Rawatan Burung Pleci Umur 1 Tahun Agar Awet Gacor

RAWATAN PLECI UMUR 1 TAHUN

Rawatan Pleci Umur 1 Tahun - Hai sobat pleci mania! Burung pleci atau yang biasanya disebut dengan burung kacamata ini memang sangat populer di kalangan kicau mania. Burung kicau yang satu ini masih sangat cocok dijadikan bahan lomba di perlombaan burung kicau. Kelebihannya dalam berkicau dan juga penampilan fisiknya yang tidak kalah cantik, dapat memikat para juri untuk memenangkannya.

Oleh karena itulah burung pleci masih banyak dipilih oleh kicau mania. Burung pleci saat ini sudah banyak dijual di pasar burung dan juga penangkaran. Adanya penangkaran burung pleci untuk mencukupi permintaan pasar yang semakin melonjak.

Banyaknya yang berantusias untuk mengikuti perlombaan burung kicau, para kicau mania menyerbu pasar burung untuk membeli burung kicau yang siap lomba dan juga layak juara. Tap, perlu diperhatikan dalam membeli burung kicau di pasar burung belum tentu semuanya prospek.

Jika kalian menginginkan burung pleci yang prospek dan juga siap dilatih, datanglah ke tempat penangkaran burung pleci. Disana akan ada banyak jenis burung pleci yang bisa kalian pilih untuk dijadikan bahan lomba. Boleh saja kalian membeli burung pleci yang siap lomba dan sudah gacor, tapi kendalanya ada pada penjinakkan.

Burung pleci yang dipelihara harunya jinak dengan pemiliknya. Jika tidak burung pleci tidak akan mau berkicau dan takut di hadapan banyak orang. Selain itu, harga burung pleci yang sudah siap lomba sangatlah mahal dibandingkan dengan burung pleci ombyokan. Pleci ombyokan memang sangat terjangkau, oleh sebab itu banyak kicau mania yang lebih memilih burung pleci ombyokan.

Meskipun cara perawatannya tidak mudah bukan berarti burung pleci tidak dapat di taklukan. Burung pleci ombyokan akan sangat mudah dalam penjinakkannya. Karena sebelumnya burung pleci ombyokan baru bertemu dengan pemilik barunya. Sehingga mereka belum pernah berganti-ganti pemilik.

Memang membutuhkan waktu lama dalam beradaptasi dan proses penjinakkan. Burung pleci akan disebut dewasa setelah mereka berumur 1 tahun. Pleci yang berumur satu tahun sudah saatnya dilatih agar semakin gacor dan juga mudah buka paruh sepanjang hari.

Lalu, bagaimana cara merawat burung pleci umur 1 tahun? Bagi pemula tidak perlu khawatir, burung pleci dewasa juga sangat mudah dalam perawatannya. Dibawah ini akan saya jelaskan beberapa cara untuk merawat burung pleci umur 1 tahun. Jadi, simak dengan baik ya pembahasannya.

Cara Merawat Burung Pleci Berumur 1 Tahun

Bagi kalian yang baru saja mendalami perawatan burung pleci dan bahkan tergolong sebagai kicau mania pemula, sangat perlu memahami cara merawat burung pleci dewasa atau yang berumur 1 tahun. Perawatan yang benar dan baik, akan membuat burung pleci selalu sehat dan menghasilkan suara kicauan yang merdu serta akan selalu berkicau sepanjang hari.

Sehingga untuk mewujudkannya, kalian harus memberikan perawatan yang intensif dan juga teratur. Karena pada umumnya, pemilik burung pleci sangat mengutamakan kualitas pakan seperti voer. Untuk jenis burung kacamata gunung tersebut memiliki selera makan yang lebih tinggi dibandingkan dengan burung pleci lainnya.

Karena itulah setiap jenis burung pleci mempunyai keunggulannya masing-masing. Sehingga perawatan yang diberikan juga bervariasi supaya cepat ngalas dan gacor lantang. Namun, sebelum itu pastikan burung pleci peliharaan kalian sudah jinak. Pemberian pakan untuk burung pleci tidak boleh sembarangan.

Berikanlah pakan yang cocok dan berkualitas sesuai kebutuhan burung pleci kalian. Namun, ada juga yang bisa mengetahui makanan kesukaan pleci melalui paruhnya. Ada jenis burung pleci yang memiliki paruh pemakan buah seperti pisang kepok, apel, buah pepaya dan lain sebagainya. Berikut adalah rangkaian perawatan burung pleci dewasa, sebagai berikut :
  • Pemasteran burung pleci secara teratur
  • Menggantung sangkar pleci diantara pleci lainnya
  • Melatih kandang umbaran
  • Rawatan pengembunan pleci secara rutin
  • Selalu memandikan burung pleci
  • Memberikan pakan tambahan seperti ekstra fooding
  • Mengistirahatkan burung pleci
  • Mengajak burung pleci jalan-jalan
Jadi, itulah rangkaian perawatan burung pleci umur 1 tahun. Burung pleci yang berumur 1 tahun biasanya sudah disebut sebagai burung kicau dewasa. Perawatan yang diberikan memang cukup berbeda dari burung pleci ombyokan atau trotol. Sebab pada umurnya yang 1 tahun tersebut sudah selayaknya burung pleci belajar berkicau agar dapat mengikuti perlombaan.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url