Apakah Burung Pleci Betina Bisa Ngeriwik? Simak Ulasannya

Apakah Pleci Betina Bisa Ngeriwik ?

Apakah Pleci Betina Bisa Ngeriwik? - Hai sobat kicau! Jika pada artikel-artikel sebelumnya saya membahas tentang perawatan burung pleci lomba. Sekarang ini saya tertarik untuk membahas sebuah pertanyaan yang saya dapatkan dari rekan komunitas pleci mania pemula. Mungkin bukan hanya rekan saya saja yang bertanya, tapi diluaran sana saya yakin kalian sedang mencari jawaban atas pertanyaan tersebut.

Burung pleci memang dikenal sebagai burung kicau yang memiliki suara kicauan merdu dan juga bervariasi. Suara kicauannya tersebut dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi kicau mania. Kebanyakan burung pleci dipelihara hanya untuk dijadikan bahan lomba. Tapi kebanyakan burung pleci yang dipilih untuk bahan lomba ataupun hanya menjadi peliharaan rumahan.

Mengapa harus memilih yang berjenis kelamin jantan? Apakah burung pleci betina tidak bisa ngeriwik? Mungkin sebagian oranh juga merasa bingung dengan masalah tersebut. Jika sama-sama bisa ngeriwik kenapa yang dipilih selalu pleci jantan. Dan jika tidak bisa ngeriwik apa alasannya?

Banyak sekali sebenarnya pertanyaan tentang burung pleci betina ini. Setiap burung kicau baik itu betina atau jantan, sebenarnya bisa ngeriwik dan berkicau. Hanya saja, menurut beberapa pendapat para kicau mania. Memilih bahan lomba harus burung kicau jantan, selain lebih kuat dalam segi mental.

Burung pelci jantan juga bisa berkicau dengan lebih lantang. Jadi, menurut mereka kurang lebih burung kicau jantan akan lebih fighter dan menjanjikan dalam hal perlombaan. Tapi, daripada salah sangka dengan itu semua. Sebaiknya kalian membaca pembahasan saya di bawah ini agar lebih jelas.

Apakah Pleci Betina Ngeriwik?

Burung pleci adalah burung kicau yang paling banyak diminati oleh pecinta burung. Karena memiliki suara yang bagus dan berkualitas burung pleci sering dipilih untuk bahan perlombaan. Burung pleci memiliki 2 macam suara yaitu suara tinggi dan rendah. Suara burung pleci yang tinggi berbunyi peeetttt, sedangkan suara rendahnya berbunyi wwuukkkk.

Walaupun memiliki 2 suara kicauan, ada juga yang mampu mengeluarkan satu suara saja. Dimana pleci yang hanya mengeluarkan suara satu tersebut adalah betina. Sangat benar sekali, burung pleci betina memang memiliki kemampuan ngeriwik. Meskipun dilihat dari jenis dan fisiknya mirip, tetapi untuk mendapatkan suara kicauan pleci betina yang bagus bukanlah hal mudah.

Sebab hal itu hanya berlaku untuk burung pleci berkualitas bagus yang dapat mengeluarkan suara ngriwik yang keren. Untuk memastikan pleci betina bisa ngriwik atau tidak, satu hal yang bisa kalian lakukan yaitu dengan melihat bagaimana cara mengawininya.

Ketika kalian sedang melihat burung pleci betina dalam proses feromon yaitu menyemprotkan keringat dari lubang paruh pada burung pleci jantan. Dapat diartikan bahwa burung pleci betina kalian sedang dalam masa subur. Burung pleci betina bisa saja ngriwik, tapi pada saat musim perkembangbiakannya.

Burung pleci betina memang bisa ngeriwik, namun suara ngriwiknya hampir seperti seruling dibandingkan suara ngeriwik burung pleci jantan. Tapi mungkin suara burung pleci betina tidak bisa lantang seperti pleci jantan. Karena burung pleci betina memiliki kemampuan ngeplong.

Penutup

Jadi, bagaimana sekarang sudah jelaskan bahwa semua burung pleci bisa ngeriwik. Baik itu jantan atau betina. Burung pleci yang dipilih untuk bahan lomba memang yang berjenis kelamin jantan. Sebab burung pleci jantan memiliki suara kicauan yang lebih lantang dari pleci betina. Selain itu, penampilan garangnya di dimiliki oleh pleci jantan. Itulah jawaban mengenai pertanyaan apakah pleci betina bisa ngriwik.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url