Cara Mengatasi Burung Pleci Ngiriwik Abadi Agar Ngeplong

 CARA MENGATASI PLECI NGIRIWIK ABADI

Cara Mengatasi Pleci Ngiriwik Abadi - Halo sobat kicau mania! Burung pleci memang dikenal memiliki suara kicauan yang merdu dan juga sangat nyaring. Suara kicauannya yang khas membuat banyak orang tertarik untuk memeliharanya. Meskipun burung pleci tidak memiliki suara kicauan yang khas, tetapi pleci sangat pandai sekali menirukan suara kicauan burung lainnya dengan cengkoknya yang sangat indah.

Jika sekilas didengarkan hampir mirip seperti suara burung kicau di tengah pegunungan hijau. Seperti itulah ilustrai suaranya. Jika kalian penghobi burung dan sangat menyukai burung pleci pasti sudah mengetahui sebagus apa suara yang dimilikinya. Selain mempunyai suara yang merdu dan khas, burung pleci juga memiliki penampilan yang sangat menarik.

Burung pleci biasanya dijuluki sebagai burung kacamata. Mengapa demikian? Sebab, burung kicau yang satu ini memiliki ciri fisik yang unik dibagian matanya. Pada bagian mata burung pleci terlihat seperti ada lingkaran hitam yang hampir mirip kacamata. Oleh sebab itu para pleci mania menjulukinya sebagai burung kacamata.

Banyak sekali jenis burung pleci di indonesia, dan setiap jenisnya memiliki ciri khas masing-masing dari segi fisik dan juga suara masteran. Burung pleci memang terlihat sangat mungil dan kecil. Tapi jangan dipandang sebelah mata, karena burung pleci adalah salah satu jenis burung kicau yang sangat lincah dan aktif.

Burung pleci memang tidak bisa diam sejenak, mereka selalu saja banyak tingkah baik di kandang atau pun saat di alam bebasnya. Namun, yang menjadi masalah sampai saat ini dan sering dikeluhkan para kicau mania yaitu burung pleci terkadang masih ngriwik dan belum buka paruh. Sangat menjengkelkan sekali bukan, burung yang sudah dirawat dan dilatih sejak trotol justru tidak mau menunjukkan kemampuannya.

Tapi kalian tidak perlu khawatir dan gelisah, disini saya akan membagikan cara mengatasi pleci ngriwik abadi agar mau buka paruh dengan cepat. Jadi, agar lebih jelas dan akurat simak pembahasannya sampai selesai dibawah ini.

Cara Mengatasi Burung Pleci Ngriwik Abadi Agar Buka Paruh

Beberapa penjelasan yang akan saya bagikan kali ini adalah pengalaman dari salah satu rekan saya yang juga bergabung pada komunitas pleci mania di daerahnya. Jadi, kalian tidak perlu ragu lagi untuk menerapkannya. Siapa tahu dengan menerapkan cara dibawah ini burung pleci kalian akan segera buka paruh dengan cepat.
  1. Burung pleci harus rajin diembunkan setiap hari sekitar pukul 05.00, setelah melakukan pengembunan burung pleci harus diberikan 1 cepuk madu murni atau memberikan nectar buatan jika memang bisa.
  2. Gantangkan sangkar burung pleci di pohon yang tinggi. Atau jika anda ingin lebih mudah, buatlah kerekan sangkar yang tinggi . Pengerekan dilakukan setelah penjemuran di pagi hari. Kerek sangkar burung pleci sebelum jam 11 siang.
  3. Setelah melakukan pengerekan burung pleci bisa anda gantung di teras rumah atau di dalam rumah yang penting lokasinya sejuk. Dan pastikan ada hembusan angin yang semilir lembut dan pelan.
  4. Ketika burung pleci sedang diangin-anginkan, anda bisa memutarkan suara terapi koloni yang ramai dan bising. Buatlah suaranya menjadi selirih mungkin dan pastikan volumenya pas untuk di dengarkan pleci.
  5. Jika burung pleci kalian sudah terbiasa mendengarkan suara koloni pleci berbunyi dengan bising, nantinya pleci akan terpancing untuk berbunyi dan awalnya akan mulai ngriwik kasar. Lama kelamaan akan terlihat teler dan selanjutnya bisa buka paruh.
Memberikan pakan seperti ulat hongkong dan juga kroto bisa diberikan secukupnya selama dalam perawatan tersebut. Tips ini hanyalah cara untuk mengatasi burung pleci yang ngriwik abadi, untuk berhasil tidaknya semua tergantung pada umur, kualitas serta mental burung pleci kalian.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan tentang cara mengatasi burung pleci ngriwik abadi. Cara diatas berdasarkan pengalaman rekan saya yang juga bergabung di komunitas pleci mania. Dan hasilnya sangat ngaruh sekali pada burung pleci yang masih ngriwik abadi. Perhatikan umur, mental dan kualitasnya sebelum menerapkan cara diatas.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url