Berapa Lama Penjemuran Burung Pleci? Simak Ulasannya

BERAPA LAMA PENJEMURAN PLECI

Berapa Lama Penjemuran Pleci - Halo pleci mania! Membahas tentang perawatan burung pleci memang tidak ada habisnya. Banyak hal yang harus dilakukan setiap harinya, mulai dari pengembunan, pemandian, penjemuran, pemberian pakan dan masih banyak lagi. Semua itu dilakukan untuk menciptakan burung pleci yang sehat dan juga gacor dengan cepat.

Burung pleci yang selalu mengikuti berbagai rangkaian perawatan secara teratur, akan memiliki performa yang berkualitas nantinya. Selain memberikan perawatan, settingan juga sangat diperlukan untuk burung pleci. Setingan ini sangatlah penting untuk membentuk mental dan juga mengasah kemampuannya dari dalam.

Burung pleci yang sehat dan juga aktif akan sangat cocok diikutkan perlombaan. Sekarang ini memang masih banyak para kicau mania yang memilih burung pleci untuk dijadikan bahan lomba. Karena burung pleci mempunyai berbagai kelebihan dan ketrampilan dalam berkicau. Kelebihan yang dimilikinya membuat burung pleci cocok menjadi juara di perlombaan burung kicau.

Suara kicauan yang merdu dan menarik membuat banyak orang menyukai burung kicau tersebut. Burung yang akrab dijuluki sebagai burung kacamata ini memang sudah gacor dari sejak lahir. Tapi, meskipun begitu burung pleci tetap membutuhkan latihan dan juga perawatan yang benar. Dengan perawatan yang benar burung pleci akan cepat buka paruh dan gacor.

Salah satu perawatan burung pleci yang paling penting dan tidak boleh terlewatkan adalah penjemuran. Metode penjemuran ini memang harus dilakukan oleh semua jenis burung kicau. Jadi, bukan hanya khusus untuk burung pleci saja. Penjemuran memberikan banyak sekali manfaat dan juga kelebihan yang sangat baik untuk menjunjang performa burung pleci peliharaan anda.

Banyak yang bertanya tentang berapa lama penjemuran pleci. Oleh sebab itu disini saya tertarik untuk membahasnya secara detail. Pembahasan artikel kali ini memang menyeluruh tentang penjemuran saja. Jadi bagi kicau mania atau pleci mania pemula, harap disimak dengan baik.

Cara Menjemur Burung Pleci Dengan Baik dan Benar

1. Teknik penjemuran

Ketika menjemur burung pleci anda, sebaiknya jangan menggunakan kerodong sangkar. Apalagi jika anda tinggal di pemukiman yang panas. Sebab, jika anda menjemur burung pleci menggunakan kerodong sangkarnya. Burung pleci akan semakin kepanasan dan juga terengah-engah, dan akibat fatal lainnya burung pleci bisa mati karena kekurangan oksigen serta udara yang sangat pengap.

2. Waktu penjemuran

Untuk waktu penjemuran burung pleci juga harus diperhatikan. Penjemuran sangat bermanfaat untuk kesehatan burung pleci dan juga performanya. Saat menjemur burung pleci anda harus memperhatikan situasi kondisinya, apabila terlalu panas jangan mengambil wadah pakan dan minumnya biarkan saja tetap berada di sangkar.

Penjemuran burung pleci bertujuan untuk menambah durasi berkicau semakin lantang. Penjemuran ini baiknya dilakukan pada jam 8 sampai jam 9 pagi. Jangan pernah menjemur melebihi jam 10, karena matahari sudah sangat terik dan panas.

3. Menjemur sebelum dan sesudah dimandikan

Pada saat penjemuran baiknya burung pleci harus dimandikan. Pemandian ini juga sangat penting, karena merupakan salah satu rangkaian dalam perawatan harian burung kicau. Banyak sekali hal yang harus diperhatikan dalam penjemuran burung pleci. Jika burung pleci sudah selesai dimandikan, kalian bisa mengangin-anginkannya terlebih dahulu.

Hal tersebut berfungsi untuk menata bulu-bulu pleci yang berantakan atau kusut setelah dimandikan. Usahakan jangan memandikan burung pleci saat cuaca sedang panas, sebab jika dimandikan tubuhnya akan cepat mengering dan tidak sempat menata bulunya yang kusut. Hal itu dapat merusak bulu burung pleci menjadi kering dan keriting.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan tentang berapa lama penjemuran pleci. Untuk durasi penjemuran setiap jenis burung dan tipenya berbeda-beda, jadi pahamilah tipe burung pleci anda agar dapat menentukan durasi penjemuran yang tepat dan pas. Penjemuran harus dilakukan secara teratur dan konsisten agar hasilnya lebih memuaskan, selamat mencoba.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url