Perawatan Burung Pleci Paud Agar Cepat Ngeriwik

PERAWATAN PLECI PAUD

Perawatan Pleci Paud - Sebenarnya setiap burung kicau memiliki perawatan harian yang sama dan juga beberapa rangkaiannya pun sama semuanya. Hanya saja yang membedakan adalah setingan, durasi perawatan dan juga pemberian pakan yang cocok. Tapi selebihnya untuk perawatan hampir sama dengan semua jenis burung kicau lainnya.

Memberikan perawatan yang terbaik memang sudah menjadi tanggungjawab pemilik burung pleci. Karena perawatan yang baik dapat memaksimalkan kualitas burung pleci itu sendiri. Khususnya bagi pleci yang dijadikan bahan lomba. Harus membutuhkan perawatan ekstra dan juga pelatihan yang maksimal.

Banyak sekali metode yang digunakan oleh pemilik burung pleci untuk menciptakan performa yang bagus. Semua perawatan dan teknik latihan tersebut tergantung dari kreatifitas pemiliknya. Jadi, tergantung dari pemiliknya memberikan perawatan seperti apa. Jika awalnya pleci sangatlah gacor dan mempunyai kinerja yang berkualitas, tapi setelah di pelihara orang baru kualitasnya menurun.

Itulah yang sangat disayangkan. Maka dari itu, sebelum membeli burung pleci pastikan anda sudah mempersiapkan semuanya dengan matang. Merawat burung kicau termasuk burung pleci memang membutuhkan kesabaran ekstra. Apalagi burung pleci paud yang anda pilih sebagai burung kicau peliharaan.

Perawatan yang diberikan mulai dari pengembunan, pemasteran, pengrodongan, penjemuran dan semuanya harus dilakukan secara teratur dan konsisten. Sebab, perawatan tersebut sangat penting untuk menunjang kinerja nya nanti. Jangan pernah anda melewatkan atau sengaja melewatkan salah satu rangkaian perawatan tersebut.

Pastikan anda telah melakukan semuanya dengan durasi dan jadwal yang telah ditentukan. Untuk itu pahamilah karakter dan tipenya, sebab setiap burung pleci paud memiliki karakter dan tipe masing-masing. Berikut ini beberapa cara perawatan pleci paud dengan benar, simak pembahasannya agar lebih jelas dan akurat.

Perawatan Burung Pleci Paud Dengan Benar dan Mudah Dipahami

1. Pengembunan setiap pagi

Perawatan pertama yang harus anda lakukan untuk merawat burung pleci yaitu dengan melakukan pengembunan setiap hari. Pengembunan ini sifatnya wajib dilakukan karena sudah menjadi salah satu rangkaian perawatan yang tidak boleh dilewatkan begitu saja seperti penjelasan saya diatas.

Pengembunan di pagi hari bermanfaat untuk meningkatkan gairah burung pleci paud untuk berkicau. Apalagi jika anda memiliki burung pleci lebih dari satu, maka akan sangat menguntungkan jika pengembunan bersamaan. Cara pengembunannya sangat gampang sekali yaitu cukup gantungkan sangkarnya saling berjauhan dengan pleci lainnya.

Lakukan metode ini sebelum matahari mulai terbit. Jika matahari sudah mulai terlihat, maka burung pleci anda akan berkicau secara sahut-sahutan. Karena diberikan jarak sangkar yang lumayan jauh, maka mereka akan mengeluarkan suara yang lebih keras dan lantang agar di dengar oleh pleci lainnya.

2. Pemandian dipagi hari

Perawatan selanjutnya yaitu dengan memandikan burung pleci setiap pagi. Pemandian ini merupakan hal yang wajib dilakukan bagi pemilik burung kicau termasuk pleci. Waktu pemandian burung pleci baiknya dilakukan pada jam 06.25 sampai 07.30. Terdapat dua metode yang bisa anda lakukan untuk memandikan burung pleci yaitu dengan metode keramba dan juga metode semprot.

Jika menggunakan semprot, anda cukup menaruh sangkarnya di lantai lalu semprotkan tipis-tipis pada tubuh burung pleci hingga basah kuyup. Selanjutnya yaitu cara mandi keramba, siapkan wadah berisi air dan masukkan dalam kandang atau sangkarnya biarkan burung pleci mandi sendiri sampa puas.

3. Penjemuran setelah dimandikan

Selanjutnya metode penjemuran pada burung pleci paud. Untuk perawatan penjemuran, jika anda mempunyai burung pleci lebih dari satu dirumah. Boleh dilakukan secara bersamaan dengan koloninya. Penjemuran pada burung cendet harus disesuaikan dengan tipenya masing-masing.

Jangan sampai berlebihan dan juga jangan sampai kurang jemur. Sebab, akan memberikan efek yang buruk untuk performanya nanti. Harus dipastikan pas dan cocok untuk pleci. Letakkan sangkar secara berdekatan juga tidak masalah, umumnya hanya sekitar 25 sampai 35 menitan saja sudah cukup pas.

4. Pemberian pakan yang tepat

Memberikan perawatan yang baik pastinya tidak lepas dari pemberikan pakan yang tepat untuk burung pleci peliharaan. Banyak pilihan pakan yang bisa anda berikan untuk burung pleci peliharaan, seperti voer. Voer menjadi makanan utama untuk burung pleci yang sangat cocok di konsumsi setiap hari.

Perhatikan kandungan pada kemasan voer, pilihlah yang mengandung protein tinggi dan juga gizi lengkap. Sebagai penyeimbang berikanlah ekstra fooding sebagai pakan tambahan seperti buah-buahan, sayuran dan juga serangga atau biji-bijian.

5. Lakukan pengrodongan dimalam hari

Setelah seharian penuh burung pleci melakukan berbagai rangkaian perawatan harian. Pada malam hari, pleci harus beristirahat dengan nyaman di sangkarnya. Agar burung pleci dapat istirahat dengan nyaman dan aman, pastikan anda sudah menutup sangkarnya menggunakan kerodong.

Kerodong dapat membantu burung pleci tidur dengan nyaman dan aman. Selain itu dapat terhindar dari gangguan hewan predator di malam hari seperti tikus. Pada saat inilah anda juga bisa melakukan pemasteran untuk burung pleci. Jadi, mereka akan lebih fokus dan juga mendengarkan masteran dengan baik.

Akhir Kata

Jadi, itulah perawatan yang tepat untuk burung pleci anda. Perawatan tersebut harus diterapkan setiap harinya. Namun, ada juga beberapa rangkaian perawatan yang harus di skip apabila kondisi kesehatan burung sedang tidak baik yaitu sakit. Pastikan anda teratur dan konsisten untuk melakukannya, selamat mencoba.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url