Ciri-Ciri Burung Pleci Akan Ngriwik Sampai Ngeplong

CIRI-CIRI PLECI AKAN NGRIWIK

Ciri-Ciri Pleci Akan Ngriwik - Burung pleci memang menjadi incaran banyak orang sampai saat ini. Banyak yang memilih burung pleci untuk dijadikan bahan lomba atau gacoan di perlombaan nanti. Karena burung pleci memiliki segudang kelebihan yang tidak dimiliki burung kicau lainnya. Meskipun setiap jenis burung kicau memiliki kelebihan masing-masing.

Burung pleci dikenal sebagai burung kacamata oleh sebagain pleci mania. Sebab burung yang satu ini memiliki ciri khas pada bagian matanya yang terdapat lingkaran hitam. Jika dilihat sekilas hampir mirip dengan kacamata. Oleh sebab itu pleci mania menggunakan julukan tersebut khusus untuk burung pleci. Burung pleci memang mempunyai fisik yang mungil dan juga kecil.

Tapi jangan pernah meremehkan fisiknya, meskipun terlihat kecil dan mungil. Burung pleci memang banyak tingkah ketika disangkar, mereka sama sekali tidak mau diam. Mungkin daya tarik pleci ada di bagian suara kicauannya. Suara kicauan yang khas dan merdu menjadikan burung pleci dilirik oleh banyak penghobi burung.

Hal ini sangatlah wajar, apalagi burung kicau yang bersuara merdu tentu saja menjadi sorotan banyak orang ketika berkicau dengan baik. Suara kicauan burung pleci terkesan mewah dan khas, namun sayangnya burung pleci tidak memiliki suara kicauannya sendiri. Kebanyakan suara yang dikeluarkan adalah hasil pemasteran burung pleci setiap malam.

Suara-suara kicauan tersebut dibawakan dengan sangat apik dan juga berirama merdu sehingga terdengar lebih enak dibandingkan pemilik aslinya. Cengkok yang dikeluarkan pun juga sangat unik, itulah keunggulan burung pleci. Karena tidak memiliki suara kicauannya sendiri, burung pleci harus melakukan banyak metode pemasteran agar suara kicauan yang di keluarkan tidak monoton.

Perawatan burung pleci agar buka parus, gacor dan ngalas, membutuhkan waktu yang lama. Tidak bisa hanya sebulan dua bulan saja, bahkan akan lebih bagus jika di latih sampai bertahun-tahun. Terkadang burung pleci yang sudah dilatih setahun saja belum mampu menunjukkan kemampuan berkicauanya.

Bahkan untuk ngriwik saja mereka masih kesulitan buka paruh. Dalam hal ini memang sedang di uji kesabaran anda, tapi jangan khawatir semua perawatan tersebut tidak akan sia-sia jika memang pleci ombyokan yang anda pelihara sejak dulu sudah prospek dan mapan. Dibawah ini akan saya jelaskan beberapa ciri-ciri pleci akan ngriwik.

Ciri-ciri Burung Pleci Akan Mulai Ngeriwik

1. Nada panggil

Nada panggil (call) adalah suara yang dikeluarkan oleh burung pleci untuk memanggil koloninya atau pasangan. Nada panggila yang dikeluarkan tersebut biasanya seperti yang anda dengar ciew..ciew..ciew atau cuit..cuit dan lainnya yang disesuaikan dengan jenis serta endemik yang dikeluarkan dengan paruh yang terbuka lebar.

2. Ngeriwik halus

Ngeriwik adalah istilah pada burung pleci yang mulai ngereplay lagu dan isian menggunakan volume yang cukup pelan. Paruhnya belum mulai terbuka dan suaranya tertahan di tenggorokan burung pleci. Namun, sesekali terlihat paruhnya sedikit terbuka.

Lagu yang di replay burung pleci merupakan lagu yang umumnya berasal dari pemasteran alami atau buatan yang sudah terekam di memori otak. Ketika berbunyi belum terlalu jelas suara burung apa yang dinyanyikan. Umumnya disebut dengan ngriwik dan burung pleci terlihat menggeleng-gelengkan kepala yang disebut teler. Sedangkan gaya teler setiap jenis pleci tidak sama.

3. Ngeriwik kasar

Ngiriwik kasar adalah bunyi buurng pleci yang mulai mereplay lagu serta isian dengan menggunakan volume lebih jelas. Dan paruhnya pun terlihat membuka, dalam hal ini pleci tidak lagi menahan suaranya di dalam tenggorokan. Melainkan sudah dikeluarkan dengan paruh yang mulai buka tutup. Dalam hal ini isian sudah terdengar mulai cukup jelas. Suaranya bahkan bisa terdengar dari jarak 5-10 meter.

4. Ngeplong

Ngeplong adalah istilah yang banyak menimbulkan salah persepsi dengan istilah ngalas. Tapi sebenarnya ngalas adalah salah satu istilah ngeplong. Dan satu lagi yaitu dengan istilah ngalas isian. Dalam keadaan ini burung pleci akan berkicau variatif, lantang dan juga volume suara yang keras.

Maksud dari ngalas adalah melantukan lagu dari suara kicauan burung aslinya seperti di habitat. Sedangkan ngalas isian merupakan melantunkan lagu dengan berbagai isian yang bukan suara asli burung pleci. Dalam istilah ini suara burung pleci akan terdengar dari jarak puluhan meter.

5. Ngalas dan ngerol

Ngerol ngalas adalah tingkatan tertinggi dalam istilah berkicau burung pleci. Suara ngeplong tersebut akan dibawakan dengan sambung-menyambung secara variatife. Dengan diulang-ulang dan dibarengi dengan berbagai suara isian yang dilantangkan secara kuat agar terdengar sampai puluhan meter. Tingkatan yang paling terbaik yaitu ngerol, ngalas, isian. Pada tingkatan tersebut burung pleci sudah dianggap sebagai bahan lomba yang unggul dan layak juara.

Penutup

Itulah beberapa ulasan tentang ciri-ciri burung pleci ngeriwik. Tahapan diatas memang harus dilalui oleh burung pleci, sebab membutuhkan proses yang lama untuk menjadikan burung pleci sebagai bahan lomba yang unggul dan menjanjikan juara. Proses tersebut mampu membuat burung pleci anda disebut sebagai jawara. Jadi, pastikan anda merawatnya dan melatihnya dengan penuh kesabaran ekstra. Terima kasih.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url