Cara Agar Burung Pleci Cepat Ngalas Isian

CARA AGAR PLECI CEPAT NGALAS

Cara Agar Pleci Cepat Ngalas - Halo sobat kicau mania! Semua pemilik burung pleci pastinya sangat senang jika memiliki burung kicau yang bisa buka paruh dan gacor sepanjang hari. Tapi, jika menginginkan hal itu kalian harus melakukan perawatan semaksimal mungkin. Seperti memberinya perawatan harian secara rutin, memberikan setingan yang tepat dan juga pelatihan untuk membentuk mental dan juga suara kicauannya.

Sebenarnya banyak sekali yang harus dipersiapkan dan harus dilakukan untuk merawat burung pleci. Itu semua dilakukan untuk menciptakan burung pleci berkualitas unggul dan juga memiliki performa baik di lapangan perlombaan nanti. Burung pleci sampai sekarang masih dipilih untuk menjadi bahan lomba.

Karena memang memiliki kelebihan dan kemampuan dalam berkicau yang sangat merdu dan menarik. Burung pleci memiliki suara kicauan yang khas dan indah. Meskipun burung pleci tidak memiliki suara kicaunnya sendiri, tetapi mampu menirukan suara kicauan burung lain.

Ketika menirukan suara kicauan burung lainnya, burung pleci akan menggunakan cengkok dan iramanya yang sangat khas sehingga akan lebih mudah dikenal oleh kicau mania. Mereka tetap bersikap profesional ketika berkicau di hadapan orang banyak. Itulah mengapa kalian harus bisa menjinakkan burung pleci agar tidak mudah takut di hadapan banyak orang.

Karena tidak mempunyai suara kicauannya sendiri, burung pleci membutuhkan pemasteran untuk menambah isian. Fungsi pemasteran untuk burung pleci memang sangat banyak, salah satunya agar kicauan yang dikeluarkan lebih bervariasi dan tidak terdengar monoton. Sangat indah sekali bukan jika mendengar suara kicauan burung pleci yang bervariasi dan unik.

Jika di ilustrasikan suara burung pleci hampir mirip dengan suara burung kicau di hadapan pemandangan bukit yang indah. Seperti itulah keindahan suara burung pleci. Jika kalian menginginkan burung pleci cepat ngalas panjang dan gacor. Simak pembahasannya dibawah ini, untuk tau beberapa perawatan yang harus dilakukan untuk mempercepat pleci gacor dan ngalas panjang.

Cara Perawatan Burung Pleci Agar Cepat Ngalas Panjang

1. Rawatan pengembunan

Pengembunan memang telah menjadi salah satu bagian dari perawatan burung kicau, termasuk burung pleci. Banyak sekali manfaat yang didapatkan dari pengembunan yaitu dapat memancing burung pleci agar berkicau lebih nyaring. Sebab, saat pengembunan akan terdengar suara kicauan burung lain sehingga akan bersahut-sahutan.

Selain memancing untuk berkicau, dengan pengembunan juga dapat melatih pernafasannya supaya semakin panjang dan durasi kicauannya semakin lantang. Okesigen yang didapatkan ketika pengembunan masih segar dan bersih, dan itu sangat baik untuk organ pernafasan burung pleci kalian.

Untuk pengembunan burung pleci sangat mudah sekali, jika memiliki lebih dari satu pleci jejerkan sangkarnya agak berjauhan, sehingga saat matahari mulai muncul mereka akan saling berkicau dengan bersahut-sahutan. Lakukan perawatan ini sampai pukul 7 pagi.

2. Cara dan waktu pemandian

Setelah mengikuti perawatan pengembunan, burung pleci harus dimandikan. Sebelum itu, keluarkan cepuk pakan dan minumnya terlebih dahulu. Gunakan metode sprayer dalam proses perawatan mandi burung pleci. Metode sprayer ini bisa kalian lakukan dengan menyemprotkan air secara perlahan pada tubuh burung pleci.

Lakukan penyemprotan tersebut sampai basah kuyup. Mandikanlah burung pleci setiap hari. Waktu pemandian harus dilakukan dibawah pukul 8 pagi dan hanya berdurasi 15 menit. Jangan terlalu lama, yang penting bulunya basah.

3. Menjaga kebersihan

Menjaga kebersihan ini dimaksudkan untuk selalu menbersihkan kandang atau sangkarnya. Setelah burung pleci dimandikan, kalian harus memastikan kandangnya bersih dari kotoran burung pleci dan juga sisa-sisa pakan yang tumpah.

Setiap seminggu sekali pembersihan sangkar dilakukan dengan menggunakan desinfektan, agar lebih bersih dan bakteri mati. Semprotkan desinfektan dari atas sampai bawah sangkar burung pleci. Pembersihan sangkar ini agar burung merasa nyaamn dan tidak stres dalam sangkar.

4. Perawatan penjemuran

Penjemuran juga menjadi salah satu rangkaian wajib burung pleci. Penjemuran harus dilakukan dibawah sinar matahari secara langsung supaya bulunya yang basah menjadi kering. Untuk waktu penjemurannya dimulai pada pukul 8 sampai jam 10 pagi.

Jangan menjemur diatas jam 10, karena sinar matahari sudah sangat panas dikhawatirkan burung pleci akan kepanasan. Sambil melakukan penjemuran, masukkan kembali cepuk pakan dan minumnya.

5. Pemberian pakan yang tepat

Voer adalah makanan utama burung pleci yang sedang dalam perawatan. Untuk memberikan voer yang berkualitas, pilihlah berdasarkan komposisinya. Berikanlah voer halus untuk burung pleci peliharaan. Untuk mengetahui pakan tersebut cocok atau tidak, cobalah memperhatikan kotorannya jika berbentuk padat atau cair dalam beberapa hari, tandanya tidak cocok dengan merek tersebut dan harus diganti. Selanjutnya berikanlah kroto sedikit saja setiap hari atau ulat hongkong yang banyak dijual di kios burung.

6. Pengrodongan dan pemasteran

Jika sudah sore menjelang maghrib, tutuplah sangkar burung pleci menggunakan kerodong. Hal ini bertujuan supaya burung pleci dapat beristirahat dengan total dan kembali fit. Sambil dikerodong, burung pleci bisa juga dimasteri. Seperti penjelasan diatas, pemasteran berperan penting untuk menambah materi isian. Dengan begitu burung pleci akan berkicau dengan banyak variasi isian.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan mengenai cara perawatan burung pleci agar cepat ngalas panjang. Cara diatas bisa kalian lakukan secara rutin dan konsisten. Agar mendapatkan hasil yang maksimal jangan lupa penuhi asupan nutrisi dan gizinya dengan pemberian pakan yang berkualitas tentunya. Jadi, jangan pernah malas untuk melakukan perawatan tersebut. Selamat mencoba dan semoga berhasil.




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Baca Juga