Cara Mengatasi Burung Pleci Cuma Ngecall Sepanjang Hari

CARA MENGATASI PLECI CUMA NGECALL

Cara Mengatasi Pleci Cuma Ngecall - Halo sobat kicau mania indonesia! Siapa sih yang tidak ingin mempunyai burung kicau peliharaan bisa cepat buka paruh? Tentu saja semua orang sangat senang bisa memiliki burung peliharaan yang rajin berkicau dirumah. Sebab, burung pleci yang cepat buka paruh dapat dijadikan bahan lomba.

Merawat burung pleci memang tidak mudah, termasuk burung kicau jenis lainnya juga. Memang membutuhkan kesabaran ekstra untuk menciptakan burung pleci yang berkualitas unggul di perlombaan. Namun, semua itu bukanlah beban jika anda memang penghobi burung kicau. Perawatan terbaik memang sangat penting untuk meningkatkan kinerjanya.

Sehingga penampilannya semakin bagus dan menarik jika kesehatannya tetap terjaga. Burung pleci sampai saat ini masih sangat ramai di cari orang. Banyak yang memilih burung pleci untuk dijadikan hewan peliharaan dirumah atau bahan lomba. Tapi kebanyakan di pilih untuk bahan lomba. Burung pleci mempunyai suara kicauan yang khas dan juga lantang.

Meskipun burung pleci berfisik kecil, tapi jangan pernah anda meremehkan burung kicau yang satu ini. Jika mereka sudah berkicau dan mengeluarkan semua materi isiannya, maka mampu membuat semua juri kagum terhadapnya. Burung yang dikenal sebagai burung kacamata ini memang masih digemari hingga sekarang.

Banyak yang memilih memelihara burung pleci ombyokan, sebab burung pleci ombyokan harganya masih sangat terjangkau dibandingkan dengan burung pleci dewasa yang sudah juara. Memelihara burung pleci ombyokan juga tidak boleh sembarangan. Anda harus pandai memilih pleci ombyokan yang prospek.

Jika sudah prospek artinya burung kacamata tersebut sudah siap melakukan berbagai pelatihan dan pembentukan mental burung lomba. Apabila anda memilih pleci yang belum prospek, dikhawatirkan nantinya burung pleci tidak akan sanggup menerima segala rangkaian perawatannya.

Selain itu perawatan yang anda berikan akan berakhir sia-sia saja. Sebab burung pleci hanya ngecall dan tidak mau buka paruh seperti burung kicau lainnya. Tapi, bagaimana jika pleci prospek dan hanya ngecall? Untuk pertanyaan tersebut akan saya ulas dibawah ini.

Cara Mengatasi Burung Pleci Cuma Ngecall Dengan Mudah

Cara yang saya jelaskan dibawah ini merupakan hasil dari pengalaman rekan saya yang juga bergabung pada komunitas pleci mania di daerahnya. Ini adalah hal objektif yang bisa anda lakukan jika memang tujuannya hanya sekedar buka paruh, mendengarkan nyanyiannya dan juga dapat mengamati perilakunya. Dibawah ini adalah hal objektif yang bisa anda lakukan untuk mengatasi burung pleci susah buka paruh.
  • Menjaga kebersihan kandang burung pleci. Burung pleci memang sangat menyukai kandang atau sangkar yang bersih dan terbebas dari bau. Dengan begitu mereka dapat merasa nyaman dan betah dalam sangkarnya. Burung pleci akan menjadi stres jika sangkarnya terlihat kotor dan bau. Stres yang di alaminya dapat menyebabkan burung pleci susah buka paruh.
  • Adanya burung kicau lain di sekitarnya yang tidak akan membuatnya ketakutan dan juga merasa terintimidasi. Pilihlah burung kicau yang tidak membuat burung pleci merasa minder dan ketakutan. Dengan begitu anda dapat memancing suara burung pleci agar mau buka paruh dengan cepat.
  • Selanjutnya dari makanan, makanan memang sangat penting untuk burung pleci. Makanan utama burung pleci memanglah voer, tapi jika diberikan voer saja saya yakin kebutuhan nutrisinya tidak akan terpenuhi dengan maksimal. Oleh sebab itu berikanlah ekstra fooding atau pakan tambahan seperti sayuranj, buah, serangga, dan juga biji-bijian.
  • Kemudian mandi, mandi dapat mengembalikan stamina burung pleci yang hilang setelah melakukan perawatan sebelumnya. Karena itulah mandi menjadi rawatan penting yang tidak boleh dihindari oleh burung pleci dan juga burung kicau lainnya. Pastikan anda memandikan secara rutin kecuali saat kondisinya sakit.
Jadi, itulah cara yang bisa anda terapkan untuk membuat burung pleci cepat buka paruh. Cara diatas bisa anda terapkan dengan konsisten dan teratur, usahakan perawatan hariannya tidak boleh di lewatkan. Sebagai tambahan, gantanglah burung pleci bersama burung kicau lainnya yang setiap hari berganti jenis. Bisa juga mengajaknya berjalan-jalan.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url