pemilik harus memahami apa saja rangkaiannya dan menerapkannya dengan baik. Menerapkan perawatan yang baik akan memberikan dampak yang positif untuk burung pleci kita.

Oleh sebab itu, lakukanlah perawatan dengan seneng hati agar hasilnya bisa memuaskan. Perlunya pemahaman dalam melakukan perawatan agar bisa berjalan dengan lancar dan dapat diterima oleh burung pleci. Salah satunya melakukan pemandian ini juga menjadi  perawatan untuk mengembalikan stamina burung pleci dan membuatnya lebih bugar dan sehat.

Pernahkah kita bertanya tentang cara pemandian yang baik? Mungkin pertanyaan itu jarang dipertanyakan, sebab menurut semua orang melakukan pemandian adalah yang mudah. Memang benar, kelihatannya cukup mudah namun apa salahnya bertanya.

Bisa jadi dengan pertanyaan tersebut kita mendapatkan informasi dan pengetahuan lagi seputar perawatan burung pleci. Nah, oleh karena itu kali ini saya akan menjelaskan waktu yang tepat untuk melakukan pemandian burung pleci.

Waktu yang Tepat Untuk Memandikan Burung Pleci

Pada habitat aslinya, burung pleci sama sekali tidak suka dengan air. Burung kacamata ini adalah burung yang berkelompok, sehingga mereka akan saling mengikuti kemanapun perginya tetap bersama-sama. Jika kita akan memandikan burung pleci usahakan jangan langsung menyemprotkan air tersebut ke tubuhnya.

Karena dalam memandikan burung pleci ada dua metode yang bisa kita lakukan. Metode pertama yaitu menggunakan hand sprayer. Jika menggunakan alat tersebut, nantinya air akan dimasukkan ke dalamnya lalu disemprotkan pada burung pleci seperti air hujan dan semprotkan semuanya hingga bulu luarnya menjadi basah kuyup.

Jangan membuat burung pleci terlalu basah, cukup semprotkan tipis saja asal rata seluruh tubuh. Metode yang kedua yaitu menggunakan kandang keramba. Kandang keramba ini sangat luas, jadi burung pleci bisa dimandikan dengan bebas didalamnya. Pemandian menggunakan kandang keramba membuat burung pleci menjadi lebih puas dengan pemandiannya dan bisa merasakan kesegaran airnya.

Meskipun burung pleci tidak begitu menyukai air, terkadang ada beberapa burung pleci yang sangat menyukai air hingga mereka mandi dengan sendirinya. Apabila burung pleci memiliki kebiasaan mandi sendiri seperti itu, sebaiknya berikan bak kecil dalam sangkarnya.

Hal ini dikarenakan untuk mengetahui waktu yang disukai burung pleci saat mandi. Pemandian burung pleci biasanya sering dilakukan pada pagi dan sore hari. Namun, untuk waktu baiknya pemandian dilakukan pada sore hari saja. Jadi saat pagi hari hanya sekedar menjemur dan mengasah suara kicauannya saja.

Tetapi saat pagi hari sebaiknya burung pleci harus dimandikan agar mau berkicau. Tetapi, sebelum dimandikan kita harus mengambil tempat makan dan minumnya, Hal ini dilakukan agar makanannya tidak basah terkena air. Karena pakan yang basah akan memberikan dampak yang buruk pada burung pleci, apalagi yang kita gunakan adalah air mentah.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan tentang waktu yang tepat untuk memandikan burung pleci. Sekarang sudah jelas bahwa memandikan burung pleci sebaiknya dilakukan saat sore hari saja. Namun, untuk jika ingin memandikannya di pagi hari itu juga diperbolehkan. Melakukan pemandian secara rutin dapat meningkatkan stamina burung pleci dan membuatnya menjadi semakin gacor.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url