Usia Berapa Burung Pleci Mulai Ngriwik? Simak Ulasannya!

USIA BERAPA PLECI MULAI NGRIWIK

Usia Berapa Pleci Mulai Ngriwik - Apabila saat ini kalian sedang berencana memelihara burung pleci, maka persiapkan ilmu dan juga mental kalian agar bisa lebih siap ketika memeliharanya. Banyak orang yang sampai saat ini masih menyukai burung pleci. Burung kacamata yang satu ini sangatlah laris di pasaran. Sebab menurut pengakuan dari salah satu anggota pleci mania.

Burung pleci atau burung kacamata ini sangatlah layak menjadi bahan lomba. Apalagi setelah vakum dua tahun lamanya, saat inilah waktu yang tepat untuk memulai membangkitkan jawara-jawara dari burung pleci tersebut. Mungkin banyak kicau mania yang lebih memilih memelihara burung pleci ombyokan.

Selain harganya yang masih terjangkau dibandingkan pleci siap lomba, burung pleci ombyokan juga sangat mudah di latih dan akan menjadi lebih jinak nantinya. Burung yang sudah jinak dengan pemiliknya, maka pemberian rawatan akan lebih mudah diberikan. Apalagi jika kalian bisa memilih burung pleci ombyokan yang prospek, pastinya akan menjadi sangat bagus dan berkualitas saat dewasa nanti.

Meskipun banyak yang menyukai burung pleci, tapi ada juga yang mengeluhkan tentang pelatihannya. Padahal mereka sudah berusaha konsisten dan rutin melakukannya tapi pleci tak kunjung ngriwik. Hal inilah yang membuat pemilik menjadi putus asa, padahal ada beberapa hal yang mendasarinya.

Seperti usia burung pleci, jika usia burung pleci belum siap dilombakan atau dilatih metode tersebut. Berarti perawatan yang kalian berikan selama ini tidak diterima oleh burung pleci. Lalu, burung pleci harus berusia berapa agar mulai ngriwik? Sebenarnya untuk usia setiap jenis pleci berbeda-beda.

Ada yang sudah berumur 1 bulan baru belajar ngriwik dan yang berumur 2 bulan justru sudah ngerol dan ngalas. Itu semua memang tidak bisa di prediksi dan ditetapkan. Sebab, usia kesiapan setiap jenis burung pleci berbeda-beda.

Jadi, kalian jangan berkecil hati karena semua itu bukan berarti perawatannya yang salah. Tapi memang berpengaruh dari faktor usia burung pleci kalian. Jika tidak ingin terjadi demikian, simak pembahasan dibawah ini untuk mengetahui usia burung pleci yang kalian pelihara. Simak pembahasannya dibawah ini ya.

Cara Mengetahui Usia Burung Pleci Dengan Mudah

1. Melihat warna bulu pleci

Untuk mengetahui umur burung pleci, kalian bisa melihat dari warna bulunya. Karena salah satu hal yang dapat memikat kicau mania adalah warna bulu burung pleci. Jika burung pleci memiliki warna bulu yang indah dan terlihat mengkilap, maka semua orang akan senang melihatnya.

Burung pleci atau kacamata tersebut mempunyai warna bulu yang cerah, terang, mengkilap dan tubuhnya yang ramping. Semua itu mendandakan bahwa burung pleci masih muda. Maka dari itu sebelum membeli burung pleci di pasaran pastikan kalian melihat atau memperhatikan warna bulu di tubuhnya.

2. Struktur sisi pada kaki pleci

Jika ingin mengetahui umur burung pleci, kalian bisa melihatnya pada bagian sisik di kaki burung pleci peliharaan. Apabila kalian melihat sisik pada kaki burung pleci masih basah dan tidak kusam alias masih bersih putih dapat dipastikan pleci tersebut masih berusia muda. Sedangkan burung pleci yang bersisik tua atau yang sudah berbentuk medang dapat dipastikan usianya sudah cukup dewasa.

3. Melihat bagian paruh pleci

Kalian dapat mengetahui usia burung pleci selanjutnya yaitu dengan melihat warna paruh pada burung pleci. Burung pleci yang berusia mudah akan memiliki warna paruh pada bagian pangkal terdapat semburat putih. Sedangkan warna paruh pada burung pleci yang sudah tua dari ujung sampai pangkal paruh berwarna coklat kehitaman.

4. Meneliti dari fase mabungnya

Setiap burung kicau pastinya mengalami fase mabung, Fase mabung yaitu dimana adanya proses pergantian bulu pada tubuh burung pleci yang sudah tua diganti dengan bulu baru. Dari fase mabung itulah kalian dapat mengetahui secara pasti usia burung pleci tersebut. Hal ini juga dapat berlaku untuk semua jenis burung kicau.

Akhir Kata

Jadi, itulah penjelasan tentang usia berapa burung pleci ngriwik. Pertanyaan tersebut memang sering di ungkapkan oleh kicau mania senior yang memang belum berpengalaman dalam bidangnya, Dengan mengetahui usia burung pleci, kalian akan dengan mudah menemukan perawatan dan pelatihan yang tepat untuknya. Selain itu, kalian juga bisa menentukan kapan burung burung pleci mulai belajar ngriwik.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url