Cara Merawat Burung Pleci Ombyokan Agar Jinak dan Gacor

CARA MERAWAT PLECI OMBYOKAN

Cara Merawat Pleci Ombyokan - Halo sobat kicau mania! Burung pleci juga masih menjadi incaran para anggota komunitas kicau mania. Sampai saat ini burung pleci masih banyak dicari untuk dijadikan bahan lomba atau hanya burung kicau peliharaan rumahan saja. Mengapa banyak yang menyukai burung pleci?

Sebab suara kicauannya yang merdu dan menarik menjadi daya tarik tersendiri bagi orang lain. Apalagi burung kicau yang satu ini sangat cocok jika di lombakan. Banyaknya peminat burung pleci membuat penjual kualahan untuk memenuhi permintaan para pelanggan. Karena banyaknya permintaan burung pleci, ada beberapa kicau mania yang berinisiatif untuk membuat penangkaran khusus burung pleci.

Di penangkaran tersebut burung pleci akan dipelihara dari sejak ombyokan hingga menjadi pleci dewasa yang siap dilombakan. Namun, penangkaran tersebut juga mengizinkan untuk membeli pleci ombyokan yang prospek. Karena setiap orang pasti mempunyai keinginan masing-masing.

Ada yang membeli pleci sudah jadi atau siap lomba dan ada juga yang ingin memelihara burung pleci dari ombyokan untuk dilatih sendiri agar semakin jinak. Tapi, terkadang merawat burung pleci ombyokan tidak semudah yang dibayangkan.

Sebab membutuhkan proses dan kesabaran ekstra untuk menciptakan burung pleci siap lomba. Membeli burung pleci ombyokan hanya dapat dilakukan oleh kicau mania yang telaten. Merawat burung pleci ombyokan memang tidak mudah.

Tapi bukan berarti tidak dapat dilakukan oleh kicau mania. Jika anda tertarik untuk memelihara burung pleci ombyokan, dibawah ini akan saya jelaskan beberapa cara untuk perawatannya. Jadi, simak terus penjelasannya dibawah ini.

Teknik Merawat Burung Pleci Ombyokan Agar Cepat Gacor

Perawatan yang akan saya jelaskan kali ini adalah suatu metode perawatan yang bisa anda terapkan dirumah. Perawatan ini bisa membantu burung pleci ombyokan anda menjadi gacor dan rajin bunyi. Tentu saja anda akan senang jika burung pleci peliharaan bisa gacor dengan cepat. Penjelasan lengkapnya simak ulasan dibawah ini :

1. Melakukan penjinakkan untuk pembentukan mental

Pola perawatan pertama yang harus anda lakukan untuk burung pleci adalah dengan melakukan penjinakkan. Hal ini memang harus dilakukan sebelum burung pleci fokus pada metode pemasteran untuk menambahkan materi suara pleci. Sebagai pemilik memang sangat penting untuk melalukan penjinakkan terhadap burung pleci peliharaannya.

Penjinakkan ini dilakukan agar burung pleci anda tidak kelabakan saat di dekati manusia. Seperti yang anda ketahui bahwa sebenarnya burung pleci ombyokan masih sangat takut dengan manusia. Apalagi yang biasanya hidup di penangkaran pastinya masih membutuhkan adaptasi terhadap lingkungan barunya.

Burung pleci ombyokan memang masih takut dengan manusia, sebab mereka ditangkap ketika sudah berumur. Untuk menjinakkan burung pleci ada beberapa terapi yang bisa anda lakukan. Teknik terapi yang harus dilakukan untuk menjinakkan burung pleci adalah metode kerodong, memandikan dengan rutin, dan ditempatkan di lokasi yang ramai orang.

Anda harus selalu melihat perkembangan pleci ombyokan yang dipelihara. Apabila burung pleci terlihat stres, maka segera pindahkan pada tempat lainnya. Burung pleci sangat senang dengan suara gemricik air, andapun juga bisa melakukan terapi tersebut untuk menenangkannya.

2. Melakukan pengembunan dengan rutin

Perawatan burung pleci ombyokan agar cepat gacor selanjutnya adalah dengan melakukan pengembunan secara rutin. Pengembunan pada burung pleci harus dilakukan setiap hari sebelum matahari mulai terbit.

Saat melakukan pengembunan anda harus mengeluarkan burung pleci sekitar jam 04.00 sampai jam 05.00. Tempatkanlah burung pleci di atas pohon yang lebat atau rindang. Pengembunan bertujuan agar pleci menjadi lebih bugar dan segar.

3. Melakukan penjemuran

Jika matahari sudah mulai terbit, anda bisa memindahkan sangkarnya dari dahan pohon ke tempat lain yang lebih banyak terkena sinar matahari. Metode penjemuran ini memang sudah harus dilakukan jika menginginkan burung pleci yang gacor. Sedangkan durasi penjemuran bisa anda sesuaikan dengan kemampuan burung pleci. Sebab, ketahanan tubuh burung pleci pastinya berbeda-beda.

4. Proses pemandian

Selanjutnya melakukan perawatan pemandian. Metode pemandian bisa anda lakukan saat pagi hari. Untuk waktunya bisa sebelum proses penjemuran atau saat penjemuran. Dengan melakukan pemandian burung pleci akan mendapatkan banyak manfaat seperti burung pleci cepat jinak, dan membuat bulunya semakin halus dan bersih.

5. Memberikan pakan yang tepat

Tips perawatan burung pleci selanjutnya adalah dengan memberikan pakan yang tepat. Beberapa makanan yang tepat untuk burung pleci adalah voer, ekstra fooding dan buah. Pemberian pakan yang tepat tersebut dapat mendukung tubuh burung pleci menjadi semakin sehat dan bugar.

Akhir Kata

Itulah penjelasan tentang cara merawat burung pleci ombyokan. Dengan melakukan perawatan tersebut anda dapat menciptakan burung pleci ombyokan yang gacor. Burung pleci ombyokan yang cepat gacor dapat membuat anda bersemangat untuk melatihnya sampai siap dilombakan, pastikan anda memilih burung pleci ombyokan yang prospek.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url