Cara Mengatasi Burung Pleci Jantan Tidak Mau Ngeriwik

CARA MENGATASI PLECI JANTAN TIDAK MAU NGERIWIK

Cara Mengatasi Pleci Jantan Tidak Mau Ngeriwik - Hai semuanya! Burung pleci sampai saat ini masih menjadi incaran para kicau mania. Bahkan setelah vakum dua tahun lamanya akibat pandemi covid 19, sekarang ini semakin banyak pemula yang memelihara burung pleci. Semua orang mendadak jadi penghobi burung kicau, usut punya usut penyebab banyaknya para kicau mania pemula adalah karena faktor pandemi.

Sejak diberlakukan lokdown total diseluruh indonesia, menyebabkan banyak orang yang menganggur. Akibat pengangguran itulah tidak ada orang yang memiliki kesibukan lain selain tidur dan bermain hp dirumah. Apalagi tidak boleh adanya kerumunan, semakin bosan dan tidak bisa berbuat apapun.

Untuk mengatasi kebosanan tersebut, banyak orang yang berinisatif untuk memelihara burung kicau. Burung kicau yang dipilih sebagai peliharaan dirumah adalah pleci. Pleci memang sangat cocok di pelihara dalam rumah ataupun dijadikan burung bahan lomba. Bahkan sampai saat ini pun pemelihara burung pleci semakin banyak dan semakin bertambah.

Karena pademi sudah berlalu, awal 2022 sudah mulai dibuka acara perlombaan burung kicau. Meskipun ada sedikit pembatasan pengunjung dan peserta, tapi tidak menyurutkan semangat kicau mania yang ikut berlaga. Dan semakin kesini, keadaan mulai membaik event perlombaan sudah mulai banyak digelar di berbagai daerah.

Banyak kicau mania yang ikut serta dalam perlombaan tersebut. Agar burung pleci gacoan menang dan menjadi juara di perlombaan, kalian harus melatihnya sebaik mungkin. Burung pleci harsu bisa berkicau dengan lantang dan banyak materi isian yang dimilikinya. Burung pleci yang berkualitas unggul dapat dipastikan akan mendapat predikat juara nantinya.

Tapi terkadang tidak semudah itu dalam merawat burung pleci. Untuk membuat burung pleci ngeriwik saja susah, lantas bagaimana bisa berkicau lantang dan gacor? Disinilah masalah yang kerap dialami oleh kicau mania. Tetapi bukan berarti tidak dapat diatasi ya. Lalu bagaimana cara mengatasi pleci jantan tidak mau ngriwik?

Cara Mudah Mengatasi Pleci Jantan Cepat Ngeriwik

1. Menjinakkan burung pleci

Maksud dari penjinakkan burung pleci bukanlah sampai harus jinak banget. Atau sampai burung pleci bisa diatur sesuai kemauan kalian. Tetapi, penjinakkan ini dilakukan untuk tujuan tertentu yaitu agar burung pleci tidak ketakutan saat didekati orang. Burung pleci yang ketakutan, tidak akan berani mengeluarkan suaranya di depan banyak orang.

Cara menjinakkan burung pleci yaitu taruhlah sangkar burung pleci di pinggir jalan yang dilalui banyak orang, semprotkam tubuh pleci menggunakan air setiap pagi dan sore sampai basah kuyup, pakan diberikan telat agar pleci sampai merasa kelaparan.

2. Memberikan pakan

Dalam merawat burung pleci memang tidak lepas dari pemberian pakan. Pakan yang berkualitas memang sangat penting untuk perkembangan burung pleci kedepannya. Memilih pakan untuk burung pleci tidak boleh sembarangan. Harus sesuai dengan kebutuhan burung pleci peliharaan.

Burung pleci membutuhkan pakan yang mengandung protein tinggi. Dengan memiliki protein tinggi akan dapat merangsang burung pleci cepat buka paruh. Pakan yang mempercepat pleci untuk buka paruh yaitu jangkrik, ulat kandang, ulat hongkong, voer lele ukuran kecil, dan buah tomat.

3. Menjaga kebersihan kandang

Menjaga kebersihan kandang merupakan suatu hal wajib yang harus kalian lakukan ketika merawat burung kicau. Kandang yang kotor dapat menyebabkan burung pleci menjadi stres dan tidak mau buka paruh. Selain itu sangkar yang bersih akan membuat burung pleci nyaman dan tenang berada dalam sangkar, kesehatannya pun juga akan lebih terjaga. Apabila kesehatannya semakin baik, maka ada kemungkinan pleci berkicau lebih cepat.

4. Pemasteran burung pleci

Cara untuk membuat burung pleci cepat buka paruh yaitu dengan memberikan pemasteran pada burung pleci. Dalam melakukan pemasteran untuk burung pleci harus disiapkan sebaik mungkin. Jangan sampai teledor dan menyebabkan kesalahan lagi, sehingga membuat kegagalan dalam pemasteran. Untuk itu, perlunya kalian memperhatikan kondisi sekitar, waktu pemasteran, suara masteran yang cocok dan juga kondisi kesehatan burung pleci.

5. Melakukan perawatan terbaik secara konsisten

Perawatan untuk burung pleci cepat gacor dan ngriwik yaitu pada tahap satu sampai empat. Tahapan tersebut harus kalian lakukan dengan konsisten dan teratur. Jika kalian melakukannya dengan teratur, padat dipastikan burung pleci akan semakin cepat ngriwik dan juga buka paruh. Apabila burung pleci buka paruh dengan cepat segala usaha dan perawatan yang kalian lakukan tidak akan sia-sia.

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai cara mengatasi pleci jantan tidak mau ngriwik. Memang tidak mudah dalam merawat burung pleci. Dan tentu saja membutuhkan waktu yang lama untuk mencipatakan burung pleci yang gacor dan berkualitas. Jika ingin burung pleci ngriwik lebih cepat, lakukan perawatan diatas sampai berhasil. Utamakan konsisten, selamat mencoba.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url