Cara Membuat Burung Pleci Buka Paruh Dalam Waktu Singkat

CARA MEMBUAT PLECI BUKA PARUH DALAM WAKTU SINGKAT

Cara Membuat Pleci Buka Paruh Dalam Waktu Singkat - Setelah vakum selama 2 tahun lamanya, burung pleci kini muncul kembali di arena perlombaan. Banyak sekali peserta yang mengikuti perlombaan burung kicau tersebut termasuk burung pleci. Burung pleci memang masih menjadi andalan para kicau mania. Sebab burung kicau tersebut mampu menjadi jawara di perlombaan.

Apalagi memiliki banyak kelebihan dari segi suara, fisik dan juga mental. Tidak salah pilh jika menjadikan burung pleci sebagai burung kicau gacoan lomba. Karena dapat dipastikan mereka mampu menjuarai perlombaan tersebut. Memang menyenangkan jika memiliki burung kicau peliharaan yang sering juara, tapi apakah kalian yakin bisa memberikan perawatan yang terbaik?

Merawat burung kicau memanglah tidak gampang, termasuk burung pleci. Akan ada banyak kendala dan masalah yang dilewati selama proses perawatan burung pleci. Masalah seperti ini kerap kali menjadi alasan para pemilik menyerah dan menjual burung peliharaannya kepada orang lain. Padahal ketika membentuk burung pleci yang berkualitas diperlukan kesabaran ekstra dan kemauan yang kuat.

Jika kalian sudah memiliki kemauan yang kuat, otomatis segela bentuk niat sudah ada di dalam hati dan tidak goyah sebelum semuanya terwujud. Apalagi bagi kalian yang menjadi penghobi burung kicau, tentu saja masalah seperti itu tidak lagi kendala yang berat. Sebab setiap masalah yang terjadi selama perawatan pasti ada solusinya.

Kecuali jika burung pleci tersebut sudah sakit dan sekarat baru tidak bisa di tolong. Burung pleci memang membutuhkan perawatan yang lama, tidak hanya sebulan atau dua bulan saja. Meskipun demikian tidak membuat burung pleci langsung gacor dan buka paruh. Terkadang untuk ngriwik saja masih ragu-ragu dan malu menunjukkannya.

Inilah yang membuat sebagian pemilik merasa putus asa dengan prosesnya sendiri. Padahal kalian tidak boleh memandingkannya dengan proses orang lain. Sebab yang kalian pelihara adalah makhluk hidup, setiap jenisnya mempunyai karakter dan tipe yang berbeda. Semua butuh waktu dan proses tidak bisa disamakan begitu saja.

Intinya tetap fokus pada tujuan pertama yaitu membentuk burung pleci yang berkualitas. Dibawah ini akan saya jelaskan bagaimana caranya membuat burung pleci bisa buka paruh dengan cepat dalam waktu singkat. Penasaran tidak? Jika penasaran simak pembahasannya sampai selesai dan jangan di skip.

Cara Membuat Burung Pleci Buka Paruh Dengan Cepat

1. Menghentikan pemberian buah-buahan

Apabila kalian sudah terbiasa memberikan pakan buah-buahan pada burung pleci, sebaiknya hentikan terlebih dahulu pemberiannya. Gantikan pakannya menggunakan serangga seperti ulat kandang. Untuk porsinya cukup ½ mangkok kecil. Ulat yang kalian berikan harus ulat kandang yang bisa di dapatkan dengan mudah di pasar unggas.

Tapi pakan ini bisa juga divariasikan dengan ½ sendok makan kroto serta ulat hongkong yang berwarna putih dan masih muda. Sehingga saat pagi hari gizinya sudah tercukupi. Namun, perhatikan untuk tidak memberikannya secara berlebihan. Karena dapat menyebabkan kusam dan mudah rontok.

2. Mengembunkan secara teratur

Burung pleci harus diembunkan setiap pagi hari. Pengembunan ini memang sangat penting untuk burung pleci yang baiknya dilakukan setiap jam 5 sampai jam 7 pagi supaya kesehatan burung pleci tetap terjaga dan sekaligus dapat merangsang burung pleci agar bisa buka paruh dengan cepat.

Selain itu dengan pengembunan burung pleci akan lebih giat berkicau sebab udara di pagi hari masih sangat segar. Dan mampu menstabilkan birahi burung pleci itu sendiri.

3. Penjemuran secara teratur

Setelah burung pleci dimandikan, selanjutnya adalah metode penjemuran yang akan dilakukan pada jam 7 sampai jam 10 siang.  Pada saat penjemuran burung pleci jangan diberi makanan atau minuman agar pernafasannya bisa bertambah dengan baik.

Hindarilah penjemuran diatas jam 10 siang karena sinar matahari sudah sangat panas dan juga kualitasnya buruk untuk kesehatan. Proses penjemuran wajib dilakukan untuk semua jenis burung kicau.

4. Menambahkan multivitamin

Apabila proses penjemuran sudah selesai dilakukan. Maka kalian bisa memberikan multivitamin untuk burung pleci berupa susu kental manis. Multivitamin diberikan pada siang hari dan tambahkan dengan ebood vit yang dicampurkan pada minuman burung pleci. Sedangkan untuk takarannya berikan 5 tetes dengan 50 ml air bersih.

5. Meletakkan di tempat sejuk

Burung pleci bisa kalian pindahkan pada tempat yang sejuk seperti di bawah pohon atau di teras rumah selama 15 menitan. Hal ini sangat penting untuk burung pleci sebab dapat membuatnya semakin nyaman dan tenang sekaligus dapat mempercepat buka mulut.

Akhir Kata

Itulah cara membuat burung pleci buka paruh dalam waktu singkat. Perawatan diatas bisa kalian lakukan secara teratur dan konsisten agar hasilnya semakin maksimal dan bagus. Jangan pernah melewatkan perawatan harian, sebab sangat penting untuk menunjang mental dan kesehatan burung pleci kedepannya.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url