Cara Membuat Racikan Pakan Burung Pleci Agar Gacor

CARA MEMBUAT RACIKAN PAKAN PLECI

Cara Membuat Racikan Pakan Pleci - Burung pleci membutuhkan nutrisi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada tubuhnya. Burung pleci dikenal sebagai burung kacamata. Meskipun memiliki bentuk fisik yang kecil dan mungil, burung pleci sangat aktif dan banyak tingkah ketika disangkar. Sampai saat ini burung pleci masih menjadi pilihan banyak orang untuk dijadikan bahan lomba.

Karena menurut mereka pleci masih mampu menjadi jawara. Burung kacamata ini memiliki segudang kelebiha, seperti suara kicauannya yang merdu dan indah. Kelebihan lain yang didapatkan juga berasal dari penampilan fisiknya yang sangat cantik dengan bulu mengkilap dan tubuh yang proporsional.

Burung pleci masih diyakini dapat menjadi burung jawara di dunia burung kicau. Kemampuan-kemampuan yang dimilikinya dapat membawanya ke ajang perlombaan besar. Meski tidak memiliki ciri khas suara kicauan asli miliknya sendiri. Burung pleci sangat baik membawakan suara kicauan burung lain dengan ciri khasnya yang sangat merdu dan indah.

Burung pleci membawakan suara kicauan dengan banyak dan bervariasi. Oleh sebab itu kicauan yang dikeluarkan burung pleci sama sekali tidak membosankan untuk di dengar. Burung kacamata ini dijual dengan sangat terjangkau untuk ombyokan dan harga mahal untuk yangs siap lomba. Karena banyaknya acara perlombaan, para kicau mania sekarang berlomba-lomba untuk menciptakan burung pleci yang berkualitas dan unggul.

Dengan memberikan perawatan yang maksimal serta latihan rutin untuk melatih suara kicauannya. Banyak juga yang memberikan pakan racikan untuk burung pleci agar cepat gacor. Pakan racikan atau minuman racikan memang dipercaya dapat meningkatkan kualitas kicauan burung pleci anda.

Jika anda masih pemula dan ingin membuat racikan pakan sederhana untuk burung pleci supaya cepat gacor. Dibawah ini akan saya jelaskan resep pembuatan pakan racikan dengan bahan-bahan yang mudah di temukan dan tentunya ramah kantong. Jadi, simak pembahasannya dengan baik.

Bahan-Bahan Racikan Pakan Burung Pleci

1. Voer yang cocok untuk pleci

Voer adalah makanan utama untuk burung pleci. Ketika memberikan voer anda harus memilih yang berkualitas dan kandungannya cukup lengkap. Voer menjadi salah satu bahan untuk racikan pakan burung pleci. Biasanya voer yang digunakan oleh kicau mania adalah voer leopard.

Dengan memberikan voer leopard, anda tidak perlu khawatir lagi karena sudah pasti aman. Voer leopard memiliki tekstur yang halus dan juga mudah di campurkan dengan pakan lainnya. Selain itu, voer tersebut sangat mudah didapatkan di toko pakan burung.

2. Susu kental manis putih

Selanjutnya yaitu susu kental manis. Susu kental manis juga dibutuhkan dalam pembuatan racikan pakan burung pleci. Susu kental manis merek apa saja bisa anda gunakan dalam pembuatan racikan pakan ini. Selain harganya sangat murah, susu kental manis saset juga mudah didapatkan pada warung-warung kecil.

Namun jika didaerah anda tidak ada yang menjual susu saset kental manis eceran. Bisa juga menggantinya dengan susu dancow bubuk. Setiap susu pasti mengandung nutrisi yang sama jadi bisa pilih mau yang bubuk atau kental manis.

3. Madu rasa

Bahan yang ketiga yaitu menggunakan madu rasa. Untuk menghemat biaya cukup membeli madu yang saset saja. Selain harganya murah cukup 1000 an saja, madu saset juga mudah didapatkan di toko sekitar rumah. Untuk merek yang dipilih dalam membeli madu tidak ada patokan alias bebas.

Jadi mau menggunakan merek madu apapun diperbolehkan. Malah lebih bagus lagi jika anda menggunakan madu hutan asli. Jangan menambahkan madu terlalu banyak untuk takarannya nanti disesuaikan saja. Karena fungsi madu hanya untuk penghangat.

4. Minyak ikan

Selanjutnya yaitu minyak ikan. Semua orang pasti mengetahui manfaat yang didapatkan dari mengonsumsi minyak ikan. Minyak ikan berguna untuk pertumbuhan anak-anak. Pasti minyak ikan dibutuhkan oleh orang tua agar anaknya dapat tumbuh dengan baik. Karena minyak ikan sangat berkhasiat untuk membantu selama pertumbuhan. Seperti bisa menambah nafsu makan, memperkuat imun tubuh.

5. Telur bebek

Bahan yang terakhir yaitu telur bebek. Banyak yang menjual telur bebek di pasar, namun jika anda ingin menggunakan telur ayam atau telur kampung juga diperbolehkan. Asalkan telurnya tersebut masih dalam keadaan fresh dan tidak busuk.

Cara Pembuatan Racikan Pakan Pleci Gacor

Sebelum mencampurkan semua bahan tersebut, pertama siapakan wadah untuk membuat adonan pakan racikan tersebut. Dan jangan lupa untuk menyiapkan kaleng seperempat yang memiliki ukuran kecil atau sedang. Siapkanlah garpu atau jarum yang berfungsi untuk melubangi minyak ikan agar cairannya bisa keluar.

Jika semua peralatan sudah disiapkan, selanjutnya ambil telur bebek lalu pecahkan dan diambil kuningnya saja. Masukkan ke dalam wadah adonan yang telah dipersiapkan. Kemudian campurkan dengan madurasa, skm, dan juga minyak ikan yang di tusuk sebanyak 5 butir saja. Apabila semua bahan masuk, aduklah semuanya menjadi rata.

Lalu yang terakhir ditambahkan dengan voer leopard yang telah disiapkan tadi. Kemudian aduk hingga merata kembali. Semua bahan yang dicamprukan tadi pastinya masih basah. Untuk mengeringkannya anda bisa melalukan oven pada adonan tersebut atau menjemurnya dibawah sinar matahari. Pastikan adonan tersebut benar-benar kering dan adonannya merata. Jika sudah diamkan terlebih dahulu sekitar 1 sampai 2 jam baru pakan racikan siap diberikan.

Penutup

Demikianlah pembuatan racikan pakan sederhana untuk burung pleci agar cepat gacor. Sangat mudah sekali bukan cara pembuatannya. Menggunakan bahan yang mudah didapatkan sekaligus murah, dapat membuat burung pleci menjadi gacor dan rajin berkicau. Jika anda berhasil membuat racikan pakannya, share pengalaman anda dikomentar ya. Selamat mencoba.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url